Mobile Office (Septo Indarto)

16 Feb

Mobile Office
(Septo Indarto)

Penggunaan Mobile Office akan meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan karena pekerja mobile semakin meningkat jumlahnya dan mereka membutuhkan sebuah kantor yang mobile, artinya mereka bisa bekerja dimana saja tanpa terikat dengan waktu dan tempat, mobile office menjadi pilihan yang tepat untuk para pekerja mobile dalam melakukan pekerjaan mereka. Para pekerja mobile adalah orang-orang yang professional dan juga para pemula bisnis. Mereka ingin mendapatkan ruang bebas dalam bekerja untuk menghasilkan karya yang dapat dijual ke berbagai perusahaan atau memulai membuka bisnis sendiri dalam skala kecil. CoWorking yang sekarang sedang melanda diseluruh dunia telah menjadi kebutuhan bagi para pekerja ini.
Mobile Office juga seperti kantor yang mempunyai fasilitas kantor yang layak, tetapi lebih difokuskan kepada penggunaan teknologi IT dalam bekerja yang juga tersededianya jaringan internet yang cepat untuk membantu para pekerja dalam bekerja. Para pekerja mobile akan semakin aktif dalam bekerja dan penggunaan ruang baru untuk mobile office akan semakin meningkat, ini terjadi diseluruh dunia. Para pekerja mobile tampaknya lebih menyukai suasana seperti ini, karena mereka merasakan kebebasan dan merasakan telah lepas dari keterikatan fisik dalam bekerja, sehingga memudahkan aktivitas mereka. Biaya yang dikeluarkan jauh lebih terjangkau ketimbang biaya kantor, karena kita hanya mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat dan mendapatkan ruang serta fasilitas kantor lengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tarif yang kita bayar kepada pemilik tempat dan juga mendapatkan minum sepuasnya.
Mahalnya harga tanah dan property di kota-kota besar, menyebabkan tumbuh suburnya mobile office, karena pekerja tidak mau direpotkan dengan waktu dan tempat. Mereka tidak ingin memikirkan biaya pemeliharaan perbulan, biaya listrik dan biaya air, perlengkapan kantor, gaji karyawan dll. Mereka hanya fokus kepada membayar biaya sewa, bekerja, kemudian mendapatkan penghasilan dari pekerjaan mereka, sehingga mereka bekerja bisa lebih fokus dan bekerja lebih efisien dari waktu ke waktu.
Satu hal yang harus kita ketahui bahwa saat ini bahwa kantor dipandang sebagai fungsi untuk bekerja bukan lagi berdasarkan nama dan dimana Anda bekerja. Tetapi yang lebih penting adalah seberapa efektif Anda bekerja dan seberapa banyak pekerjaan yang Anda bisa selesaikan saat ini dan kemudian mendapatkan biaya yang sesuai dengan keahlian Anda.
Internet telah mengubah segalanya termasuk budaya kerja. Saat ini orang bekerja lebih mempunyai skill yang bisa diandalkan, mendapatkan informasi yang tidak terbatas, dapat berinteraksi dengan orang-orang baru berdasarkan minat dan juga kemampuan. Hal yang bisa kita katakana adalah budaya kerja telah berubah total, sehingga penyediaan tempat seperti mobile office sangat dibutuhkan oleh para pekerja mobile yang menyukai kebebasan ketimbang keterikatan waktu di kantor biasa. Semuanya sudah berubah total. Tetapi hal yang terpenting disini adalah bagaimana meningkatkan kreatifitas para pekerja mobile, mereka adalah orang yang mempunyai passion yang luar biasa, mempunyai ide-ide baru yang lebih segar dan dapat melihat peluang yang lebih besar. Mereka adalah orang-orang yang terus melakukan pengembangan diri, meningkatkan kemampuan standar kehidupan mereka, mereka adalah orang-orang yang mampu bekerja dengan cepat dan efisien.
Mobile Office membuka sebuah era baru, kita dapat bertemu dengan orang-orang baru, meningkatkan kerjasama untuk kolaborasi, merancang pekerjaan-pekerjaan yang akan kita lakukan segera. Intinya adalah produktivitas. Tanpa itu semua kita akan sulit meningkatkan produktivitas kita. Mereka membutuhkan infrastruktur kantor yang jauh lebih fleksibel ketimbang kantor biasa atau dalam bahasa mereka adalah kantor konvesional. Mereka menginginkan sebuah kebebasan dan mereka mampu menghasilkan karya yang dapat dijual kepada siapa saja. Dalam kantor mobile setiap ruangan dirancang dengan sebaiak mungkin yang disesuaikan dengan keinginan pengguna, ruangan dirancang lebih fleksibel karena fokus kepada fungsi bukan pengkotak-kotakan seperti kantor konvesional. Para pekerja saat ini membutuhkan ruang yang terbuka dan mampu menciptakan kreatifitas. Perusahaan-perusahaan harus segera menyadari kebutuhan baru ini. Karena hal ini merupakan sebuah perubahan dalam budaya kerja kita dalam masyarakat modern yang membutuhkan kebebasan, kreatifitas dan juga ruang untuk berkolobrasi bersama. Ini adalah kebutuhan bagi para pekerja di era abad 21, ketika perubahan melanda diseluruh dunia, mereka adalah orang-orang yang bekerja sesuai dengan semangat perubahan.
Pekerja mobile akan terus mengalami pertumbuhan karena ini adalah fenomena global dan akan lebih cepat tumbuh 20% dalam empat tahun ke depan. Mereka saat ini lebih memilih fungsi untuk tempat bukan di kantor apa saya akan berkerja, mobile office memberikan lebih banyak efisiensi karena kita membutuhkan fasilitas yang kita butuhkan, dari segi biaya jauh lebih murah ketimbang kantor konvensional. Mobile Office bekerja berdasarkan ide, kreatifitas dan kompetensi dari para pekerja mobile.
Mobile Office harus menyediakan faislitas IT lengkap dengan WiFi yang cepat untuk mobilitas para pekerja mobile yang membutuhkan kecepatan dalam mengakses data dan mengirim data. Internet menjadi jantung semua aktivitas bagi para pekerja mobile, tanpa itu semua mereka tidak mampu beraktivitas dan berkreasi sesuai kompetensi yang mereka miliki.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: