Selamat Datang Tahun 2015 dan Masyarakat Ekonomi ASEAN Septo Indarto (Team Double S)

29 Okt

Selamat Datang Tahun 2015 dan Masyarakat Ekonomi ASEAN
Septo Indarto (Team Double S)

Tahun 2015 kita akan memasuki sebuah era baru, yaitu Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). ASEAN adalah wilayah dengan pertumbuhan ekonomi tinggi saat ini di dunia, ASEAN berhasil menarik banyak investor internasional untuk menanamkan uangnya di sektor keuangan dan di sektor industri. Ini adalah waktu s=yang sangat tepat dan persiapan yang matang untuk semua Negara anggota ASEAN untuk menyambut MEA dan siap untuk menghadapi persaingan dalam bidang perdagangan dan teknologi untuk menjual produk-produk mereka dengan harga yang kompetitif di seluruh Negara anggota ASEAN. ASEAN saat ini adalah salah satu kawasan yang mengalami pertumbuhan ekonomi tinggi di dunia, walaupun beberapa Negara anggota ASEAN sedang mengalami masalah politik internal yang sangat sulit dan rumit untuk diselesaikan seperti Filipina dan Thailand. Tetapi hal itu tidak menghalangi mobilitas MEA. Karena dunia bisnis di ASEAN akan bergerak terus secara dinamis. ASEAN menawarkan pasar yang besar bagi investor dari Negara-negara anggota ASEAN maupun investor global.
Apapun yang terjadi kita semua siap dengan kata lain siap atau tidak siap, MEA akan berlaku. Persiapan harus matang, karena ini menyangkut kredibilitas semua Negara anggota ASEAN. Jika berhasil ASEAN akan lebih dilirik oleh di dunia internasional, sebagai kawasan yang paling menarik dan kompetitif dalam berinvestasi. Peluang itu tidak akan di sia-siakan, karena persaingan pengaruh dikawasan dunia dalam bidang ekonomi dan bidang perdagangan sangat ketat. Oleh karena itu MEA adalah hal yang tepat bagi semua Negara anggota ASEAN untuk membuktikan kepada masyarakat dunia, bahwa ASEAN adalah organisasi yang kuat dan solid serta sangat menguntungkan dalam berbagai aspek sebagai tujuan investasi global.

Saat ini ASEAN juga dikenal sebagai basis industri manufaktur dunia, seperti industri otomotif dan industri komputer. ASEAN juga sebagai kawasan pariwisata, dimana Singapura, Malaysia, Indonesia dan Thailand menjadi Negara-negara tujuan wisata dunia. Ini adalah sebuah kekuatan kawasan yang memberikan hal positif bagi kawasan ASEAN. Diterapkannnya MEA, ASEAN harus lebih aktif lagi dalam bidang promosi investasi dan juga bidang lainnya. Persiapan sumber daya manusia juga faktor yang sangat penting bagi semua kalangan, tanpa itu MEA akan berjalan lambat dan tidak akan menghasilkan keuntungan bagi Negara anggota ASEAN.
ASEAN juga booming dengan munculnya industri kreatif yang didukung oleh teknologi informasi, banyaknya perusahaan start up adalah salah satu keuanggulan ASEAN untuk dapat berkembang, perusahaan pencipta Flappy Bird asal Vietnam yang mendunia adalah salah satu contoh bahwa pengembangan industri kreatif ASEAN dapat merebut pasar global. Jika ini terus dikembangkan maka hal ini akan menjadi kawasan ASEAN sebagai salah satu pusat industri kreatif dunia. Ini tentunya akan mendorong investor global untuk menanamkan uangnya di industri kreatif dan akan mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan, sehingga banyak sekali lapangan kerja yang akan tercipta dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: