Peran Seorang Inovator Dalam Team Work Septo Indarto

23 Mei

Peran Seorang Inovator Dalam Team Work
Septo Indarto

Pernakah Anda membayangkan ada seorang anggota dalam team work Anda yang berjiwa inovator. Dia tidak pernah lelah untuk selalu berpikir kreatif, menemukan ide-ide baru, selalu berusaha untuk mencari solusi dari semua permasalahan yang dihadapi organisasi. Orang itu tidak pernah kenal rasa lelah untuk membangkitkan semangat kerja tim, supaya selalu berpokir positif untuk mencari berbagai macam solusi sebagai upaya pemecahan berbagai macam dari permasalahan yang dihadapi.
Orang-orang yang mempunyai jiwa innovator tidak pernah tinggal diam, dia selalu aktif, melihat peluang baru dan memanfaatkan peluang itu untuk mencapai kinerja team work supaya selalu mampu menjadi yang terdepan dan yang terbaik. Orang-orang yang kreatif tidak pernah puas dari apa yang dihasilkan. Mereka selalu berpikir mempunyai sebuah tanggung jawab untuk memberikan kinerja terbaik dalam sebuah tim. Hal yang terpenting adalah team work mampu bekerja dengan cepat dan efisien untuk menyelesaikan target-target pekerjaan yang tidak boleh di tunda dan harus menyelesaikan pekerjaan itu dengan tepat waktu.
Team Work yang baik adalah tim dimana para nggota yang berada didalamnya mampu bekerja dengan baik dan tepat waktu dalam mencapai target-target yang telah ditetapkan oleh organisasi itu sendiri. Orang-orang kreatif atau yang dikenal sebagi orang-orang yang berjiwa inovator harus mampu memberikan dukungan kepada rekan di team work-nya begitu juga sebaliknya, dia harus mendapatkan dukungan yang kuat dari rekan-rekan anggota di team work-nya. Dukungan timbal balik sangat diperlukan, tanpa adanya dukungan timbal balik akan sangat sulit untuk mecapai target-target yang telah ditetapkan. Pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial yang harus hidup berkelompok, sehebat apa pun manusia jika bekerja sendirian maka hasil yang dicapai tidak akan maksimal.
Setiap individu membutuhkan masukan-masukan dari orang lain, karena orang lain akan menilai secara objektif mengenai apa yang harus kita lakukan untuk diperbaiki, orang lain mengetahui apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan kita. Sehingga kita sebagai individu akan menyadari mengenai kelemahan-kelamahan yang ada dalam diri kita dan terus berupaya memperbaiki terus-menerus dari waktu ke waktu. Manusia sebagai seorang individu luar biasa memerlukan pandangan dari orang lain, apakah mereka teman, tim kerja, mentor kita. Mereka yang dapat menilai diri kita, mereka yang dapat memberikan masukan kepada kita. Karena tanpa itu semua sangat sulit bagi kita untuk dapat mengukur keberhasilan yang telah kita capai.
Seorang pegawai dinilai mempunyai kinerja yang bagus dari atasannya, karena semua pekerjaan yang diberikan sebagai wewenang dapat dijalankan dengan sebaik mungkin dan hasil yang dicapai sangat bagus dan memuaskan. Atasannya adalah orang lain yang kebetulan adalah orang yang mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari pegawai itu. Atasannya menilai pegawai tersebut dengan penilaian yang obyektif mengeni kelemahan dan kelebihan dari pegawai tersebut. Dari hasil penilaian tersebut ternyata pegawai tersebut mempunyai banyak kelebihan daripada kekurangannya dan berhasil mendapatkan prestasi, sehingga atasannya memberikan dua buah bonus:
1. Gajinya dinaikkan
2. Promosi jabatan yang lebih tinggi
Apa yang telah dilakukan oleh pegawai tersebut memberikan hasil yang nyata untuk perbaikan kinerja organisasi. Kinerja organisasi di perusahaan tersebut meningkat dan keuntungan yang di dapat perusahaan dari bisnisnya meningkat dengan tajam. Apa yang dia lakukan dirasakan oleh rekan tim kerja yang lain, sehingga atasannya memberikan gaji yang lebih tinggi dan promosi jabatan yang lebih tinggi. Ini sebagai sebuah reward yang harus dilakukan oleh perusahaan sebagai sebuah tanda penghargaan kepada karyawannya.
Mempunyai rekan kerja yang berjiwa innovator adalah sebuah anugrah yang harus disyukuri oleh semua anggota dari team work. Hal yang paling terpenting adalah saling mendukung satu sama lain. Karena tanpa adanya saling dukung satu sama lain hal itu akan sangat sulit untuk mengerjakan target-target yang telah ditetapkan oleh organisasi perusahaan.
Jack Welch ketika melakukan revolusi dalam meningkatkan kinerja organisasi perusahaan GE membutuhkan orang-orang yang mampu bekerja secara kreatif. Tanpa itu gerakan perubahan mustahil bisa dilakukan. Biasanya dalam sebuah organisasi yang besar dan gemuk untuk melakukan sebuah perubahan sangat sulit, apalagi ketika orang-orang yang bekerja sangat terlena dengan area comfort zone. Itu menandakan organisasi sudah tidak mampu berjalan dengan baik karena sudah tidak ada terobosan lagi, sehingga orang-orang didalamnya merasa santai dan tidak mempunyai tantangan lagi dalam bekerja.
Inovator adalah orang yang mampu bekerja dalam sebuah tim, hal ini disebabkan karena kemampuannya sangat dibutuhkan oleh organisasi dalam bekerja. Seorang inovator dapat membuat keadaan team work jauh lebih baik daripada waktu sebelumnya. Perubahan yang terjadi sangat terasa. Terjadi peningkatan kinerja organisasi perusahaan. Karena dia selalu tidak puas dalam menciptakan sebuah perubahan. Perubahan dilakukan untuk mencapai hasil yang lebih baik daripada di era sebelumnya.
Tanpa seorang pegawai yang berjiwa inovator sangat sulit bagi sebuah organisasi untuk mengembangkan kinerjanya. Sulit pula untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan. Karena organisasi perusahaan berjalan sangat lambat dan tidak ada terobosan yang baru untuk memperbaiki kinerja organisasi perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: