Kekuatan Thailand (Kerjasama MEA) Septo Indarto

9 Mar

Kekuatan Thailand (Kerjasama MEA)
Septo Indarto

Thailand sebagai salah satu Negara Asia Tenggara dan juga Negara anggota ASEAN mempunyai kekuatan yang cukup diperhitungkan dalam kerjasama Masyarakat Ekonomi ASEAN. Industri manufaktur dan juga industri pertanian Thailand berkembang cukup pesat. Kedua industri tersebut menopang pertumbuhan ekonomi ASEAN. Thailand juga mengandalkan sektor pariwisata untuk memperkuat kekuatan ekonomi domestik. Walaupun Negara ini sering terjadi krisis politik dalam negeri yang ditandai dengan persaingan kuat antara kubu militer dan juga kubu masyarakat sipil yang prodemokrasi tetapi hal itu tidak menganggu pertumbuhan ekonomi Thailand.
Thailand juga terus mempromosikan kekuatan sektor pariwisata dan juga mempromosikan secara berkala kekayaan kuliner mereka ke dunia internasional. Thailand sering dijadikan salah satu daerah wisata dunia oleh masyarakat dunia. Promosi yang dilakukan secara besar-besaran mampu menopang industri pertanian dan juga industri pariwisata. Masyarakat Thailand juga sangat gencar mempromosikan daerah wisata mereka ke luar negeri, tujuannya supaya masyarakat dunia tahu mengenai kekayaan budaya masyarakat Thailand dan ingin berkunjung ke Thailand untuk berwisata dan melakukan petualangan wisata budaya dan juga wisata kuliner.
Promosi yang gencar ke seluruh dunia, menjadikan Thailand sebagai salah satu Negara yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan dari seluruh dunia untuk melakukan perjalanan wisata ke daerah-daerah di Thailand. Tujuannya:
1. Memperkenalkan Negara Thailand.
2. Memperkenalkan kuliner Thailand.
3. Memperkenalkan daerah wisata.
4. Memperkuat basis perekonomian lokal.
Negara Thailand sangat fokus dan serius dalam memperkenalkan negaranya sebagai salah satu wisata favorit di dunia. Promosi ini dilakukan secara berkelanjutan dan juga terencana dengan baik. Masyarakat Thailand juga gemar memperkenalkan kuliner Thailand kepada masyarakat internasional. Banyak sekalai warga Thailand yang bermukim di luar negeri yang membuka restoran cita rasa Thailand dan juga membuka supermarket yang menjual bumbu masakan Thailand dan juga dari wilayah Asia lainnya.
Promosi tersebut berhasil. Dari tahun ke tahun jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand jumlahnya semakin banyak. Tantangan yang besar adalah sering terjadinya krisis politik yang terjadi di Thailand sering kali membuat wisatawan dari luar negeri merasa takut untuk berkunjung Thailand. Hal ini bisa kita lihat jika krisis politik sedang muncul, banyak dari para demonstran yang melakukan demonstrasi di bandara, sehingga menyebabkan operasional bandara mejadi terganggu. Ini akan merugikan citra Thailand di dunia internasional.
Kestabilan politik harus diperjuangkan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi jangka panjang yang stabil. Krisis politik yang sering terjadi tentunya sangat merugikan citra Thailand di dunia internasional dan menyebabkan kegiatan perekonomian dan kegiatan bisnis menjadi terganggu. Dalam jangka panjang hal itu akan merugikan posisi Thailand di dunia internasional. Rakyat Thailand menginginkan kestabilan politik dan berjalannya sistem demokrasi di Negara mereka untuk membangun masyarakat yang makmur dan maju. Sehingga hal itu akan memperkuat posisi Thailand di era global dan juga dalam kerangka kerja sama masyarakat ekonomi ASEAN.
Thailand sebagai salah satu Negara anggota ASEAN mempunyai banyak kesempatan untuk memperluas kerjasama dengan Negara-negara anggota ASEAN lainnya dibidang indutsri pariwisata dan juga industri pertanian. Negara ini juga mempunyai riset bertaraf internasional dalam pengembangan industri pertanian mereka, sehingga mampu bersaing di pasar dunia. Thailand menjadi salah satu Negara kuat dibidang industri pertanian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: