Manajer dan Pengembangan Diri (Septo Indarto)

3 Jan

Manajer dan Pengembangan Diri (Septo Indarto)

Masa depan Milik Mereka yang Percaya akan Keindahan Mimpi Mereka
(Eleanor Roosevelt 1884-1962-Istri Presiden Amerika Serikat, F.D. Roosevelt).

Seorang manajer harus selalu berpikir mengenai perjalanan waktu. Bahwa waktu akan terus berjalan dan masa depan akan menghampiri kita sehingga dengan perlunya proses pengembangan diri, seorang manajer mampu tetap eksis menghadapi tantangan yang menghadang di depan mata dan terus menciptakan inovasi untuk memenangkan persaingan di masa yang akan datang. Kita tidak boleh terus berkaca pada masa lampau karena masa lampau dapat menjebak kita dan malas untuk terus berinovasi. Apa yang kita lakukan sekarang mungkin akan menjadi sesuatu yang usang di masa yang akan datang tetapi ketika kita terus melakukan inovasi dan memikirkan mengenai masa depan, kita telah menyusun sebuah strategi bagaimana memenangkan sebuah persaingan dari waktu ke waktu.
Seorang pakar jenius di bidang manejemn yang sudah kita kenal namanya Peter Drucker selalu menggunakan konsep tentang peninggalan terencana, menolak kebijakan, praktik, dan produk organisasi yang telah usang. Drucker menggunakan konsep ini karena selalu menekankan pentingnya perubahan dari apa yang telah kita lakukan untuk selalu siap menghadapi tantangan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Dan orang yang pertama melakukan hal itu adalah seorang manajer karena seorang manajer adalah tokoh sentral. Dia adalah pemimpin yang memimpin anak buahnya dalam sebuah organisasi perusahaan. Karena kita tahu masa depan menuntut pendekatan baru terhadap perencanaan, pengkajian ulang strategi dan siap melakukan perubahan, visi, misi, strategi, pengkajian ulang organisasi yang akan menjadi senjata yang ampuh untuk tetap menghadapi persaingan.
Citigroup Inc laba bersihnya naik 18% (Kuartal II 2007). Manejem Citi group menyampaikan bahwa pada Juni 2007 laba bersih meningkat 18% yaitu USD 6,23 Miliar dari periode yang sama tahun lalu (200^) sebesar USD 5,27 Miliar. Citigroup membukukan pendapatan USD 26,6 Miliar di tiga bulan naik, naik 20% dari tahun lalu USD 22,18 Miliar. Kinerja memuaskan itu dibantu dari mengutanya bisnis investment banking, wealth management, dan private banking (AFP, 22 Juni 2007).
Citigroup sebagai penyedia jasa financial global selalu merivisi strategi perusahaan untuk tetap bias eksis di masa yang akan dating. Citigroup jeli melihat potensi bisnis yang akan menuai keuntungan untuk saat ini dan di masa yang akan dating karena berhasil melihat trend bisnis keuangan. Sukses Citigroup adalah kisah sukses dari Manejemen Citigroup.
Dalam kegiatan bisnis selalu ada pasang-surut dan itu merupakan hal yang wajar. Ketika perusahaan mendapatkan untung dalam jumlah yang besar berarti kita sebagai manejer dan tim kita sukses dalam menjalankan strategi yang kita rancang. Ketika perusahaan sedang mengalami kerugian berarti kita harus memperbaiki kinerja kita supaya berhasil dan bangkit kembali. Hal yang harus kita ingat adalah pekerjaan Anda tidak akan terus statis karena dalam persaingan bisnis tidak ada satu pun yang akan bertahan tanpa adanya perubahan, karena perubahan itu terjadi, karena adanya kompetisi dalam dunia bisnis dan globalisasi.
Sebagai manajer Anda tidak boleh berpuas diri, Anda harus mengembangkan diri Anda dan berpuas diri. Pengembangan diri bertjuan untuk melihat sejauh mana potensi diri yang Anda miliki. Pengembangan diri dapat dilakukan dengan berbagai macam cara: Mengikuti Workshop dan seminar, pelatihan-pelatihan, belajar mandiri, membuat kelompok studi formal. Semua cara itu sangat bermanfaat bagi diri Anda. Ingat persaingan diluar sana sangat keras sekali. Perubahan akan terus berjalan dari waktu ke waktu. Persaingan akan semakin sengit. Hanya individu yang dapat survive yang berhasil untuk bertahan dan memenangkan pertarungan. Perubahan itu bisa terjadi dalam banyak hal, seperti nilai, kerja tim, teknologi, gaya hidup, peraturan-peraturan, strategi binsis, organisasi perusahaan, budaya kerja.
Menurut Richard Tanner Pascale (Penulis Surfing the Edge of Chaos) organisasi harus menghindari Ekuilibrium (Keseimbangan), yang menyebabkan kurang tanggap terhadap perubahan dan ancaman dari luar. Ekuiblibrium (Keseimbangan) adalah pertanda kematian. Karena Ekuilibrium, sistem akan berjalan kurang tanggap terhadap perubahan yang berlangsung disekelilingnya. Hal ini akan menjerumuskannya ke dalam risiko yang sangat tinggi. Organisasi harus siap dan berani untuk menghadapi tantangan, berani melakukan eksperimen, berani untuk memanfaatkan peluang. Menurut Pascale ketiga fase perubahan tersebut adalah:
1. Eksperimentasi dan ketidakteraturan.
2. Penyingkiran praktik dan orang-orang yang sudah mapan.
3. Perumusan visi masa depan yang menghasilkan keadaan atau kondisi yang baru.
Dalam proses ini, penting untuk tidak menetapkan prilaku, yang dapat menyebabkan perlawanan, tetapi merancangnya sehingga segala sesuatu mengalir ke tujuan yang diinginkan. Organisasi yang mengarah ke arah Ekiulibrium sudah sangat sulit untuk berkembang, walaupun kita bisa merancang perkembangan itu.
Sebuah organisasi dapat belajar dari alam semesta untuk tetap bisa bertahan. Alam semesta yang telah ada jutaan tahun mempunyai sebuah kekuatan yang luar biasa untuk bertahan dan menyediakan energi baru untuk tetap eksis. Selama jutaan tahun alam semesta juga menghadapi tantangan berat dalam menghadapi perubahan dari ratusan juta tahun yang lalu hingga saat ini. Planet Bumi yang menjadi tempat bagi jutaan makhluk hidup untuk bertahan, baik itu tumbuhan, hewan ataupun manusia. Planet Bumi telah menjadi saksi bagi lahir, tumbuh, berkembang, hancurnya sebuah peradaban. Tapi planet Bumi tetap eksis dan mempunyai kekuatan dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi baik yang ada di dalam planet Bumi maupun yang ada diluar planet Bumi. Karena planet Bumi telah menciptakan sebuah strategi untuk tetap eksis untuk mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi dalam ruang waktu yang panjang dan kadang kala di sertai bencana.
Jack Welch, seorang legenda bisnis adalah otak bagi kesuksesan perusahaan General Electric menjadi yang terbaik. Welch menunjukkan kepada semua orang bahwa revolusi yang dilakukan menunjukkan bahwa orang bisa menciptakan perubahan organisasi secara radikal dari dalam, dan mereka (para pegawai GE) bisa melalukan perubahan ini sementara secara finansial menuai sukses.
Bagi Welch, revolusi adalah seruan kepemimpinan bagi semua orang yang berhasrat meningkatkan dunia, apakah untuk menghidupkan kembali sebuah perusahaan besar, satu departemen di dalam perusahaan itu, atau lembaga sektor publik seperti sekolah dan rumah sakit. Welch sebagai CEO General Electric adalah orang yang mempunyai visi masa depan dan kaya akan gagasan pemikiran. Perubahan akan mempengaruhi semua segi kehidupan. Karena kehidupan berjalan secara dinamis. Setiap orang harus mampu untuk beradatapsi untuk menghadapi perubahan. Perubahan adalah sebuah tantangan dan perubahan adalah sebuah kesempatan yang dimanfaatkan.
Menurut Welch dalam organisasi ada dua macam isu (masalah): Keras dan Lunak. Isu keras itu adalah termasuk keuangan, pemasaran, rekayasa, dan manufaktur. Isu Lunak berhubungan dengan norma, moral, komunikasi dll. Isu Keras mempunyai pengaruh besar pada lini dasar yaitu keuntungan, sedangkan Isu Lunak punya pengaruh besar pada Lini Puncak (Penjualan Total). Di General Electric, Welch melakukan revolusi yang cepat dan agresif pada isu keras: Membuang lemak dari birokrasi, mengurangi ukuran, melepaskan kepemilikan bisnis (fokus binis) dimana General Electric tidak bisa bersaing dan menanam investasi ditempat dimana General Electric dapat memenangkannya. Tahun 1985 keuntungan Lini Dasar General electric positif karena dipengaruhi oleh tindakan Welch pada isu keras. Hasilnya terjadi peningkatan pemasukan dan penjualan total, yang tergantung pada Isu Lunak yang lebih yang lebih rumit, maju dengan tingkat lebih lambat. Welch secara berani melakukan sebuah revolusi di dalam organisasi General Electric karena dia menginginkan sebuah perubahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Welch menyarankan supaya bisa mempersiapkan diri menghadapi revolusi, luangkan waktu untuk memahami sebaik apa organisasi Anda dalam menangani Pradoks ini, ada dua cara:
1. Kecenderungan dan implikasi Lini Puncak/Lini Dasar.
2. Kapasitas bagi kepemimpinan Isu Keras dan Isu Lunak.
Kedua langkah itu merupakan katalisator untuk pembicaraan panjang lebar dikalangan Tim Kepemimpinan.
Welch membuat organisasi Cara Baru yang memberikan energi untuk mendobrak kerangka masa lalu. Gagasan mengubah arah dan memberikan energi yang bertujuan untuk memajukan orgnasisasi ke depan memberikan energi emosional kepada pegawai, memberikan ruang untuk tumbuhnya ide atau gagasan, yaitu gagasan mengenai produk dan jasa, gagasan tentang pelanggan dan gagasan tentang organisasi. Organisasi cara baru diharapkan memberikan energi baru bagi organisasi untuk tetap eksis menghadapi tantangan jaman.
Dalam melakukan sebuah perubahan, seseorang harus mempunyai keberanian untuk menggunakan pikiran, perasaan dan kemamuan keras untuk melakukannya. Sebagai seorang manajer harus mampu melakukan hal tersebut. Manajer harus mampu menjadi seorang konduktor yang baik karena kepemimpinan lebih baik dari sekedar membuat angka-angka. Untuk melakukan sebuah perubahan, General Electric menggunakan alat analitis yang kuat hal itu dilakukan untuk mengambil pandangan mendalam terhadap kemampuan intelektual, kemampuan memotivasi dan kemampuan mengambil risiko. Di General Electric staf manejemen eksekutif dilatih khusus untuk mewawancarai seorang individu, bawahannya, atasannya, sesama rekan kerja karena secara kualitatif difokuskan untuk pencapaian, kekuatan, kelemahan dan potensi. Jadi di General Electric, potensi seorang karyawan di eksplor secara keseluruhan untuk mendapatkan hasil yang akurat dari kapabilitas seseorang.
General Electric pada tahun 1985 telah mengembnagkan efektivitas kepemimpinan. Tujuan pengembangan penelitian efektivitas kepemimpinan adalah untuk melihat apakah para top elit General Electric telah menggunakan norma-norma kepemimpinan yang dianjurkan oleh Welch sendiri. Ini sangat berguna untuk melihat apakah sebuah organisasi dapat menjelaskan rangkaian norma-normanya sendiri yang telah disepakati.
Tapi hal yang paling terpenting dari kepemimpinan adalah gagasan. Karena menurut Welch, gagasan adalah bahan bakar untuk revolusi. Hal ini disebabkan:
1. Gagasan memberikan makna kepada kehidupan-sepanjang sejarah gagasan spritual, gagasan tentang keadilam dan kebebasan merupakan sentarl bagi masyarakat. Identitas manusia dikaitkan dengan gagasan yang mereka pandang penting.
2. Tidak ada yang seperti tendangan emosional yang berasal dari tindakan Anda memberlakukan gagasan dalam perbuatan.
3. Pemberian kekuasaan berada pada intinya-kebebasan melaksanakan gagasan seseorang. Karena memiliki sebuah gagasan adalah hal yang terbaik yang kita miliki dan kita harus mencoba gagasan itu mendapatkan umpan balik. Gagasan diperlukan untuk mengubah organisasi, gagasan tentang norma-norma dan strategi, gagasan untuk peningkatan praktis, gagasan tentang bagaimana cara melalukan hal-hal yang kecil secara sedikit lebih efisien dan gagasan-gagasan bagi perubahan-perubahan besar. Welch berpendapat harus ada gagasan tentang sistem teknis yaitu bagaimana sebuah perusahaan akan menghasilkan uang di pasar dan mengorganisasi sumber dayanya untuk melakukan hal itu, sistem politik yaitu bagaimana kekuasaan, pengaruh dan imbalan akan digunakan untuk membangkitkan energi organisasi, sistem kultural yaitu norma-norma dan nilai bersama yang mengikat orang menjadi satu.
Welch membagi dua jenis gagasan yaitu Gagasan Kuantum dan Gagasan Tambahan. Gagasan Kuantum adalah gagasan besar untuk menjadi No. 1 (yang terbaik) yang membuang kebiasaan dan teknik lama ke luar jendela serta menciptakan revolusi. Gagasan Tambahan adalah perubahan kecil secara evolusioner yang menghasilkan peningkatan terus-menerus dari setiap hari tercipta cara yang lebih baik dan mampu memelihara gagasan itu.
Menurut Welch perusahaan-perusahaan yang hanya menguasai satu jenis gagasan tidak akan menjadi pemenang. Contohnya perusahaan otomotif Toyota terus membangkitkan dan mengembangkan gagasan-gagasan tambahan terus-menerus yang diperlukan untuk menguasai peningkatan berkesinambungan karena ingin memiliki sistem manufaktur yang efisien dan tepat waktu. Hal ini bagi Welch bahwa Toyota adalah perusahaan yang sukses untuk menerapkan Gagasan Kuantum disamping gagasan tambahan.
Welch mempunyai gagasan mengenai bagaimana memimpin revolusi dengan tiga gagasan besar, yaitu yang pertama menjadi No. 1 atau No. 2 dalam setiap bisnis General Electric dan mencapai hal itu dengan memperbaiki, menutup atau menjual setiap bisnis General Electric. Hal itu merupakan gagasan teknis bagi revolusi General Electric. Gagasan politisnya adalah struktur perusahaan yang mendorong sebagian besar kekuasaan ke bisnis, memberikan kepada bisnis pengendalian atas nasibnya sendiri sementara pada saat yang sama mengintegrasikan dan mempertahankan kekuasaan tertentu di pusat General Electric. Gagasan Kultural bagi revolusi General Electric ditangkap dalam pendirian welch tentang norma dan perilaku tanpa perbatasan, berbagi untuk mengejar hasil, menjalin kemitraan melintasi semua tingkat dan perbatasan di dalam dan di luar General Electric (Dikutip dari Buku Pintar Para Revolusioner, Noel M. Tichy dan Stratford Sherman, Copyright @1993, 1994 by Noel M. Tichy dan Stratford Sherman).
Thomas J. Watson Jr adalah seorang revolusioner gagasan dalam bidang teknologi komputer. Dia adalah orang yang pertamakali menciptakan gagasan bahwa IBM akan menjadi perusahaan mesin tabulasi ternama di dunia. Dia menginginkan IBM sebagai agen perubahan dalam budaya bisnis di Amerika. Dalam otobiografinya, Father, Son &Co, Watson mengatakan kepada ayahnya: Kita harus melepas benda ini ke pasar walaupun kita hanya bisa menjual delapan atau 10 unit, kita akan bisa mengiklankan fakta bahwa kita memiliki kalkulator elektronik komersial pertama di duni.
Dia berhasil meluncurkan Mainframe System/360 yang membuat IBM menjadi kekuatan dominan dalam industri komputer di seluruh dunia. System/360 adalah sebuah keluarga komputer dan program yang dibuat untuk satu model akan berfungsi pada model lainnya. System/360 membuat IBM bisa membeli versi awal dan mempertahankan peranti lunak yang sama saat berganti model.
Sejak itu Watson dikenal sebagai pemimpin inovatif yang penuh dengan keberanian. Gagasan Watsontidak hanya mengubah wajah perusahaannya sendiri, IBM. Tapi juga menciptakan budaya kerja baru, organisasi perusahaan baru, gagasan inovatif yang baru kepada negaranya Amerika. Thomas J. Watson Jr telah berhasil membawa IBM dan dunia usaha Amerika, memasuki era komputer. Yang pada akhirnya membuat perekonomian Amerika adalah yang paling dinamis sampai saat ini.
Pada tahun 1996 perusahaan mobil mazda hampir bangkrut. Pada tahun 2001, Mazda menderita kerugian sebesar US$ 1,25 miliar. Ini adalah sebuah kisah yang pahit dan sedih. Karena mobil Mazda pernah menjadi salah satu mobil yang paling disegani dalam masa kejayaannya. Mazda pernah terdepan dalam inovasi, khususnya dalam inovasi desain. Kemudian manejemen Ford mengambil alih untuk meneruskan kejayaannya di masa lampau. Mazda kemudian banyak melakukan perubahan manejemen. Manejemen Mazda sadar untuk mengembalikkan kejayaan di masa lampau bukanlah pekerjaan yang mudah tetapi dapat dilakukan. Manejemen Mazda meluncurkan model-model baru yang dirancang dengan bagus dan penjualannya tumbuh dengan cepat.
Startegi global dari perusahaan Mazda adalah untuk merebut kembali pasar Amerika Serikat dengan strategi pemasaran akan menjual lebih banyak model SUV dan Minivan di Amerika Serikat. Karena pasar Amerika Serikat adalah pangsa pasar terbesar yang dapat membeli merk Mazda.
Pepsi Co adalah musuh utama Coca Cola Co dalam industri minuman. Tapi Pepsi makin pintar dan jeli untuk menyesuaikan diri dengan selera konsumen. Pepsi terus memperkuat sektor makanan ringan untuk memperkuat sektor bisnisnya. Bagi Pepsi kehilangan seorang pelanggan adalah masalah besar yang akan menurunkan marjin keuntungan. Pepsi telah menambah 200 variasi produk ke portofolio global yang sudah besar, mulai dari Quaker Soy Crisps hingga gatorade Xtremo Thirst Quencher. Pepsi melihat jika hanya mengandalkan penjualan dari minuman berkarbonat cola maka itu akan menyulitkan perusahaan untuk dapat bersaing di masa yang akan datang. Pepsi telah melangkah lebih jauh karena konsumen sedang mencari inovasi, terutama dalam hal-hal kecil rutin dalam kehidupan mereka. Strategi bisnis Pepsi adalah untuk mencipatakan pertumbuhan laba yang konsisten dengan cara pencarian perubahan secara terus menerus bahkan melebihi faktor kualitas dan nilai. Tapi Pepsi juga terus mengedepankan produk-produk tradisional seperti minuman Cola Pepsi dan Keripik kentang Lay’s dan terus menambah cita rasa dan melakukan kampanye pemasaran yang terarah untuk menarik minat konsumen membeli produk mereka. Pepsi mengedepankan untuk lebih memahami dan memenuhi perubahan selera konsumen dalam produk makanan dan minuman.
Divisi besar Pepsi Co, Froto Lay pada tahun 2003 telah mendominasi 60% pasar keripik Amerika Serikat dengan pendapatan $ 9,1 Miliar. Frito juga memperkenalkan beragam keripik organik alami, seperti Doritos, Cheetos, serta Tostitos yang rendah karbohidrat. Hal ini diambil dalam manejemen produksi dan manejemen pemasaran untuk mengantisipasi perubahan selera dan demografi di Amerika Serikat. Pepsi terus memperkenalkan variasi produk makanan kepada konsumen. Karena Pepsi tahu bahwa setiap produk makanan yang dijual mempunyai segemen pasar yang berbeda.
Pepsi Co telah menekankan misi untuk melayani pelanggan dan bukannya melindungi mereknya sendiri hal ini dilakukan untuk mencegah kemandekan inovasi. Pepsi terus akan menemukan gagasan baru untuk membuat produk baru ditengah persaingan pasar yang ketat dalam industri makanan dan minuman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: