Bagaimana Melihat Megatrends 2010 Oleh Septo Indarto

3 Jan

Bagaimana Melihat Megatrends 2010
Oleh Septo Indarto
25 Oktober 2007

Buku Megatrends 2010 yang ditulis oleh Patricia Aburdene memberikan sebuah perspektif baru didalam dunia bisnis. Bisnis bukan lagi dipandang oleh sebagaian besar orang sebagai pencapaian untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari kegiatan bisnis tersebut atau dengan kata lain mendapatkan materi yang besar dalam bentuk uang. Tetapi dunia bisnis pada saat ini membutuhkan sesuatu hal yang lebih dan berbeda yaitu pencarian akan kebutuhan spiritual untuk mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan dalam dunia bisnis. Spiritualisme yang bertanggungjawab pada Consciousness, Spirit, Tanggungjawab kepada dunia dan semua makhluk untuk mendapatkan tujuan yang lebih mulia.
Patricia Aburdene mengulas isu-isu yang akan terjadi didalam Megatrends 2010 kedalam kajian yang lebih luas. Megatrends 2010 melihat dan mencatat berbagai tren yang sedang akan terjadi, yaitu tren social, ekonomi, dan spiritual yang mengubah kapitalisme kedalam versinya sendiri yang lebih baru dan menyeluruh. Patricia Aburdene melihat bahwa perkembangan dunia bisnis telah berubah secara total. Jika dimasa lampau kegiatan didalam bisnis berfokus kepada kekuatan modal yang dimiliki oleh individu atau organisasi perusahaan untuk menjadi pemenang dalam kompetisi kemudian era 1990-an, Information economy yang akan menjadi tren dalam kegiatan bisnis yang menjual informasi dan sekarang telah menjadi industri triliunan dollar yang ditandai dengan bisnis dotcom di dunia internet. Tetapi dua proses perkembangan dari dunia bisnis tersebut tidak mebuat kepuasaan dan kebahagiaan maka orang mencari dunia baru yaitu Spritualisme yang sebenarnya telah ada sejak lama dalam kegiatan hidup manusia melalui agama yang diajarkan oleh para Rasul tetapi manusia sering mengabaikannya. Baru sekarang ini manusia sadar kembali untuk belajar nilai-nilai spiritual untuk mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan. Yang menjadi pertanyaan mampukah kapitalisme hidup berdampingan dengan Spritualisme?
Pada saat ini orang sangat menjunjung tinggi dalam hal moralitas dan etika. Mereka sudah muak terhadap kebohongan publik, skandal keuangan, dan penggelapan pajak. Karena hal-hal yang negative itu akan membuat masalah yang baru dan membuat kegiatan bisnis menjadi tidak nyaman. Hal itu jelas akan membuat setiap orang akan mengalami stres dan itu merupakan kejahatan publik. Saat ini bagi individu yang ingin berinvestasi disebuah perusahaan menjunjung tinggi standar etika, sosial, lingkungan kerja yang tinggi disbanding perusahaan lain, perusahaan yang menghargai insting kreatifitas karyawannya. Para pelaku bisnis ingin terus memperbaiki lingkungan dunia bisnis. Mereka para pelaku bisnis menyadari kesalahan-kesalahan dimasa lampau. Patricia menulis kebenaran mendalam tadi adalah nilai-nilai yang kita anut dan nilai-nilai tersebut memainkan peran penting dalam perubahan.
Skandal keuangan ditahun 2000-an yang terjadi diberbagai perusahaan-perusahaan besar di Amerika seperti Enron, Tyco dan World.com adalah pelajaran yang sangat berharga bagi industri keuangan di Amerika. Mereka, baik masyarakat umum maupun investor menilai bahwa para CEO telah mempunayi moral yang bejat karena telah menyelewengkan uang masyarakat. Bahwa minoritas para CEO sudah begitu rendah, mereka mempunyai hawa nafsu mengejar kekayaan dalam jumlah yang sangat besar tetapi merugikan kepentingan masyarakat luas. Dan yang lebih parah lagi konspirasi ini juga melibatkan auditor independent yang berhasil memanipulasi data keuangan perusahaan-perusahaan tersebut. Akhirnya tingkat kepercayaan masyarakat sangat rendah kepada dunia bisnis di Amerika dikarenakan moral para CEO-nya rendah dan bobrok.
Alan Greesnpan, mantan Gurbenur Bank Sentral Amerika mengatakan Sistem pasar kita sangat bergantung pada rasa kepercayaan. Ketika dia membuat analisa perekonomian baik tentang Ekonomi Amerika maupun Ekonomi Global sering kali tepat. Pasar uang sangat bergantung kepada ucapannya serta kebijakannya. Pasar uang sangat percaya dengan ucapan Greenspan karena Greenspan mempunyai kebenaran ekonomi dan spriritual hal ini dikarenakan didalam diri Alan Greenspan terdapat nilai kepercayaan dan nilai integritas. Jika Greenspan tidak mempunyai nilai tersebut yaitu nilai kepercayaan dan nilai integritas maka pasar keuangan Amerika dan ekonomi Amerika akan hancur lebur yang berarti akan menyebabkan resesi ekonomi dunia. Bahkan setiap komentar baik mengenai masalah ekonomi Amerika dan ekonomi Global akan menjadi acuan bagi kerangka kerja para Gurbenur Bank Sentral di seluruh dunia. Dalam Megatrends 2010, Alan Greenspan telah mengajarkan sebuah kepercayaan (Trust) dan Integritas (Integrity). Kita dapat melihat sebuah keserakahan akan menghancurkan kekayaan. Kepercayaan dan integritas memupuk kemakmuran.
Bill Clinton dan Al Gore adalah salah satu pasangan paling sukses dalam sejarah perpolitikan Amerika. Baik Bill Clinton dan Al Gore berhasil menciptakan kemakmuran kepada penduduk kelas menengah, menciptkan lapangan kerja yang menyerap tenaga kerja muda, mendorong peningkatan penggunaan internet untuk kalangan bisnis dan pendidikan di Amerika. Bill Clinton dan Al Gore telah memberikan rasa aman dalam bidang ekonomi bagi rakyat Amerika. Kedua pasangan ini selalu membuat kebijakan yang populis yang berpihak kepada rakyat. Di bawah manajemen ekonomi pemerintahan Clinton, Amerika memasuki sebuah fase kemakmuran baru yaitu kemakmuran ekonomi dapat dirasakan oleh banyak orang khususnya kelas menengah yaitu kelas pekerja.
Sri Sultan Hamungkubuwono kesembilan (IX). Seorang raja Jawa yang memimpin Derah Istimewa Yogyakarta. Walaupun dia seorang raja Jawa tetapi mempunyai pemikiran yang universal. Sewaktu Republik Indonesia yang masih muda mendapatkan ancaman dari pasukan Kolonial Belanda dalam usaha mempertahankan Republik Indonesia yang baru merdeka. Sri Sultan memberikan dukungan penuh baik moral dan materi. Sri Sultan tidak segan memberikan tempat perlindungan kepada para pemimpin Republik Indonesia. Dengan sikap ksatria dan penuh pertimbangan serta ketulusan, Sri Sultan menyatakan Kesultanan Yogyakarta berada di pihak Republik Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya dan meleburkan Daerah Istimewa Yogyakarta ke dalam wilayah Keastuan Republik Indonesia. Dalam kacamata atau sudut pandang Megatrends 2010, Sri Sultan Hamungkubuwono IX telah menunjukkan sikap integritas yang luar biasa yaitu aksi heroic dari seorang pribadi RaJa yang melayani kepentingan banyak orang tanpa pamrih.

Uang Dan Moral
Ini adalah hal yang paling menarik untuk dibicarakan antara kaitan uang dan moral. Pada umumnya orang akan berpikir bahwa kaitan uang dan moral akan melahirkan sebuah keserakahan. Tetapi megatrends 2010 mencoba menggambarkan bahwa telah adanya sebuah dimensi baru dalam dunia bisnis yaitu mengeksplorasi moral dan arti bisnis dalam lingkup hukum dari kapitalisme modern yaitu sebuah dunia dimana berbagai firma publik dibatasi oleh hukum untuk memaksimalkan pendapatan bagi para pemegang saham.
Megatrends 2010 melukiskan bahwa Conscious Capitalism akan meningkatkan keberhasilan bisnis perusahaan. Menurut Patricia Aburdene Conscious Capitalism menunjukkan kepada kita bahwa tanggungjawab korporasi, bukanlah factor yang membuat berkurangnya keuntungan, malah merupakan faktor penting keberhasilan. Setiap korporasi besar harus juga mempunyai pelayanan kepada publik yaitu bagaimana meningkatkan kualitas hidup masyarakat supaya jauh lebih baik. Bahwa perusahaan yang mempunyai tanggung jawab korporasi kepada peningkatan kualitas kehidupan publik akan lebih dikenal oleh masyarakt. Perusahaan tersebut mempunyai etika. Karena perusahaan yang mempunyai tanggungjawab social adalah perusahaan yang mempunyai manajemen yang sehat dan perusahaan mampu memprediksi kinerja keuangan yang bagus.
Presiden Amerika Serikat George W. Bush adalah salah satu seorang contoh buruk dalam perspektif Megtarends 2010. Presiden Bush adalah presiden yang berjiwa bisnis dan bukan berjiwa sebagai seorang negarawan. Ketika dunia menyetujui pemberlakuan Protokol Kyoto yang membahas mengenai perubahan iklim yang menyebabkan terjadinya Global Warming (Pemanasan Global) secara tegas Presiden Bush menolak untuk menandatangani Protokol Kyoto, alasan presiden Bush adalah akan mengancam kepentingan industri Amerika. Hal ini disebabkan karena industri manufaktur Amerika masih membutuhkan pasokan energi dalam jumlah besar untuk kelangsungan proses industri. Menurut Pepe Escobar di Asia Times, 27/9/2007 menulis: Jika Presiden Bush berbicara mengenai soal hak asasi manusi, tentu yang dimaksud adalah minyak dan gas alam. Konflik Timur Tengah dengan masalah klasik yaitu Israel-Palestina sengaja untuk tidak diselesaikan. Irak tas nama demokrasi di serang oleh Amerika. Ini adalah hal yang aneh untuk menegakan sebuah system demokrasi harus menggunakan jalan militer untuk mewujudkannya. Kenapa Amerika sangat bernafsu menyerang Irak yang sangat jauh dan membutuhkan biaya yang sangat besar? Jawabannya adalah minyak. Para elit politikAmerika sadar bahwa cadangan sumber energi minyak telah berkurang maka solusinya adalah mencari sumber minyak diluar wilayah Amerika. Akhirnya apa yang dilakuakn oleh Pemerintah Bush adalah ancaman bagi kawasan tersebut. Bukan hanya ancaman yang ditebarkan tetapi juga kerusakan lingkungan. Apalagi ketika harga minyak melambung diatas US 80 per barrel. Amerika Serikat sangat berkepentingan khsususnya kalangan bisnis yang bergerak di industri perminyakan dan kalangan elit politik di Amerika Serikat yang mendapatkan jatah uang dari kenaikan harga minyak tersebut.
Patrcia menulis: Saya bertemu dengan Jeffry Swartz, CEO Timberland yaitu perusahaan ritel dan manufaktur yang bernilai US $ 1,5 miliar. Menurut Swartz bekerja adalah hal yang penting tetapi membantu orang sama pentingnya. Dia memberi contoh Milton Friedman, pemenang Nobel, berkata bahwa satu-satunya tanggungjawab bisnis adalah menghasilkan uang kepada para pemegang saham. Tetapi ketika ada satu dari lima orang anak pergi tidur dengan perut kosong, saya tidak bisa menerima hal itu. Dunia ini membutuhkan Anda. Kemudian dia memberi contoh yang lain, kakek saya memiliki dua tujuan hidup yaitu memberi makan keluarganya dan menjalankan bisnis sepatu. Kesuksesan dan tanggung jawab berjalan bersama-sama. Filosogi Timberland adalah berprestasi dan berbuat baik. Perusahaan Timberland selama sepuluh tahun terakhir telah melampaui S&P 500, Nasdaq dan berbagai kompetitornya. Ini adalah seorang pria yang memliki kapitalisme gaya baru, yaitu bagaimana mendapatkan keuantungan dan kemudian beramal.
Pada saat ini perusahaan yang mempunyai tanggungjawab sosial berhasil meningkatkan kinerja keuangannya. Apkah hokum agama berlaku dalam dunia yang sangat kapitalis ini, ini adalah sebuah keajaiban. Bagi para penganut kapitalis tradisional memberikan uang untuk kepentingan sosial sama saja dengan membuang uang. Tapi tidak bagi para penganut kapitalisme modern, keuntungan yang telah diperoleh harus diamalkan sebagian karena hak itu merupakan tanggungjawab soial. Para penganut kapitalis modern merasa bahwa membantu masyarakat adalah sebuah tugas yang mulia. Megatrends 2010 mencatat studi pada tahun 2002 yang dilakukan oleh De Paul University menemukan bahwa Business Etchics 100 Best Citizens (Daftar pada tahun 2001) mengungguli semua S&P 500 sebanyak sepuluh persen. Studi De Paul tersebut melacak pengembalian total, pertumbuhan penjualan dan pertumbuhan keuntungan.
Ini membuktikkan bahwa perusahaan yang mempunyai tanggungjawab sosial kepada masyarakat berhasil mencapai pengembalian keuangan yang besar, yang sejajar dan sering mengalahkan pasar dan perusahaan lain yang sejenis. Morningstar, perusahaan pembuat rating keuangan terkemuka, meneliti berbagai pendanaan saham yang bertanggungjawab selama tiga tahun menemukan bahwa 21 persen telah menerima predikat bintang lima.
Anda tentu sering melihat salah satu acara talkshow yang paling terkenal dan ditonton lebih adri 40 juta orang di dunia, acara itu bernama The Oprah Winfrey Show. Pembawa acaranya Oprah Winfrey adalah orang yang sangat dermawan. Oprah sering mengajak para penontonnya untuk beramal dengan cara apa saja yang penting bagi dirinya adalah ketika kita telah mencapai kesuksesan didalam hidup maka hal yang terpenting dalam hidup kita adalah membantu orang lain yang membutuhkan. Didalam diri seorang Oprah Winfrey, spiritual adalah mencapai kesuksesan kemudian mengamalkan apa yang telah kita peroleh kepada orang lain. Oprah Winfrey melakukan program amal ruang aktivitasnya bukan hanya di Amerika Serikat tetapi sudah sampai ke Afrika. Oprah mendirikan banyak sekolah kepada masyarakt miskin di Afrika. Uang tersebut berasal dari sumbangan para penonton acaranya dan orang-orang terkenal yang dia hubungi untuk serta mau terlibat dalam program amalnya. Ketika badai Katrina menghancurkan kota New Orleans. Oprah langsung bertindak untuk mengumpulkan dana untuk membangun perumahan bagi para pengungsi. Oprah juga mengajak para selebritis Amerika untuk ikut serta didalam programnnya untuk membangun kembali pemukiman bagi para pengungsi New Orleans. Ajakannya disambut dengan sangat antusias, salah satu orang yang antusias adalah artis bank rock Jon Bon Jovi. Mengapa orang yang sangat terkenal seperti Oprah Winfrey melakukan banyak kegiatan amal untuk membantu orang lain? Hal ini tidak terlepas dari masa kecil Oprah yang berasal dari keluarga miskin sehingga secara pribadi dia telahmerasakan bagaimana menderitanya menjadi orang yang susah. Pengalaman pribadinya itu menjadikan Oprah menjadi orang yang sangat dermawan kepada orang lain yang miskin dan menderita seperti dia dimasa lalu supaya taraf hidup mereka bisa meningkat sehingga kehidupan mereka bisa bermanfaat bagi diri mereka sendiri dan orang lain.
Kalau dilihat dari perspektif yang sedang ngetrend saat ini adalah kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). Apa yang dilakukan Oprah secara pribadi juga secara langsung memperkenalkan citra perusahaan kepada masyarakt luas. Kegiatan amal CSR didalam perspektif Megatrends 2010 termasuk Ekonomi Spritual. Dalam Ekonomi Spritual ada hubungan yang jelas antara tanggungjawab sosial dan kegiatan ekonomi. Patricia Aburdene menulis Corporate Social Responsibility adalah cinta, keadilan, dan kebenaran yang berfungsi. Kegiatan CSR sebenarnya adalah pengembangan sebuahConsciousness. Trend Spirit dan Corporate Social Responsibility adalah dua sisi dari mata uang yang sama, dimensi dalam dan luar dari sebuah fenomena yang sama. Secara bersamaan arah baru ini akan mengubah atau menstransformasi kapitalisme di satu atau dua dekade mendatang. Efek dari sebuah ekonomi spiritual adalah mengubah kapitalisme menjaddi wajah yang lebih manusiawi. Kapitalisme bisa menjawab komunisme. Bahwa untuk mewujudkan kemakmuran tidak perlu adanya persamaan kelas seperti yang diajarkan oleh Karl Marx. Bahwa kelas kaya bisa membantu kelas Proletar (Kaum buruh). Negara perlu patner dalam menjalankan misinya untuk memakmurkan masyarakatnya, patner itu adalah kelas atas yang telah paham betul mengenai Ekonomi Spiritual. Ekonomi Spritual bisa menjawab tantangan paham komunis. Lihat kepada negara-negara bekas penganut paham komunis, dimasa lampau mereka tidak bisa membuat kemakmuran bagi masyarakatnya sendiri walaupun telah diterapkan persamaan kelas. Hal ini dikarenakan tugas negara yang sudah terlalu banyak sehingga perhatian untuk memakmurkan masyarakat dari segala lapisan menjadi tidak efektif.
Bagaimana kaitan Ekonomi Spritual dikaitkan dengan ajaran agama? Jawabannya didalam ajaran agama sudah terdapat ekonomi spiritual. Karena agama mengajarkan bahwa setiap individu sebgai umat Tuhan harus saling tolong menolong dan beramal satu sama lainnya. Ketika seorang individu menolong seseorang yang sedang membutuhkan atau beramal maka dia sedang melakukan ibadah kepada Tuhan. Ibadah tersebut merupakan sebuah nilai dalam spiritual individu tersebut kepada Tuhan. Jadi sebenarnya Ekonomi Spritual itu telah ada sejak dulu yaitu ketika umat manusia telah mengenal, memeluk dan mengamalkan ajaran agama. Zakat dalam agama Islam adalah sebuah amal didalam perspektif dunia modern zakat sama seperti kegiatan CSR karena didalamnya terdapat sebuah nilai, yaitu bagaimana menolong individu yang membutuhkan dan bagaimana kita membangun sebuah tanggungjawab kepada lingkungan sekitar kita.
Jadi hubungan antara spiritual dan uang adalah nilai. Dan nilai itulah yang bermanfaat bagi diri kita dan orang lain. Dalam Megatrends 2010, kita bisa melihat kenapa majalah Fast Company menjadi majalah bisnis terpesat perkembangannya dalam sejarah dan hanya memerlukan waktu tujuh tahun majalh tersebut berhasil mendapatkan pelanggan sebesar 725.000 orang dan 3,2 juta pembaca. Karena misi Majalh Fast Company adalah: Kami percaya bahwa kerja bukan sekedar selembar cek gaji, kerja adalah ekspresi tertinggi dari perwujudan pribadi yang sadar. Kami percaya bahwa tanggungjawab perusahaan tidak hanya berada pada kewajiban membuat untung dan kepada para pemegang saham tetapi juga kepada konstituen yang lebih besar termasuk para karyawan, konsumen, supplier, dan masyarakat. Ini adalah sebuah perspektif baru dalam dunia bisnis dan apa yang dilakukan oleh majalah Fast Company adalah sedang mengubah cara berbisnis.
Mengapa pada saat ini banyak perusahaan yang melakukan aksi Corporate Social Responsibility (CSR), apakah hanya sekedar sebuah tren baru atau memang sebuah kesadaran untuk bertanggungjawab? Jawabannya bahwa banyak perusahaan yang melakukan aksi CSR kepada masyarakat adalah untuk menunjukkan citra kepada masyarakat bahwa mereka peduli. Pada saat ini masyarakat sebagi konsumen sangat kritis terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan disekitarnya, kalau ada pertanyaan Kritis Dalam Hal Apa? Jawabannya adalah semua hal dari produk yang dibuay, laporan keuangan sampai kepada penanganan pengolahan limbah pabrik. Pada saat ini korporasi besar adalah salah satu kunci yang mempunyai peranan yang besar dalam mensejahterakan masyarakat disekitarnya. Mensejahterakan masyarakat bukan hanya tugas pemerintah semata-mata, aksi CSR yang dilakuakan oleh korporasi besar dapat membantu tugas pemerintah.
Perusahaan penyedia kopi Starbucks meminta kepada para petani untuk meningkatkan standar kualitas, lingkungan, sosial dan ekonomi, Starbucks akan memberikan status Preferred Supplier serta akan membayar tinggi hasil panen kopi yang akan dijual kepada Starbucks. Pada tahun 2004, perusahaan Starbucks berani membayar Rp 1,2 per pon berat untuk biji kopi mentah dan itu lebih tinggi dari harga pasar.
Warren Buffet, investor yang paling terkenal karena jeli melihat saham-saham yang mempunyai potensi untuk memberikan keuntungan di Wall Street dan hasilnya adalah dia menjadi orang terkaya nomer dua di dunia. Mempunyai rencana akan menyumbangkan saham Berkshire Hathaway dengan total nilai sekitar $ 31 Milyar kepada Yayasan yang dikelola oleh Bill Gates Foundation. Saat ini Warren Buffer mempunyai kekayaan senilai $46 Milyar. Melalui yayasan yang dimiliki oleh Bill Gates dan Melinda Gates. Warren Buffet ingin membantu orang-orang yang tidak punya.
Jim McNerney Mantan CEO 3M yang menjadi CEO diperusahaan Boeing dikenal sebagai manajer yang cerdas, pemikir strategis dan pemimpin sederhana. Tugas pertama McNerney di Boeing adalah membersihkan kultur manajemen yang buruk dan ternodai berbagai pelanggaran etika. Dia harus menyelamatkan reputasi Boeing yang telah hancur dan kehilangan kepercayaan akibatnya perusahaan Boeing hamper kehilangan kontrak-kontrak yang penting dengan Pentagon. Dengan kerja keras akhirnya perusahaan Boeing mampu memenangi kontrak yang bernilai $15 Milyar untuk terus memproduksi dan memasok Angkatan Udara Amerika Serikat produk Helikopter Chinook. McNerney juga terus mendukung proyek yang sedang berjalan yaitu proyek pesawat terbang komersial 787 Dreamliner yang berbahan serat karbon yang hemat bahan bakar dan bobotnya lebih ringan, pembuatannya akan selesai tepat waktu dan sesuai dengan anggaran.
Baik Starbucks, Warren Buffet dan Jim McNerney ketiganya memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana melakukan sebuah aktivitas bisnis yang bersih dan penuh etika yang tujuannya membangun citra yang positif dan hal itu akan menjadi panutan masyarakat sehingga perusahaan mereka dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.
Patricia A. Woert pada tahun 2006 memutuskan pindah Ke Archer Danileds Midland dari Chevron. Perusahaan yang berkedudukan di Decatur, IIlinois mempunyai asset sebesar U$ 36 Milyar yang menjadikannya sebagai produsen etanol terbesar di Amerika Serikat. Etanol adalah bahan bakar alternativ yang digunakan untuk mengganti minyak sebagai sumber energi. Di perusahaan Archer Daniels Midland, dia lebih banyak mengurusi mengenai penyelamatan lingkungan hidup. Kini dia banyak berkonsultasi dan berdiskusi dengan pakar lingkungan hidup Vinod Khosla untuk membahas pemanfaatan tentang plastic yang ramah lingkungan untuk menyatakan era baru bio-energi.
Telsa sebuah mobil sport yang bisa ngebut tanpa suara adalah sebuah mobil yang ramah lingkungan. Mobil ini menggunakan tenaga listrik mampu mencapai kecepatan dari 0 hingga 97 KM per jam hanya memerlukan waktu empat detik. Mobil ini dapat menempuh jarak sampai 402 KM sebelum di isi ulang tetapi mobil ini hanya diproduksi sampai 1000 unit.
Perushaan karpet Interface Inc, menerapkan efisiensi pada bahan baku. Mereka mencoba menerapkannya dengan sebutan remanufaktur: Ambil barang bekas, rakit kembali hingga menjadi barang baru. Produsen karpet Interface memakai bahan-bahan bekas Vinil untuk karpetnya. Dan itu bisa menekan biaya produksi sehingga dapat menghemat.
Perusahaan AIG, Dupont dan Duke Energy telah merancang perubahan iklim dalam rencana kerja jangka panjang mereka. Perubahan iklim yang ekstrim adalah bencana bagi kehidupan manusia, merusak kestabilan ekonomi dan bisnis. Wal-Mart sebagai Hypermarket terbesar di dunia akan membangun took-toko baru dengan konsumsi energi yang rendah. Perusahaan-perusahaan besar memandang bahwa pemanasan global berubah dari isu controversial yang mereka benci tetapi saat ini menjadi satu standar bagi banyak korporasi-korporasi besar. Para manajer juga sadar bahwa perusahaan dimana sekarang mereka bekerja harus berbuat sesuatu untuk menyelamatkan lingkungan. Dalam perspektif Megatrends 2010. penyelamatan lingkungan adalah tanggung jawab moral umat manusia.
Bahkan pada saat ini sejumlah investor lembaga perusahaan mendorong upaya untuk bertanggungjawab atas output Karbondioksida yang dihasilkannya karena akan memunculkan pengaruh negative pada neraca perusahaan. Sementara itu perusahaan-perusahaan asuransi mulai memasukkan masalah perubahan iklim ke dalam polis sebagai produk mereka. Untuk mengantisipasi bencana yang akan timbul dan lebih parah seperti banjir dan kebakaran hutan akibat perubahan iklim.
Muhammad Yunus seorang banker dari Bangladesh adalah seorang visioner yang luar biasa dan dapat mengubah peran bank dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin. Grameen Bank sebuah institusi perbankan yang dipimpinnya berhasil menyalurkan kredit kepada masyarakt miskin tanpa berorientasi mendapatkan laba kuncinya hanya satu yaitu sebuah kepercayaan. Muhammad Yunusdikenal sebagi Proffesor Ekonomi lulusan Vanderbilt University dan 31 tahun lalu kembali ke Bangladesh karena jiwanya terpanggil melihat saudara sebangsanya terjebak dalam jurang kemiskinan. Akhirnya dia mengumpulkan dana dan mendirikan Grameen Bank untuk menyalurkan kredit mikro yang diperlukan untuk membeli barang-barang produktif seperti alat tenun, bajak, lembu dan alat pancing untuk masyarakat miskin. Pada tahun 2006, Muhammad Yubus mendapatkan penghargaan nobel perdamaian dengan konsep kredit mikro yang berhasil mengangkat taraf hidup masyarakat miskin Bangladesh. Muhammad Yunus berhasil menciptakan ide yang brilian yaitu mendirikan sebuah institusi perbankan untuk membantu masyarakat luas.

Perusahaan Otomotif Jepang Dan Kesadaran Lingkungan
Semenjak tahun 2000-an. Toyota sebagai perusahaan otomotif terkemuka dunia telah mendesain dan memikirkan mobil yang bersahabat dengan lingkungan hidup. Toyota berhasil merancang konsepnya menjadi kenyataan. Teknologi itu disebut teknologi Hibrida yaitu penggabungan energi listrik dan bensin. Mobil dengan teknologi Hibrida diterapkan pada mobil Prius untuk pertamakalinya. Saat ini teknologi Hibrida juga diterapkan pada produk Toyota yang paling mewah yaitu Lexus, ada beberapa seri mobil Hibrida Lexus yang dikeluarkan Toyota yaitu Lexus LS 600h, Lexus GS450h, Lexus RX 400h. Mobil Hibrida Toyota ini menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama dan mesin bensin sebagai penggerak tambahan. Kenapa Toyota menerapkan teknologi Hibrida pada produk mewah unggulanya Lexus? Toyota ingin membuat citra yang positif dalam dunia otomotif sebagai perusahaan yang peduli kepada lingkungan hidup. Lexus, produk Toyota paling mewah tetapi Lexus bukanlah Toyota karena proses produksinya terpisah adalah produk yang disukai oleh konsumen di Amerika Serikat. Toyota ingin mengajak para pengguna mobil untuk lebih peduli kepada lingkungan. Lexus bukan hanya sebuah mobil mewah dan anggun tetapi juga peduli kepada lingkungan. Inilah citra baru yang ingin diperlihatkan oleh Toyota.
Di Toyota Safety Education Center, yang diberi nama mobilitas, di Fuji Speedway, Toyoya telah berhasil menciptakan mobilitas yang berkelanjutan dan keamanan. Mobilitas yang berkelanjutan dan keamanan mencakup beberapa bidang, yaitu lingkungan hidup (emisi, pemborosan/pembuanagan, dan penggunaan bio bahan bakar), energi (konsumsi), keamanan (kecelakaan dan cedera). Mobilitas (kemacetan dan akses yang sama), kualitas hidup (pekerja, konsumen dan masyarakat sekitar).
Honda juga mengikuti langkah Toyota, dalam mendain mobil yang ramah lingkungan. Honda mengeluarkan mobil Honda FCX yang menggunakan teknologi Fuel Cell. Mobil ini mereflesikan visi Honda mengenai mobil masa depan yang peduli dengan lingkungan hidup dan tidak bergantung kepada bahan bakar minyak, yang menghasilkan emisi air (H20) yang 100 persen aman bagi lingkungan. Ruang kabinnya sangat nyaman yang memadukan plastik transparan yang futuristil dengan bahan kulit dan kayu plastik. Penggunaan bio-polyster dari serat tumbuhan sebagai pelapis interior menambah kesan organic. Untuk kebutuhan ruang untuk tangki hydrogen yang besar dengan meningkatkan kapasitas tangki menjadi 5 kilogram hydrogen pada tekanan 5000 psi dengan jarak tempuh 563 KM. Perusahaan mobil Toyota dan Honda jauh lebih maju mengenai riset mobil yang ramah lingkungan jika dibandingkan dengan perusahaan mobil yang lain baik yang berasal dari Amerika dan Eropa. Karena selama ini kendaraan bermotor salah satu penyumbnag emisi gas CO2 yang menghasilkan polusi dan efek gas rumah kaca. Sehingga langkah dari perusahaan mobil Toyota dan Honda merupakan sebuah inovasi yang akan menyelamatkan lingkungan hidup.

Teknologi Keamanan
Semenjak kejadian tragedy WTC 11 September 2001, terjadi sebuah revolusi teknologi dalam pengembangan teknologi keamanan. Pemerintah Amerika Serikat telah mengeluarkan dana dalam jumlah yang besar untuk membeli peraltan keamanan yang baru yang telah dikembangkan oleh para pakar teknologi Amerika yang didukung oleh riset. Pemerintah Amerika tampaknya tidak mau kecolongan lagi apalagi ancaman terror yang senantiasa akan selalu mengintai. Setiap tahunnya ada lebih dari lima juta orang yang dating ke Amerika, baik melalui darat, laut dan uadara. Ada yang dating hanya untuk keperluan bisnis, wiasata, diplomatic maupun belajar. Tentu yang akan menjadi pihak yang paling bertanggungjawab adalah petugas keamanan. Petugas keamanan tentu akan merasa kerepotan mengurusi proses administrasi yang panjang dan melelahkan. Teknologi keamanan akan membantu kerja para petugas. Yang dikhawatirkan orang yang dating ke Amerika Serikat adalah mereka yang mempunyai niat jahat, seperti kelompok teroris. Teknologi keamanan tingkat tinggi sangat dibutuhkan untuk mencegah risiko seperti itu. Karena jika sampai terjadi kasus terorisme yang akan dirugikan banyak sekali, dari adanya korban jiwa, negara menjadi tidak aman sampai merusak kestabilan ekonomi negara. Sebuah perusahaan konsultasi teknologi yang berasal dari Bermuda dan berkantor pusat di Reston, Virginia, Amerika Serikat merancang sebuah sistem untuk pembuatan paspor dan visa berteknologi tinggi, serta database yang dapat melacak kapan dan dimana seseoarng akan menyeberangi perbatasan. Teknologi ini sangat bermanfaat untuk mengetahui orang-orang yang mencurigakan dan mempunyai niat jahat.
Akibat trauma serangan 11 September 2001. Pemerintah Bush telah merencanakan bujet atau anggaran keamanan pemerintah dan sector swasta akan mencapai $ 130 Milyar hingga $ 180 Milyar pada tahun 2010. Perhitungan anggaran itu dilakukan oleh Konsultan Homeland Security Research Corp, di San Jose, California. Pemerintah Bush sengaja menaikkan anggaran keamanan karena khwatir adanya serangan teroris susulan.
Disisi lain peningkatan anggaran adalah hal yang mutlak dilakukan. Tetapi pemerintah AS dibawah komando Presiden Bush harus tetap menghormati HAM di Amerika maupun diluar Amerika. Sebenarnya serangan teroris ke Amerika bisa dihindari jika Pemerintah Amerika mau menghargai perbedaan pandangan politik negara lain, khususnya di kawasan Timur Tengah yang syarat dengan konflik. Pemerintah Amerika terlalu memaksakan kapitalisme minyak untuk kepentingan Amerika sendiri tanpa memperdulikan kepentingan negara-negara Arab. Konflik Palestina-Israel sengaja terus dilestarikan untuk mempertahankan dominasi Amerika dikawasan ini sebagai kepentingan strategisnya. Seharusnya Amerika dalam mengolah sumber daya alam di Timur Tengah dengan cara pendekatan yang lebih adil dan manusiawi. Seandainya Amerika menempatkan kerjasama ekonomi yang adil dan tidak hanya melihat keuntungan Dollar tetapi juga ikut membangun kawasan Timur Tengah dalam pembangunan politik, ekonomi, pendidikan dan industri maka Amerika Serikat akan dianggap sebagai patner bukan musuh. Memang pemerintah Amerika telah banyak menyalurkan bantuan dana melalui USAID kepada negara-negara Arab namum hasilnya tidak maksimal karena mengandung prayasarat politik yang hanya menguntungkan Amerika sendiri. Jadi ancaman teroris ke Amerika muncul karena banyak pihak di negara-negara Timur-Tengah kecewa dengan peran politik kapitalis munyak Amerika di kawasan Timur-Tengah. Dalam kacamata Megatrends 2010, peran politik kapitalis minyak Amerika banyak merugikan negara-negara Arab. Sehingga mereka kecewa karena Amerika yang terlalu kapitalis tanpa memperdulikan negara-negara disekililingnya.
Data dari Majalah BusinessWeek 23 Juni 2004 mengutip dari Homeland Security Dept. Peningkatan dana keamanan pada tahun fiscal yang berawal pada Oktober 2004.
1. Keamanan perbatasan dan pelabuhan $13,7 Milyar/+6%. Perangkat pendeteksian dan pemantauan baru akan mencoba mendeteksi bahan peledak, bahan radioaktif, serta senyawa biologis diperbatasan. Melacak pendatang juga priroritas puncak. Perusahaan Accenture memenangkan kontrak untuk mengembangkan system pelacakan pendatang asing yang bisa bernilai hingga $ 10 Milyar selama 10 tahun.
2. Keamanan penerbangan $5,2 Milyar/+20%. Dana disalurkan ke arah generasi baru metode pendekteksian bahan peledak, pengenalan penumpang, dan barang bawaan berbahaya. Kenaikan pendanaaan juga akan dialokasikan untuk pelatihan petugas pengaman penerbangan.
3. Pelaksanaan keimigrasian $4 Milyar/+8%. Jumlah again pelaksana yang melakukan pencarian orang asing illegal dilokasi kerja akan digandakan penangkapan dan deporatsi pelarian illegal akan ditingkatkan, dan agen-agen juga akan menindak tegas pemalsu visa.
4. Pertahanan Biologis $ 2,6 Miliar/naik 176%. Sebagaian besar akan dialokasikan untuk Litbang vaksin guna melawan antraks, dan senjata biologis lainnya, serta system baru yang bisa memantau bakteri di udara kota-kota yang rawan ancaman.
5. Perlindungan infrastruktur $ 856 juta/naik 4%. Penelitian akan menilai kerentanan di fasilitas umum, bangunan umum, dan fasilitas transportasi, serta dalam dunia maya. Sebagaian besar pendanaan itu akan mengalir ke para konsultan.
Dimasa mendatang inovasi mengenai teknologi keamanan akan terus berkembang pesat serta dana untuk penelitian akan siap mengalir. Tetapi produk-produk sistem keamanan sangat berguna bagi masyarakat.

Bali
Pulau wiasata Bali menjadi tempat untuk koferensi perubahan iklim. Negara-negara yang hadir telah sepakat untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Semua negara yang hadir berharap pertemuan Bali dapat menghasilkan sebuah solusi yang mengikat semua negara. Kenapa Indonesia sangat berkepentingan menjadi tuan rumah pertemuan ini. Karena Indonesia adalah negara yang paling dirugikan akibat perubahan iklim. Banyaknya bencana alam yang menimpa Indonesia adalah bukti nyata akibat pemanasan global.
Panel Antar Pemerintah untuk Perubahan Cuaca (Intergovernmental Panel on Climate Change/IPCC) dalam laporannya The Physical Science Basis (2007) secara tegas menyebutkan bahwa peningkatan emisi gas rumah kaca yang menjadi factor utama penyebab pemanasan global yang disebabkan ulah manusia. Manusia secara sengaja dan langsung telah mengeksploitasi alam tanpa mau menjaga keseimbangannya.
Sir Nicholas Stern, Kepala Ekonomi dan Penasihat Pemerintah Inggris untuk Urusan Efek Ekonomi Perubahan Iklim dan Pembangunan mengungkapkan dunia akan membayar 1% dari total pendapatan bruto mereka setiap tahun untuk mengatasi dampak perubahan iklim. Jumlahnya sekitar 200 miliar Poundsterling atau sekitar Rp 3.400 Triliun (1Poundsterling: Rp 17.000).
Bencana alam yang melanda seluruh negara-negara di dunia sudah menjadi kenyataan. Bumi kita sudah tua dan rusak oleh ulah kita sendiri sebagai penyebab masalah. Pertemuan Bali mengenai konferensi perubahan iklim diharapkan dapat membicarakan masalah-masalah yang subtansial. Pertemuan Bali juga diharapkan setiap peserta konferensi membetikan sebuah solusi bersama untuk menciptakan komitmen bersama. Diharapkan Indonesia sebagai ketua dalam UNFCCC (United Nations Framework Conventioan on Climate Change) dapat berperan sebagai jembatan bagi seluruh negara. Indonesia juga dihadapkan kepada masalah yang pelik karena bencana alam yang terjadi sudah mengancam terhadap perekonomian nasional.
Bencana alam yang melanda seluruh negara-negara di dunia sudah menjadi kenyataan. Bumi kita sudah tua dan rusak oleh ulah kita sendiri sebagai penyebab masalah. Pertemuan Bali mengenai konferensi perubahan iklim diharapkan dapat membicarakan masalah-masalah yang substansial. Pertemuan Bali juga diharapkan setiap peserta konfenesi memberikan sebuah solusi bersama untuk menciptakan komitmen bersama. Diharapkan Indonesia sebagai ketua dalam UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change) dapat berperan sebagai jembatan bagi seluruh negara. Indonesia juga dihadapkan kepada masalah yang pelik karena bencana alam yang terjadi sudah mengancam terhadap perekonomian nasional.
Al Gore mantan Wakil Presiden Amerika Serikat dimasa Pemerintahan Bill Clinton mengkritik keras sikap negaranya yang tidak mau menandatangani Protokol Kyoto dan menunding menjadi penghalang utama tercapainya berbagai kesepakatan dalam konferensi PBB mengenai perubahan iklim di Bali. Menurutnya negara saya, Amerika Serikat, pada prinsipnya bertanggungjawab atas rusaknya kemajuan di sini. Kita semua tahu itu, yang langsung disambut tepuk tangan panjang sekitar 600 orang.
Anda bisa marah dan frustasi, kemudian mengarahkannya ke Amerika Serikat, atau membuat pilihan kedua, membuat keputusan untuk maju dan melalui semua penyusunan kalimat yang perlu dilakukan dengan tetap memberikan ruang kosong di dalam dokumen Anda. Dan tarulah catatan kaki, sebutkan bahwa dokumen ini belum lengkap, tetapi kami akan terus bergerak maju, ujarnya (Kompas, 14 Desember 2007).
Menurut Sekteris Eksekutif UNFCCC Yvo de Boer mengatakan bahwa hal yang paling sulit untuk disepakati adalah mengenai negosiasi mengenai transfer teknologi. Ini adalah permasalahan yang pelik karena negara-negara berkembang kesulitan membujuk negara-negara maju untuk transfer teknologi Negara Berkembang juga mengalami keterbatasan dana untuk pengadaan teknologi.
Hasil pertemuan Bali telah meletakan dasar yang cukup kuat mengenai aturan baru mengenai penyelamatan lingkungan walaupun belum bisa menyelesaikan semua persoalan yang ada. Tapi harus kita akui ini adalah sebuah kemajuan yang besar sebagai langkah awal penyelamatan lingkungan.

Kapitalisme Negara
Kapitalisme negara. Ini yang akan menjadi tren pada saat ini dan dimasa yang akan dating. Hal ini terjadi disebabkan oleh berlimpahnya uang dari surplus cadangan devisa, neraca perdagangan yang profitable, jumlah tabungan dan dana pensiun di dalam negeri, bagi negara pengekspor minyak uang didapatkan dari keuntungan devisa yang terus bertambah akibat harga minyak yang terus-menerus melambung. Lembaga-lembaga investasi pemerintah (Sovereign Wealth Funds/SFWs) sengaja didirikan oleh pemerintah sebagai unjuk tombak persaingan dalam investasi internasional. Lembaga investasi pemerintah mengincar perusahaan-perusahaan strategis yang menjanjikan keuntungan besar. Negara-negara yang sedang booming perekonomiannya seperti China, Singapura, Kuwait, Arab Saudi, Malaysia, Norwegia akan terus memburu asset-aset penting di luar negeri dengan tujuan terus memperluas ekspansi global dengan mendapatkan keuantungan yang besar. Mereka dalam menanamkan investasi tidak pernah memperdulikan masalah ideology negara yang berbeda yang jelas adalah keuntungan yang harus didapat.
Jangkuan bisnis SFWs memiliki jangkuan yang lebih luas. Menurut para analis dari Morgan Stanley, Merrill Lynch, dan Peterson Institute pada tahun 2007 nilai asset SFW diseluruh dunia sekarang ini berjumlah antara 1,5 triliun dollar AS sampai 2,5 triliun dollar AS. Ini membuktikkan bahwa manajemen dan dana yang dimiliki oleh SWF adalah investasi jangka panjang ketimbang Hedge Fund yang hanya berorientasi kepada keuntungan jangka pendek dan lebih banyak bermain di bursa saham. Sedangkan SWF diatur dengan strategi manajemen jangka panjang. Sehingga keuntungan yang ingin diperoleh tidak hanya ingin sesaat. Bahkan SWF juga ingin menjadi pemain utama didalam industri selular di Indonesia dengan membeli Saham Telkomsel dan Indosat sehingga penentuan tariff percakapan telepon selular diatur oleh Temasek bukan oleh harga pasar.
SWF akan terus melakukan ekspansi global. Mereka akan terus leluasa meraih jangkuan global untuk memutar kelebihan cadangan devisa. Kiprah mereka membuat dunia tersentak. Tetapi ditengah gaun dari pasar bebas yang sangat luar biasa ini. Terdengar sentiment negatif yang mempersoalkan mengenai sepak terjang mereka. Negara-negara maju di kawasan benua Eropa, banyak dari perusahaan-perusahaan BUMN tidak siap dengan persaingan SWF. Bahkan melahirkan sentiment anti mereka. Dunia kapitalisme yang bebas ini memberikan ruang kepada siapa saja untuk menjadi pemain yang kuat tetapi ironisnya negara-negara maju di Eropa Barat dan Amerika Serikat terlihat tidak siap untuk menghadapi persaingan ini walaupun mereka sendiri adalah pelopor dari ideologi pasar bebas.
Pemerintah dari masing-masing negara itu sangat khwatir dengan sepak terjang SWF. Yang harus diingat adalah roda kehidupan di dunia berputar. Negara-negara berkembang pada saat ini akan terus mengejar ketertinggalannya dari negara-negara maju khususnya dalam bidang ekonomi dan teknologi. Di Negara-negara Barat bahwa yang menduga SFW mempunyai tujuan politis dan arah yang sulit ditebak. Mereka menuduh bahwa SFW dalam pengelola keuangan tidak dikelola secara transparan. SFW mempunyai dana yang lebih besar dari Hedge Fund besarnya bisa dua-tiga kali lipat. Ini sangat membahtyakan perekonomian nasional dan menciptakan destablisasi pasar. Amerika Serikat sebagai kampium pasar bebas juga meminta IMF dan Bank Dunia untuk membuat aturan yang ketat mengenai sepak terjang SFW. Investor global pada saat ini bukan hanya berasal dari Amerika Serikat dan Eropa tetapi lebih merata, yaitu pemain baru dari Asia. Amerika Serikat beruapaya menghalangi akuisisi oleh China Investment Corporation (CIC) untuk membeli perusahaan energi California, Unlocal. Sikap proteksionis ini sangat disesalkan. Karena Amerika Serikat sama sekali tidak konsisten dengan pendirinnya sebagai kampium pasar bebas.
Pengakuan dari Wakil Keuangan AS Urusan Internasonal David McCormik mengatakan bahwa SWF ikut membantu memperkuat dan menggerakan perekonomian AS, memperbaiki produktivitas, telah menciptakan lapangan kerja baru, mendorong terjadinya kompetisi kerja yang lebih fair, membantu pemerintah Amerika Serikat mendapatkan dana murah untuk membiayai defisit transaksi berjalan dalam skala besar. Sebenarnya dengan investasi para SWF di Amerika telah banyak membantu pemerintah Amerika dalam menghimpun dana. Data kementerian keuangan AS mencatat terjadi peningkatan kepemilikan asset oleh pihak asing yang mencapai 1,9 triliun dollar AS pada tahun 2006. peningkatan untuk tahun 2007 bisa mencapai 5 triliun dollar AS. Investasi asing telah berhasil menciptakan lapangan kerja sebesar 10 juta dan menyumbang 13 persen belanja riset dan pengembangan (R&D). Sebenarnya apa yang ditakutkan oleh pemerintah AS dengan menggunakan sentiment nasionalisme adalah cara yang salah. Amerika Serikat sudah tidak dapat lagi menjadi pemain tunggal dalam percaturan keuangan internasional karena pada saat ini setiap negara akan saling membutuhkan satu sama lainnya.
Ekonom Senior dari Harvard University, Kenneth Rogoff, mengatakan bahwa SFW mempunyai dana yang sangat besar dan melimpah sehingga wajar mereka berani melakukan risiko yang lebih besar dan jauh lebih menguntungkan. Pernytaan ini dia katakana dalam sebuah testimony di Kongres mengenai peran SWF. Selama ini surplus dana yang didapat diinvestasikan di Bank Sentral atau ditanam di surat-surat utang di negara-negara maju di Amerika Serikat. Uni Eropa yang dianggap sebagai tempat paling aman. Tetapi ternyata dalam melakukan ekspansi bisnis mereka harus melakukan langkah ekspansi yang lebih besar dengan dana yang berlimpah mereka memburu asset-aset yang lain untuk berinvestasi lagi sehingga bisa mendapatkan keuantungan yang lebih besar. Sebenarnya SWF bisa menyelamatkan sebuah negara yang sedang mengalami defisit anggaran untuk biaya pembangunan dan penyediaan lapangan kerja. SWF hanya untuk kegiatan bisnis investasi. Pemerintah bisa mengaturnya bagaimana mendapatkan keuntungan kemudian membanginya secara adil.

Barack Obama Simbol Permersatu Rakyat AS Dalam Sejarah Politik Modern Amerika Serikat

Ketika tulisan ini sedang dibuat kita masih belum tahu siapa calon presiden baik dari Partai Republik dan Partai Demokrat yang akan menjadi presiden Amerika Serikat. Tetapi Amerika Serikat pada saat ini mempunyai calon presiden yang punya potensi sebagai figur pemersatu rakyat Amerika yaitu Barrack Obama dari Partai Demokrat. Barrack Obama yang mempunyai darah Afrika (Kenya) dan Anglo Saxon (Amerika) adalah figur yang sangat menarik. Di dalam setiap kampanyenya sebagai calon presiden Amerika Serikat, dia selalu mengatakan kepada para konstituennya mengenai arti pentingnya sebuah persatuan nasional hal ini disebabkan pada saat ini Amerika Serikat mempunyai pandangan nasionalisme yang terbelah menjadi dua, karena disebabkan oleh pandangan mereka mengenai Perang Irak. Barrack Obama selalu mengatakan bahwa rakyat Amerika itu satu bukan terdiri dari orang yang setia kepada Partai Republik atau orang yang setia kepada Partai Demokrat. Ini yang membuat para pemilih khususnya dari kalangan pemilih berusia muda, Barrack Obama bagi kebanyakan orang di Amerika telah banyak memberikan ide-ide baru yang berbeda dari kebanyakan para politisi Amerika pada saat ini.
Di dalam setiap pidato kampanyenya dia mengetahui secara jelas dan mendetail apa yang sedang dialami oleh rakyat Amerika Serikat pada saat ini. Walaupun Amerika Serikat pada saat ini adalah negara super power, tetapi jurang pendapatan antara penduduk kelas menengah dan kelas menengah atas sangat besar. Bahkan kualitas hidup kebanyakan rakyat Amerika Serikat mengalami penurunan di bidang kesehatan dan pendidikan dibawah pemerintahan Bush dan hal ini adalah sebuah realitas yang sangat kontras dibandingkan pada masa pemerintahan sebelumnya pada pemerintahan Bill Clinton ketika negara Amerika Serikat mengalami masa keemasan di bidang ekonomi.
Saingan terberat Obama adalah Senator Hillary Clinton, walaupun pada Kaukus Iowa, Barrack Obama menang dan posisi Hillary Clinton pada urutan ketiga dan Senator John Edward pada urutan kedua. Tetapi hal yang harus di ingat hanya ada dua persaingan yaitu Barack Obama Vs Hillary Clinton dalam setiap kampanye setiap pemilihan calon Presiden Amerika. Ingat bahwa perjalanan masih sangat panjang dan masih akan banyak kejutan yang akan terjadi walaupun diatas kertas perhitungan survei Barrack Obama dan Hillary Clinton yang masih sangat diunggulkan.
Dukungan Senator John Kerry kepada Barack Obama adalah dukungan yang positif bagi perjalanan karir politik Barack Obama untuk terus berjuang mendapatkan kursi presiden Amerika Serikat. Menurut John Kerry, Barack Obama adalah figur yang paling mempu membawa persatuan bagi Amerika. “Lebih dari siapa pun juga Barack Obama mampu membantu negara kita membalik halaman dan menggerakan Amerika dengan persatuan dan mengakhiri perpecahan yang kita hadapi, ujar Senator Kerry. Dukungan Kerry sangat penting bagi Obama karena diperkirakan dukungan bagi Obama akan terus meningkat, Kerry juga mempunyai tiga juta pendukung setia dan pada saat ini mereka masih terus berhubungan melalui e-mail dengan Kerry yang diharapkan oleh kubu Obama adalah tiga juta pendukung Kerry akan memilih Obama yang tentunya ini adalah suatu hal yang dibutuhkan oleh Obama untuk meningkatkan popularitasnya.
Walaupun Barack Obama adalah kandidat presiden Amerika Serikat yang berkulit hitam, tetapi Obama mempunyai pemikiran yang brilian. Ketika dia sedang berpidato diatas panggung, orang melihatnya sebagai seorang sosok yang luar biasa dengan kata-katanya yang menyentuh. Dia mempunyai karisma seperti mantan presiden Amerika Serikat John F. Kennedy. Sama seperti John F. kennedy, figur Obama sangat dibutuhkan ketika negara ini sedang mengalami masa yang sulit karena dia adalah figur yang berani menawarkan perubahan. Dia juga bisa dikatakan mempunyai figur seorang George Washington. Karena mempunyai nilai-nilai kemanusiaan dan persatuan. Dia Obama hanya ingin melihat wajah sejati Amerika kepada bangsa Amerika, yaitu nasionalisme-kemanusiaan. Dia sadar bahwa tujuan utama bangsa ini dalam tahun-tahun pertama setelah kemerdekaan adalah menegakan persatuan, menegakan supremasi hukum, memberikan kemakmuran untuk rakyatnya. Amerika pada awalnya dirancang sebagai negara yang menghormati nilai-nilai kemanusiaan. Tetapi setelah Perang Dunia II, negara ini adalah penghancur dari nilai-nilai kemanusiaan karena ingin menunjukkan wajah arogansi dari sebuah kekuasaan negara superpower. Padahal hal seperti itu tidak diinginkan oleh para pendiri bangsa Amerika, seperti George Washington, Benjamin Franklin ataupun Thomas Jefferson. Obama ingin menyampaikan pesan itu yang telah dilupakan oleh banyak orang.
Obama juga ingin mengembalikkan citra Amerika dalam kancah politik internasional yang sudah hancur. Dia berjajnji pada awal masa jabatan sebagai presiden Amerika jika terpilih akan menarik pasukan Amerika yang berada di Irak. Karena dia menilai bahwa apa yang dilakukan oleh Pemerintahan Bush dalam melakukan invasi ke Irak adalah hal yang sia-sia. Perang Irak adalah perang yang sangat tidak berguna dan banyak menghabiskan banyak energi negara Amerika. Hal ini menyebabkan Pemerintahan Bush tidak berkonstrasi penuh dalam membuat kebijakan-kebijakan domestic yang pro rakyat. Dia Bush lebih perhatian bagaimana memburu Osama Bin Laden ketimbang menyediakan akses Asuransi Kesehtan bagi golongan miskin masyarakat Amerika dimana biaya kesehatan sangatlah mahal saat ini di Amerika Serikat. Pemerintah Bush adalah sebuah ironi walaupun berkuasa tetapi tidak mampu membaca para yang yang diinginkan oleh rakyatnya. Bush adalah seorang presiden tetpai hati dan kupingnya tidak bisa mendengarkan jeritan rakyat Amerika yang sedang susah. Walupun Amerika adalah negara mapan secara ekonomi, tetapi orang miskin juga banyak dan tidak mempunyai banyak akses, sehingga mereka bekerja sebagai pengedar obat bius, khususnya bagi kalangan komunitas kulit hitam dan komunitas latin.
Obama juga akan menjadi sebuah legenda sejarah seandainya dia nanti terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat. Karena dia adalah seorang dari segelintir Afro-American yang mampu menembus dominasi kulit putih dalam kancah politik Amerika. Dia juga adalah lulusan dari Fakultas Hukum Harvard University. Otaknya tentu sangat encer. Sama seperti ayahnya yang juga lulusan Fakultas Ekonomi Harvard University. Di Harvard University, Obama mempelajari banyak hal mengenai masalah hukum, sosial, ekonomi dll. Sehingga menjadikan dirinya lebih terbuka untuk menyerap berbagai macam pemikiran. Selama bertahun-tahun dia mempelajari realitas kehidupan sosial masyarakt Amerika, belajar mengenai masalah apa yang dihadapi oleh orang Amerika dan bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Lingkungan sosial adalah laboratorium praktek bagi seorang figur yang bernama Obama. Dia sudah pernah mengalami hidup yang pahit dan bagaimana menjadi orang yang susah dan dia sudah mengalami bagaimana mengubah nasib menuju perjalanan yang lebih baik. Dia Obama adalah orang yang yakin akan impian untuk menjadi kenyataan walaupun untuk mewujudkannya sangat dibutuhkan perjuangan yang sangat ekstra keras tanpa lelah. Maka ketika dia mengumumkan bahwa dirinya akan menjadi Calon Presiden Amerika untuk Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2008, rakyat Amerika tersentak dan para politisi senior meremehkannya. Tetapi sosok Obama adalah orang yang sangat matang baik pemikiran maupun jiwa. Hanya waktu yang membuktikannya dan hanya sejarah yang memutuskan dia adalah orang terbaik dari terbaik di Amerika Serikat untuk memimpin sebuah negara adidaya yang sangat berkuasa di muka bumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: