ADB dan Kawasan Asia Septo Indarto

9 Mar

ADB dan Kawasan Asia
Septo Indarto

Asia Development Bank (Bank Pembangunan Asia) mempunyai tugas bagaimana pembangunan-pembangunan di Negara Asia bisa berjalan sesuai dengan target. Asia saat ini dinilai seperti seorang gadis yang sangat seksi karena terus dipantau oleh para investor global untuk melakukan investasi baik investasi keuangan dan investasi manufaktur. Asia adalah kawasan dengan daya tarik luar biasa karena pertumbuhan ekonominya yang tinggi.
ADB yang berkantor pusat di Manila, Filipina saat mempunyai anggota sebanyak 67 negara (dimasa lalu 31 negara). Jepang adalah Negara yang mempunyai saham terbanyak di ADB. ADB saat ini bukan hanya fokus untuk menghapus kemisikinan di Asia, melakukan pinjaman kredit untuk pembangunan infrastruktur, tetapi yang lebih fokus adalah bagaimana mensinergikan kepentingan kawasan Asia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Di Asia kemiskinan masih menjadi persoalan besar, masih ada Negara yang miskin dan penduduknya memerlukan bantuan makanan untuk sekedar bertahan hidup, masalah pendidikan juga harus menjadi fokus penting bagi Negara-negara Asia yang miskin.
Presiden ADB kesembilan yaitu Takehiko Nakao, mantan wakil menteri keuangan Jepang bidang hubungan internasional akan membawa ADB kearah yang baru. ADB harus lebih terlibat dan fokus bagi kemajuan di Asia. Kecepatan Asia dalam mengembangkan teknologi sungguh luar biasa dan pembangunan Asia, khususnya Asia Timur dan Asia Tenggara mengalami booming ekonomi. Ditandai dengan booming permintaan apartemen, konsumsi rumah tangga yang meningkat, pembelian barang teknologi yang meningkat untuk keperluan kerja dan hiburan.
Dia adalah orang yang tepat untuk memimpin ADB, dia memiliki pengalaman yang luar biasa dalam bidang keuangan internasional, memiliki visi bagaimana membangun kawasan Asia dan dia mengetahui banyak tentang Asia. Dia mengatakan dia akan memimpin ADB dalam mewujudkan visi kawasan Asia pasifik yang bebas dari kemiskinan.
Pengalaman kerjanya sangat bagus dia adalah professor di Universitas Tokyo pada tahun 2010 dan 2011 mengajar dalam bidang keuangan internasional. Dia memiliki gelar BA dari Universitas Tokyo dalam bidang ekonomi dan Master Administration dari University of California, Barkeley.
Asia adalah sebuah kawasan dimana sebagaian besar Negara-negara dikawasan ini menuju sebagai Negara industri maju. Asia saat sedang mengarah menuju kawasan yang menjadi pusat pengembangan teknologi tinggi yang bersifat massal, menjadi pusat fashion, pusat kuliner dunia, pusat pariwisata dunia. Penerbangan internasional dikawasan Asia-Pasifik adalah yang tertinggi di dunia. Semua Negara Asia menawarkan sebuah daya tarik untuk dipelajari dan dikunjungi.
Dalam 20 tahun terakhir, kawasan Asia telah membuat dunia terpesona, bukan hanya memberikan kontribusi besar bagi pembangunan ekonomi dunia tetapi juga transformasi teknologi yang begitu cepat. Korea Selatan mendorong penelitian dalam pengembangan teknologi IT, dimana Korea Selatan sampai saat ini mempunyai kecepatan akses internet paling tercepat di dunia, Jepang terus melakukan riset untuk teknologi otomotif dan robot, China melakukan riset teknologi di segala bidang dan kedokteran, India memfokuskan riset pada pengembangan teknologi IT dan program serta terus melakukan inovasi pelayanan kesehatan dengan harga yang murah dan dapat dinikmati oleh semua pasien diseluruh dunia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: