Kompetensi Global Septo Indarto

11 Des

Kompetensi Global
Septo Indarto

Ketika internet mulai berkembang menjadi alat pencari informasi, dunia sedang mengalami perubahan besar. Internet menjadikan akses informasi demikian terbuka dan tersebar diseluruh dunia dan dalam perkembangannya internet menjadi alat komunikasi dan juga alat untuk mencari informasi. Internet terus berkembang dan menyatukan dunia menjadi lebih kecil dan informasi yang kita dapat menyebar luas ke seluruh penjuru dunia dan melewati batas-batas antar Negara. Saat ini warga dunia bisa melihat perkembangan yang terjadi di seluruh dunia melalui internet, apa yang terjadi di Amerika dan di Eropa, warga dunia bisa membaca dan menontonnya di internet dengan biaya yang terjangkau.
Internet akan berkembang terus, perkembangan itu menyebabkan perubahan cara kita bekerja. Dunia yang semakin mengecil membutuhkan para talenta yang mempunyai kompetensi global dan mampu berkolaborasi. Kemampuan berbahasa Inggris yang bagus dan juga penguasaan teknologi merupakan salah satu cara untuk peningkatan kompetensi individu yang mempunyai talenta untuk mengembangkan kompetensinya. Ini tentunya membutuhkan kerja keras dan proses waktu. Tetapi kita semua harus melakukan hal itu. Individu saat ini harus melihat dunia dengan cara pandang yang berbeda, bahwa setiap tempat di dunia adalah tempat untuk berkarya, selain itu kita harus mempunyai kemauan belajar yang kuat dan mampu beradatapsi dengan lingkungan global, artinya dimanapun kita tinggal dan bekerja di seluruh dunia kita mampu mengembangkan kompetensi kita dan menunjukkan bahwa kita mempunyai skill yang mampu memberikan kontribusi besar bagi perusahaan. Abad 21 telah membawa perubahan besar bagi kehidupan manusia, lingkungan kita terbentuk sekarang bukan lagi lingkungan lokal yang hanya mengetahui lingkungan sekitar kita saja tetapi kita terbentuk dengan lingkungan global, dimana setiap orang saat ini terhubung dengan teknologi satu sama lain, kemudian berinteraksi dan melakukan kolaborasi bersama untuk menciptakan karya yang belum pernah terbanyangkan sebelumnya.
Kolaborasi akan menjadi sebuah kebutuhan, saat ini tidak satu pun perusahaan yang mampu mandiri menciptakan sebuah inovasi produk tanpa adanya kolaborasi. Contohnya mobil buatan Jepang dan mobil buatan Eropa saat ini dirakit dengan menggunakan komponen dari Negara-negara lain seperti Taiwan, India, China dan Indonesia untuk menghasilkan sebuah produk mobil baru dari tahap desain sampai tahap proses produksi dan menjadi produk jadi yang siap dipakai. Begitu juga dengan produk pesawat AirBus dan produk pesawat Boeing menggunakan ribuan komponen yang dirakit di Negara-negara lain untuk menciptakan sebuah produk, hal ini sangat bagus karena akan membuka kesempatan kerja kepada ribuan tenaga kerja di Negara-negara lain dan juga yang tidak kalah penting adalah transfer teknologi yang akan menciptakan kesetaraan kualitas sumber daya manusia.
Saat ini sangat dibutuhkan para pekerja yang mempunyai kompetensi global, artinya seorang individu mampu bekerja sesuai dengan skill yang dimiliknya di Negara mana saja, hal yang terpenting adalah kemampuan bahasa Inggris dan juga keahlian yang dimiliki. Perpindahan para intelektual yang dimiliki oleh para pekerja adalah sebuah trend pada abad ke 21, mereka akan menjual skill mereka ke berbagai perusahaan global diseluruh dunia, ini adalah saat yang tepat bagi perusahaan global untuk merekrut mereka menjadi pegawai mereka untuk menciptakan produktivitas kerja perusahaan saat ini dan juga dimasa mendatang.
Teknologi akan menjadi kunci sukses bagi penerapan kinerja team work saat ini, dunia akan terus mengalami perubahan dan ide-ide baru yang radikal akan mengubah gaya kerja kita dan juga mengubah kehidupan masyarakat. Teknologi akan terus berkembang dan tidak pernah berhenti, teknologi akan mengubah kehidupan kita semua. Teknologi juga akan mendistribusikan ide-ide dari seorang innovator ke seluruh penjuru dunia melalalui jaringan internet. Saat ini internet sangat mudah diakses melalui smartphone, pc tablet, pc desktop dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: