Bagaimana Meningkatkan Kompetensi Diri Di Era MEA Septo Indarto

30 Nov

Bagaimana Meningkatkan Kompetensi Diri Di Era MEA
Septo Indarto

Arti kata Kompetensi menurut (Spencer & Spencer, 1993:9) adalah Kompetensi merupakan suatu karakteristik yang mendasar dari seseorang individu, yaitu penyebab yang terkait dengan acuan kriteria tentang kinerja yang efektif. Kompetensi berkaitan erat tentang kinerja. Jika kompetensi kita baik maka kinerja kita akan baik dan mencapai hasil yang bagus, tetapi jika kompetensi kita buruk maka kinerja kita akan buruk dan menghasilkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan. Acuan kriteria (criterion-referenced) berarti bahwa kompetensi secara aktual memprediksi siapa yang mengerjakan sesuatu dengan baik atau buruk, sebagaimana diukur oleh kriteria spesifik atau standar. Anda saat ini akan bertanya kepada diri Anda apakah Anda mempunyai kompetensi yang baik dan buruk ketika era Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 diberlakukan serentak diseluruh kawasan ASEAN. MEA mempunyai ruang yang lebih luas karena hal ini menyangkut bukan hanya mengenai masalah perdagangan saja tetapi juga mengenai mobilitas manusia yang tinggal di kawasan ASEAN. MEA membuka kesempatan yang lebih luas dan lebih besar kepada setiap orang untuk bekerja dan berkarya di Negara-negara ASEAN. Kualitas sumber daya manusia yang unggul akan menciptakan kompetensi yang baik untuk mampu bersaing dalam era MEA. Salah satu standar kompetensi yang akan dilihat adalah kemampuan bahasa Inggris bagi setiap individu dalam berkomunikasi dan menulis. Karena bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa komunikasi dalam dunia bisnis. MEA lebih banyak kearah prospek di bidang bisnis. Oleh karena itu jika jika sebuah perusahaan akan menciptakan jaringan ke Negara-negara ASEAN dan membuka kantor di seluruh Negara ASEAN, maka semua tingkat level harus mampu berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.
Kita harus membuat SOWT terhadap diri kita terlebih dahulu, Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Kita harus mengetahui terlebih dahulu apa keunggulan diri kita dan apa kelemehan diri kita. Jika kita telah mengetahui kelebihan diri kita, misalnya kitaadalah seorang programmer komputer maka kita dapat meningkatkan keterampilan di bidang program dengan mengikuti kursus dan seminar mengenai pemograman, hal itu merupakan langkah positif untuk meningkatkan kompetensi kita. Jika kelemahan kita adalah kita tidak mempunyai kemampuan berbahasa Inggris baik untuk komunikasi dan menulis maka kita harus belajar untuk mencapai standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan kita bekerja.
Intinya adalah kita harus mempersiapkan diri kita dan kita tidak bisa bertindak setengah-setengah, karena ini menyangkut masa depan diri kita, kemana kita akan melangkah dan di tempat mana kita akan berkerja dan berkarya. MEA harus dilihat sebagai sebuah kesempatan yang besar dan bukan sebagai ancaman. Jika kita melihat sebagai sebuah peluang makan kita akan memotivasi diri kita untuk meningkatkan kompetensi diri untuk mampu bersaing dengan para professional dari Negara-negara ASEAN yang lainnya. Tetapi jika kita lihat sebagai ancaman maka kita akan melihat MEA sebagai hal yang menakutkan dan akan membuat kita tidak percaya diri dalam menghadapi kompetisi dari para professional Negara-negara ASEAN yang lainnya. Pendidikan yang baik akan menciptakan sumber daya manusia yang baik dan siap beradatapsi dimana pun mereka akan tinggal dan bekerja. Mengenal potensi Negara-negara ASEAN sangat diperlukan karena itu adalah tempat kita untuk bekerja dan berkarya untuk mendapatkan penghasilan untuk menunjang kehidupan kita saat ini dan dimasa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: