China dan Kawasan Asia-Pasifik Septo Indarto

10 Mei

China dan Kawasan Asia-Pasifik
Septo Indarto
China dan kawasan Asia-Pasifik, itulah hal yang sedang hangat dibicarakan saat ini, China yang saat ini dikenal sebagai Negara raksasa ekonomi mulai menancapkan pengaruh yang besar dikawasan Asia-Pasifik. Walaupun ekonomi dunia sedang dalam tahap perlambatan pemulihan, tetapi China terus berekspansi secara terus-menerus. China ingin memiliki dominasi bukan hanya dibidang ekonomi tetapi juga dibidang pertahanan dan keamanan. Konsep China Raya saat ini banyak membuat Negara-negara lain mulai khawatir. Kekuatan ekonomi yang berkembang dalam sepuluh tahun belakang ini, membuat China harus memperkuat kekuatan militernya untuk menjaga kepentingan China dikawasan Asia-Pasifik.
Kebangkitan militer China dikawasan Asia-Pasifik juga membuat Amerika merasa cemas. Komandan militer Amerika Serikat untuk Asia-Pasifik Laksamana Samuel Locklear mengatakan: Bahwa reklamasi kepulauan Spartly dan juga Paracel memberikan isyarat wujud agresivitas Beijing. Tujuan dari reklamasi ini adalah untuk mempekuat kehadiran militer China di Laut Selatan dan China akan membangun pelabuhan dan juga landasan udara. China akan melengkapi kedua tempat itu dengan membangun instalasi radar, basis militer dan juga sistem rudal canggih. Sehingga Negara-negara dikawasan itu tidak berani memprotes dan juga menggugat kehadiran militer China dikawasan itu.
China raya akan segera bangkit dan China yang saat ini akan menjadi kekuatan super power dibidang ekonomi tentu ingin menjadi kekuatan super power dibidang militer. China membutuhkan keseimbangan antara kekuatan ekonomi dan juga kekuatan militer. China akan mewujudkan hal itu. Karena kekuatan ekonomi yang akan didukung oleh kekuatan militer akan mempermudah China untuk menerapkan kebijakan-kebijakan internasional China di panggung dunia. Saat ini tidak ada satu pun Negara dikawasan Asia Timur yang ditakutkan oleh China, tetapi sebaliknya banyak Negara-negara tetangga China yang merasa ketakutan bangkitnya militer China. China tentu akan memberikan tekanan kepada Negara-negara sekitranya yang berani bersikap konfrontatif terhadap China khususnya mengenai masalah Laut China Selatan yang diperkirakan mempunyai cadangan kekayaan minyak yang menjadi potensi ekonomi dikawasan itu.
Kawasan Asia Timur menyimpan ledakan konflik yang akan terjadi setiap saat, Jepang sebagai salah satu Negara besar Asia juga tidak mau tunduk dengan manuver politik China dan terus mengirim pesawat-pesawat tempur untuk menjada derah teratorialnya dimana disisi lain oleh China juga masuk sebagai kawasan milik China.
Ketegangan ini mirip sekali seperti era perang dingin, kekuatan militer menjadi alat politik luar negeri yang mampu untuk menekan Negara-negara lain sekitarnya. Tentunya China akan semakin keras untuk mempertahankan hegemoninya dikawasan ini, kemajuan China dalam sepuluh tahun terakhir ini, akan membuat China semakin agresif dalam membangun kekuatan militer dan membangun cita-cita China Raya, hal ini akan membuat banyak Negara-negara lain merasa khawatir tetapi China akan terus melanjutkan program-program mereka. China akan terus menekan Negara-negara disekelilingnya jika mereka merasa tidak sependapat dengan kebijakan China.
China dimasa mendatang akan terus memperkuat angkatan bersenjata dan juga terus membangun pangkalan militer untuk menjaga hegemoni mereka. China akan jauh lebih berani dan memberikan ancaman dan peringatan kepada Negara-negara yang berani menentang kebijakan luar negerinya yang menjadi bagian dari konsep China Raya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: