Blue Ocean Strategy dan Inovator ( Septo Indarto )

28 Mei

Blue Ocean Strategy dan Inovator
Inovasi atau mati. Itu adalah kalimat yang telah menjadi slogan yang terkenal saat ini. Kata-kata ini menjadi sebuah motivasi untuk sukses bagi setiap perusahaan. Perusahaan dituntut untuk mampu menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menjalankan bisnisnya, tanpa itu semua adalah hal yang sangat mustahil. Inovasi membutuhkan orang-orang yang handal dan mempunyai kompetensi di bidangnya, tanpa orang-orang yang handal sangat sulit menciptakan team work yang handal dan siap meraih kesuksesan. Organisasi perusahaan harus mempunyai target yang jelas dalam mengejar target-target yang akan dikerjakan, anggota team work harus tahu apa yang mereka harus kerjakan, apa yang harus mereka fokuskan dalam bekerja. Mereka harus berani bertindak dan berani mengambil risiko walaupun banyak sekali rintangan-rintangan yang harus dihadapi. Perlu perjuangan ekstra keras dalam mewujudkan hal itu, tapi tanpa perjuangan yang ekstra keras, kinerja organisasi akan stagnan dan target-target yang telah ditetapkan tidak mampu di capai dan di wujudkan, maka semua anggota dalam team work bekerja dalam kegagalan besar, berakibat fatal dan menciptakan banyak sekali masalah-masalah baru yang tidak pernah di duga sebelumnya. Ini akan menyebabkan kinerja organisasi menjadi kacau dan sama sekali tidak fokus.
Orang-orang yang mempunyai motivasi menjadi yang terbaik dan berjiwa inovator harus diberikan ruang dan tempat, mereka harus diberikan arahan yang jelas dan target-target yang akan dicapai. Mereka akan bekerja keras dengan cara-cara baru yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya, mereka akan bekerja keras untuk mewujudkan ide-ide mereka, supaya mereka selalu menjadi yang terdepan dalam bergerak, berinovasi dan menciptakan kinerja yang lebih baik dari waktu sebelumnya.
Hal yang harus kita tanyakan adalah seberapa besar kemauan perusahaan memberikan sebuah ruang besar kepada para inovator untuk bekerja, memberikan peranan mereka lebih besar tanpa ada rasa iri hati karena takut disaingi?

Perusahaan harus mau memberikan ruang yang lebih besar kepada para inovator dalam sebuah team work, memberikan mereka tanggung jawab lebih besar, dan memberikan mereka kesempatan untuk memperbaiki keadaan. Hal itu sangat penting untuk kemajuan perusahaan. Kita tidak ingin perusahaan tempat kita bekerja saat ini tertinggal melawan para competitor, persaingan di luar sana akan sangat keras dan berdarah-darah. Orang-orang bisnis menyebutnya Red Ocean Strategy, dimana perusahaan yang bermain dan berkompetisi sangat banyak sekali dan menjual produk yang hampir sama, sementara keuntungan yang di dapat sangat kecil, bahkan banyak sekali perusahaan-perusahaan yang berkompetisi di area yang sama harus bangkrut karena tidak mampu menjual produk mereka dan tidak dapat meningkatkan kualitas sumber daya pegawai mereka. Jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka pertempuran akan semakin sengit, yang menang akan bertahan di pasar dan yang kalah akan bangrut dan mati sehingga perusahaan harus tutup karena tidak mampu lagi untuk berkompetisi.
Blue Ocean Strategy harus diterapkan, perusahaan-perusahaan harus menciptakan inovasi produk, dimana produk-produknya mempunyai kualitas yang baik, penggunaan waktu lama, teknologi yang ditawarkan tidak cepat ketinggalan zaman. Produk sangat disukai pasar, karena perusahaan menawarkan dan manjual sesuatu yang berbeda, sehingga brand positioning sangat kuat dan sulit digoyahkan oleh para kompetitor. Apple Computer di era Steve Jobs adalah contoh terbaik, dimana perusahaan Apple mampu menciptakan inovasi-inovasi khas Apple, sehingga produk-produk Apple walaupun di jual dengan harga yang mahal tetapi sangat laris di pasaran dan mempunyai penggemar sendiri sehingga menciptakan loyalitas yang tinggi kepada produk-produk Apple. Apple menjai ikon di era Steve Jobs, apapun yang mereka temukan dan mereka jual selalu laris manis dipasaran, bahkan produk-produk mereka mempunyai permintaan yang sangat tinggi dikalangan pencinta IT. Apple berhasil menciptakan Blue Ocean Strategy dalam menghadapi competitor mereka, karena Apple menjual produk-produk khas Apple seperi iPhone, iMac, iPod, iPad dll. Produk-produk tersebut sangat unik dan menawarkan kualitas yang bagus dan desain yang elegan dan disukai oleh konsumen.
Apple berhasil mengambil celah dalam ketatnya persaingan di pasar teknologi. Para pesaing seperti Lenovo, Acer, Samsung, Asus, HP harus bekerja keras untuk melawan dominasi Apple dipasar teknologi yang berkembang sangat cepat. Apple berhasil menciptakan tren-tren baru dalam dunia teknologi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Apple di bawah era Steve Jobs menjadi panutan dalam inovasi teknologi karena berhasil menawarkan hal-hal yang baru. KUNCINYA adalah KERJA SAMA TIM DAN BUDAYA INOVASI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: