Pekerjaan Kita DiMasa Depan Septo Indarto

8 Des

Pekerjaan Kita DiMasa Depan
Septo Indarto

Pekerjaan kita dimasa depan? Itulah kalimat yang Anda akan tanyakan, pekerjaan manusia akan berubah banyak dalam cara bekerja, perkembangan ilmu pengetahuan telah menyebabkan perubahan tersebut. Kita bekerja dalam fase perubahan menuju cara-cara baru, teknologi telah membantu kita supaya kita bekerja lebih pintar dan lebih efisien. Dalam ekonomi baru (the new economy) manusia akan dibantu oleh robot dalam menjalankannya, robot menjadi sumber daya yang vital untuk digunakan untuk berbagai macam pekerjaan. Semenjak Toyota-Honda-Sony memperkenalkan revolusi teknologi robot ke dunia, robot menjadi lebih pintar dan deprogram untuk memahami kehidupan umat manusia. Di masa mendatang sebagai contoh, seorang arsitek merancang bangunan dalam komputer yang menghubungkan antara komputer dan robot, maka setelah rancangan bangunan itu selesai robot yang akan melakukan pekerjaan yang telah didesain hingga selesai, sementara itu arsitek tersebut hanya menjadi seorang supervisor yang akan mengecek hasil kerja robot. Seorang dokter di rumah sakit akan memerlukan bantuan robot untuk mengecek setiap kondisi pasien dan meminta data kepada robot untuk memonitor perkembangan kondisi pasien dari waktu ke waktu. Robot dapat mengecek kondisi pasien setiap saat, seperti kondisi pemulihan pasien menunjukan kemunduran atau kemajuan, memberi obat kepada pasien yang diawasi oleh dokter atau perawat. Robot akan lebih dikembangkan untuk mengerti kondisi kejiwaan manusia dan membantu tugas-tugas manusia.
Dimasa mendatang setiap individu harus pintar membuat konsep dalam melakukan pekerjaan, jadi setiap individu harus mampu mendesain apapun yang mereka kerjakan, dalam hal ini industri kreatif akan menjadi penggerak bagi gerakan New Economy. Kita bekerja untuk menciptakan desain konsep dan robot yang akan melakukannya. Salah satu contoh yang paling sederhana adalah konsep dari percetakan 3 Dimensi (3D Printing), kita mengerjakan berbagai macam ide yang dituangkan dalam sebuah desain dan kemudian pekerjaan kita dicetak dalam bentuk 3 dimensi oleh sebuah mesin printer.
Pekerjaan Seperti:
1. Biotech
2. Infotech
3. Nanotech
4. Energy
5. Education
6. Healthcare
7. Engineering
8. Etc
Semua pekerjaan itu membutuhkan robot sebagai penggerak untuk mengerjakan konsep-konsep yang kita buat. Manusia diberikan kecerdasan luar biasa dan tanpa batas, sementara robot diberikan pemahaman mengenai pekerjaannya yang telah deprogram oleh kita.
Disisi lain pekerjaan yang bayak dilakukan oleh robot akan mengurangi banyak kesempatan kepada manusia dalam memperoleh pekerjaan. Robot memang sangat praktis dan hal itu harus dipikirkan tentang deregulasi tenaga kerja yang akan diterapkan dalam era ekonomi baru. Robot akan terus memainkan peranan penting dalam industri manufaktur. Industri manufaktur akan lebih memerlukan produktivitas robot untuk menciptakan efisiensi pekerjaan dalam jumlah besar. Ini akan terjadi saat ini dan itu merupakan perkembangan new economy.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: