Inovasi Akan Selalu Lahir Septo Indarto

16 Jan

Inovasi Akan Selalu Lahir
Septo Indarto

Ketika manusia mulai menciptakan peradaban baik dilihat dari kacamata sejarah yang dibagi menjadi dua jaman: Yang pertama, era prasejarah dimana manusia belum mengenal tulisan dan yang kedua, era sejarah dimana manusia telah mengenal tulisan. Tetapi dikedua era tersebut selalu lahir inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan kualitas peradaban, jika tidak tidak mungkin manusia akan mampu menciptakan berbagai macam kebutuhannya dan selalu tidak puas dengan keadaan saat ini dan terus melakukan inovasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.
Manusia adalah makhluk yang diberikan kecerdasan akal oleh Tuhan Yang Maha Esa, tanpa kecerdasan akal akan sangat sulit bagi manusia untuk menciptakan sebuah peradaban yang disesuaikan dengan zamannya. Peradaban muncul karena kemampuan manusia dalam berpikir dan kemudia membangun hasil pemikirannya menjadi aksi yang nyata. Sejak zaman dahulu manusia sudah mengamati kehidupan di alam, dan mampu bertahan disegala medan, hal ini disebabkan manusia mempunyai akal.
Dalam sejarah kita mengenal peradaban-peradaban besar, seperti peradaban Mesir Kuno, Yunani Kuno dan juga Romawi Kuno. Di era tersebut manusia telah mencapai prestasi yang luar biasa. Bangsa Mesir Kuno mampu menciptakan pyramid, bangsa Yunani Kuno sudah mampu menciptakan pemikiran filsafat modern yang menhadi standar pemikiran modern di Eropa, peradaban Romawi Kuno telah mampu menciptakan kekuatan militer yang hebat dan mampu menguasai semua wilayah Eropa. Semua itu lahir secara bertahap dan melalui proses yang panjang. Kegemaran manusia dalam berpikir kemudian diteruskan dalam tradisi menulis dan melahirkan perpustakaan. Tulisan menjadi alat untuk mengekpresikan pemikiran-pemikiran yang lahir dan kemudia di simpan dalam perpustakaan sebagai pusat informasi yang mampu menampung pemikiran-pemikiran yang lahir di era tersebut.
Perpusatakaan sudah sejak lama dan berumur ribuan tahun menjadi tempat penyimpanan berbagai macam informasi yang dibutuhkan untuk dibaca-digali-diolah menjadi informasi yang mencerdaskan. Kita bisa melihat di era masa lalu perpusatakaan dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai macam informasi. Dalam peradaban modern, perpustakaan tetap menjadi tempat menyimpan berbagai macam informasi baik yang berasal dari masa lalu dan saat ini, manusia modern menggunakan internet untuk mencari informasi.
Google.com sebagai mesin pencari telah menjadi standar pencarian informasi. Google.com berhasil menghubungkan pengguna internet dengan jutaan website yang dibutuhkan pengguna hanya dengan mengetikan kata kunci yang kita ketik. Ini adalah sebuah revolusi teknologi yang lahir dari inovasi yang dilakukan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google bukan hanya telah memberikan informasi dengan mudah tetapi telah menciptakan komunitas dunia teknologi untuk menciptakan inovasi yang lebih baik untuk mencerdaskan kehidupan umat manusia.
Ketika Presiden Amerika John F. Kennedy berpidato akan mengirim manusia ke bulan, semua orang dibuat sangat kaget. Kemudian setiap orang bertanya apakah kita mampu? Mampu untuk melakukan hal itu? Di era Presiden Kennedy berkuasa itu merupakan suatu lompatan keajaiban bagi umat manusia. Presiden Kennedy tidak menjual impian tetapi memberikan bukti nyata, Amerika berhasil mengirim manusia ke bulan. Dalam melakukan hal itu Presiden Kennedy telah melakukan pemikiran yang matang karena dia sudah melihat kemampuan inovasi Amerika sudah mampu melakukannya. Ini bukan sekedar impian, ini adalah lompatan besar yang mampu membuka ilmu pengetahuan mengenai alam semesta, inovasi-inovasi baru yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan mengenai luar angkasa berkembang dengan pesat sampai saat ini. Manusia ingin mengetahui dengan rasa ingin tahu yang banyak mengenai alam semesta, awalnya pejabat NASA tidak yakin dengan keinginan sang presiden. Para staf NASA bekerja keras untuk mewujudkan hal itu, tanggal 20 Juli 1969, Amerika berhasil mendaratkan Apollo 11 di bulan. Inovasi teknologi memberikan bukti nyata untuk menciptakan kreativitas jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: