Industri E-Commerce di Indonesia Tahun 2015 Septo Indarto

18 Mar

Industri E-Commerce di Indonesia Tahun 2015
Septo Indarto

Industri e-commerce di Indonesia akan terus tumbuh. Hal ini ditandai dengan jumlah orang yang mengakses internet tumbuh pesat, kelas menengah yang tumbuh, setiap orang ingin berbelanja dengan praktis untuk menghindari kemacetan yang sangat parah. Tahun 2015, angka penjualan melalui e-commerce akan mencapai U$ 5 triliun. Ini angka yang sangat besar sekali. Pertumbuhan angka penjualan akan terus tumbuh dari tahun ke tahun. Dan jumlah pemain di industri ini akan terus bertambah karena terjadi pergeseran cara berbelanja.
Penduduk Indonesia yang berjumlah 250 juta adalah pasar yang besar dan pasar yang sangat potensial untuk dikembangkan oleh industri e-commerce. Di dukung oleh generasi muda Indonesia yang melek teknologi, maka tidak mustahil industri e-commerce dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat. Para pelaku industri e-commerce harus terus berpromosi dan memberikan pendidikan mengenai kemudahan belanja melalui e-commerce, para pelaku industri e-commerce harus terus menambah jumlah jenis barang yang akan dijual, sehingga produk yang ditawarkan banyak dan bervariatif sehingga konsumen mempunyai banyak pilihan dalam berbelanja online.
Presentasi belanja e-commerce di Indonesia memang masih kecil hanya sekitar 0,1%, tentunya angak ini masih sangat jauh jika dibandingkan dengan China yang telah mencapai angka 8% dan juga Australia yang telah mencapai angka 40%. Tetapi angka ini akan terus tumbuh, karena para pelaku industri ini mulai banyak dan terus melebarkan sayap bisnis mereka. Para pelaku bisnis e-commerce seperti Lazada, Zalora, Bhinneka.com dll terus menunjukkan grafik naik dari perkembangan bisnis mereka. Walaupun industri e-commerce di Indonesia tergolong masih baru tetapi pasar yang sedang digarap sangat besar potensinya, sehingga memberikan keuntungan dalam jangka panjang, karena konsumen akan tumbuh dan berkembang terutama dikota-kota besar di Indonesia. Ini tentunya membutuhkan strategi bisnis yang baik untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak.
Jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 80 juta orang dan yang mengakses internet saat ini lebih banyak yang menggunakan smartphone, kita bisa bandingkan 10 tahun yang lalu, sebagian besar orang yang mengakses internet melalui PC Dekstop dan kecepatan internet yang ditawarkan sangat lambat. Saat ini kecepatan internet jauh lebih cepat dibandingkan sepuluh tahun yang lalu dan itu sangat menguntungkan bagi industri e-commerce. Transaksi pun bisa digunakan langsung melalui smartphone atau PC tablet.
Para pelaku industri e-commerce akan menawarkan harga-harga yang lebih murah sekitar 10-15% dari harga yang dijual di eceran. Karena para pelaku usaha hanya cukup membangun sebuah gudang yang besar dan pemasaran dilakukan melalui internet. Oleh karena itu para pelaku industri e-commerce dituntut harus lebih kreatif dalam memasarkan produk-produk mereka, seperti menawarkan produk baru dengan harga yang lebih murah dan kemudahan transaksi pembayaran.
Barang-barang yang ditawarkan jumlah item akan lebih banyak, dari mulai kebutuhan rumah tangga sampai produk fashion. Konsumen di Indonesia akan terus berkembang dan penggunaan situs e-commerce akan meningkat jumlahnya. Para pelaku harus memberikan pelayanan terbaik untuk menciptakan loyalitas pelanggan. Karena hal itu merupakan kunci untuk meraih sukses jangka panjang. Oleh karena itu pembangunan pusat penganduan konsumen adalah hal yang mutlak dan mereka bisa memberikan pelayanan dalam waktu 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: