Pekerjaan dan Intelektual Septo Indarto

26 Jun

Pekerjaan dan Intelektual
Septo Indarto

Pekerjaan dan intelektual adalah wacana hangat yang saat ini sedang dibicarakan diseluruh dunia. Dunia yang semakin modern disisi lain mempermudah pekerjaan manusia tapi di sisi lain pekerjaan-pekerjaan saat ini tidak membutuhkan pegawai dalam jumlah yang banyak. Ketika pabrik-pabrik dan kantor-kantor terus melakukan efisiensi yang digantikan oleh program komputer dan juga kerja robot maka lapangan kerja akan semakin sedikit. Dunia modern menciptakan inovasi-inovasi baru di tempat kerja, tenaga yang sangat ahli di gaji semakin besar karena dapat bekerja multitasking, sementara tenaga kerja kasar yang tidak berpendidikan akan semakin tidak dibutuhkan karena akan menyebabkan pengeluaran biaya dalam jumlah besar. Ini akan menjadi persoalan yang sangat serius di banyak Negara di seluruh dunia, bukan hanya Negara berkembang tetapi juga Negara maju.
Penemuan-penemuan teknologi baru yang mempermudah manusia dalam bekerja, juga diakui membuat para pekerja yang tidak berpendidikan dan juga mempunyai keterampilan yang rendah sangat sulit untuk mencari pekerjaan. Hal ini menjadi masalah dan ancaman bagi Negara, karena tentunya angka pengangguran akan semakin meningkat dan akan menambah biaya beban pemerintah dalam penyediaan anggaran sosial. Karena pemerintah harus memberikan bantuan kepada mereka yang tidak produktif untuk makan dan biaya pengobatan. Jika jumlah angka pengangguran sangat besar akan menganggu roda perekonomian. Itu bisa menyebabkan masalah besar dalam jangka panjang. Pemerintah harus segera mencari solusinya, jika tidak akan memicu kerusuhan sosial, karena orang membutuhkan pekerjaan untuk hidup, untuk membeli makanan, untuk biaya pengobatan jika sakit dan kebutuhan lainnya. Tentunya ini membutuhkan biaya yang sangat besar.
Buku yang berjudul Nickel & Dimed karya Barbara Ehrenreich memberikan gambaran yang cukup jelas tentang kisah nyata yang terjadi di Amerika Serikat yang merupakan Negara super power, dia menggambarkan mengenai penuturan langsung dari orang pertama tentang seorang pekerja yang berprofesi sebagai kasir dan juga petugas tempat tidur tentang harapan mereka yang tipis untuk naik kelas dari kelas miskin menjadi kelas menengah. Mendapatkan gaji yang sangat layak juga semakin sulit ketika ekonomi terlihat begitu suram. Ekonomi yang berjalan begitu suram menyebabkan pengangguran bagi orang-orang yang membutuhkan pekerjaan.
Perusahaan akan memburu para pekerja dengan upah yang kecil untuk direkrut, tujuannya ahanya satu semua atas nama efisiensi ketika ekonomi menunjukkan masalah yang sangat serius dan dari waktu ke waktu krisis ekonomi berjalan menjadi lebih parah dan di sisi lain, pemerintah tidak mampu menciptakan kebijakan yang tepat untuk menghasilkan lapangan pekerjaan yang dibutuhkan banyak orang sehingga mereka dapat produktif. Perlu diadakan reformasi pendidikan untuk pasar tenaga kerja, tenaga kerja perlu mendapatkan pengetahuan dibidang teknologi masa kini untuk mempersiapkan diri mereka untuk bekerja.
Perusahaan-perusahaan harus menyediakan pelatihan yang disesuaikan dengan kompetensi perusahaan karena hal ini sangat penting. Perusahaan membutuhkan karyawan yang produktif untuk mengahsilkan out put yang disesuaikan dengan target perusahaan. Perusahaan harus memberikan gaji yang layak kepada para staff, sehingga mereka dapat bekerja secara professional dan efektif untuk menghasilkan produktivitas bagi perusahaan.
Perusahaan harus bergerak aktif memburu tenaga kerja dan kemudian mendidik mereka supaya dapat produktif sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Produktivitas para pegawai akan sangat mempengaruhi kinerja positif perusahaan dan akan mengurangi angka pengangguran dalam jangka waktu lama, sehingga mereka dapat memanfaatkan waktu mereka dalam pekerjaan mereka dan meningkatkan kualitas diri mereka. Kita membutuhkan daya inovasi yang bagus dalam meningkatkan kinerja kita dalam bekerja sehingga akan menghasilkan out put yang bagus bagi diri kita dan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: