MEA Adalah Peluang Untuk Suskes Septo Indarto

14 Nov

MEA Adalah Peluang Untuk Suskes
Septo Indarto

MEA harus dilihat sebagai sebuah peluang untuk memenangkan kompetisi dibidang perdagangan. Potensi MEA sangat besar sekali. Ini adalah sebuah peluang besar yang harus dimanfaatkan untuk melihat besarnya potensi di Negara-negara anggota ASEAN. Singapura sampai saat ini mejadi salah satu kiblat bisnis dunia, Malaysia perekonomiannya maju, Thailand mempunyai pasar yang bagus untuk industri pertanian dan perkebunan, Philipina mempunyai pasar yang cukup besar, Vietnam sedang mengalami booming ekonomi, Myanmar menjadi salah satu daerah wisata. Para pengusaha Indonesia harus berani melebarkan sayap untuk merebut pasar ASEAN. Pengusaha kita harus lebih aktif berpromosi dan melihat potensi ekonomi di masing-masing Negara anggota ASEAN.
Indonesia adalah Negara besar dengan jumlah penduduk 250 juta dan sedang mengalami booming industri kreatif. Ini adalah sebuah kekuatan yang sangat berharga untuk memenangkan persaingan di pasar ASEAN. Produk-produk Indonesia sudah mempunyai kualitas yang sangat bagus, sekarang saatnya aktif berpromosi. Industri kreatif akan memainkan peranan besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dimasa mendatang. Ini adalah peluang besar jangan sampai kita terlambat dan bingung untuk melihat potensi pasar yang besar dikawasan Asia Tenggara.
MEA 2015 dibentuk bertujuan untuk meningkatkan stabilitas perekonomian dikawasan ASEAN. Perekonomian ASEAN yang terus tumbuh menciptakan pertumbuhan industri dikawasan ASEAN. Kawasan ASEAN telah tumbuh menjadi salah satu kawasan yang paling dinamis pertumbuhannya di dunia.
Kawasan ASEAN didukung oleh pertumbuhan:
1. Industri Manufaktur
2. Industri Keuangan
3. Industri Pariwisata
4. Industri Pertanian
5. Industri Kreatif
Daya saing Indonesia juga harus terus diperbaiki dan ditingkatkan. Pemerintahan baru Jokowi-JK mempunyai komitmen yang kuat untuk meningkatkan daya saing Indonesia di kancah global. JK sebagai Wakil Presiden terus menghimbau masyarakat Indonesia untuk memakai produk dalam negeri. Penggunaan produk dalam negeri akan meningkatkan kapasitas produk-produk Indonesia untuk diproduksi dan dipasarkan dan mampu bersaing di pasar lokal.
Pemerintah juga harus aktif memberikan informasi mengenai potensi pasar dimasing-masing Negara anggota ASEAN. Karena itu akan meningkatkan persaingan Indonesia dalam memasuki pasar setiap Negara anggota ASEAN. Informasi itu harus diberikan secara teratur, karena para pengusaha akan mempersiapkan strategi bisnis untuk menembus pasar di setiap Negara anggota ASEAN. Pemerintah harus menyediakan informasi yang lengkap kepada para pengusaha, dari mulai perizinan di Negara yang bersangkutan, bagaimana merekrut pegawai lokal di Negara yang bersangkutan, jumlah produksi yang harus dilakukan, cara memasarkan produk perusahaan Indonesia di Negara yang bersangkutan. Pemerintah Indonesia juga harus menjadi patner bagi para penguasaha Indonesia, memberikan bantuan seperti membantu mengurus ijin usaha di Negara anggota ASEAN. Sehingga kelengkapan dokumen usaha lengkap dan mempunyai legalitas hukum yang kuat.
MEA 2015 harus mempunyai persiapan yang matang karena ini menyangkut daya saing dan juga kredibilitas Negara. Kita harus berani untuk bersaing dengan Negara-negara anggota ASEAN dalam MEA 2015. Karena ini adalah langkah awal untuk menjadi raja dikawasan Asia Tenggara, kemudian Asia dan selanjutnya adalah dunia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: