7 Area Kebahagiaan

4 Agu

7 Area Kebahagiaan- Septo Indarto

Dalam perjalanan hidupnya manusia selalu akan mencari kebahagiaan. Walaupun manusia banyak yang sukses dalam hidup mereka, seperti mempunyai karir dan prestasi yang cemerlang semesa hidupnya ditambah lagi dengan diberikannya harta yang berlimpah oleh Allah SWT. Sering kali manusia tidak merasa puas. Kebahagiaan tidak bisa hanya diukur oleh faktor materi saja. Kebahagiaan hati diukur dari tingkat spiritual yang kita lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Manusia selalu mencari kebahagiaan yang hakiki dalam hidupnya.
Dalam agama Islam yang kita anut ada 7 area kebahagiaan yang dirumuskan oleh Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA, menurut Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA 7 Area Kebahagiaan itu adalah:
1. Jangan pernah membenci siapapun walaupun ada yang menyalahi hakmu.
2. Jangan pernah merasa sedih, walaupun masalah yang kita hadapi sangat berat.
3. Hiduplah dalam kesederhanaan walaupun kita diberikan rizki yang berlebih.
4. Buatlah banyak kebaikan kepada setiap orang walaupun kita sedang di uji dengan banyak masalah.
5. Perbanyaklah sedekah kepada siapapun walaupun Anda sedang dalam kesusahan.
6. Tersenyumlah setiap saat walaupun hatimu sedang sedih.
7. Jangan pernah memutus doa untuk saudara mu’min.
Setiap orang selalu ingin merasa bahagia dalam kehidupannya. Tingkat kebahagiaan seseorang juga bisa di lihat dari tingkat spritualitas. Kebahagiaan yang hakiki akan selalu dicari dan didambakan oleh setiap orang, oleh karena itu mulai saat ini kita harus membersihkan hati dan jiwa kita untuk terus bertaqwa kepada Allah SWT.
Kita sebagai manusia tidak mampu untuk hidup sendiri dan selalu ingin mengambil peran dan bagian dalam kehidupan bermasyarakat. Pergunakan hidup kita sebaik mungkin untuk memberikan peran yang positif kepada lingkungan kita, sehingga kita bisa merasakan arti kebahagiaan yang hakiki. Semakin banyak memberi dan melakukan hal yang positif dalam hidup kita. Insya Allah hati kita akan semakin bahagia dan merasa damai. Kebahagiaan yang kita cari akan kita dapatkan dalam hidup kita. Semoga amal dan ibadah kita selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: