Strategi Maskapai Penerbangan di Masa Depan Septo Indarto (Team Double S)

16 Sep

Strategi Maskapai Penerbangan di Masa Depan
Septo Indarto (Team Double S)

Kenaikan harga bahan bakar minyak sangat tidak menguntungkan karena akan menyebabkan biaya operasional maskapai penerbangan harus menaikkan harga tiket. Kenaikan harga tiket yang terus naik tentunya akan menyebabkan turunnya jumlah penumpang dan hal itu tidak baik dan sangat merugikan maskapai penerbangan sehingga akan mengganggu pertumbuhan bisnis.
Persaingan akan semakin ketat, maskapai penerbangan harus memberikan pelayanan yang lebih inovatif untuk dapat memenangkan persaingan. Harga tiket murah yang dapat dijangkau oleh konsumen bukan lagi pilihan utama. Hal ini disebabkan para kompetitor juga melakukan hal yang sama, penjualan makanan dan minuman dalam kabin pesawat tidak begitu efektif. Di pihak lain ada beberapa maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan hotel dan resort untuk memberikan diskon dalam sebuah perjalanan baik perjalanan bisnis dan perjalanan liburan ke daerah wisata tertentu. Strategi itu efektif tetapi hanya memberikan keuntungan yang besar di saat tertentu, seperti liburan sekolah atau menjelang tahun baru.

Untuk menarik minat penumpang, pelayanan dalam kabin harus terus ditingkatkan, karena pelayanan dalam kabin merupakan pelayanan prima yang mampu menaikkan citra perusahaan karena telah memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Pelayanan dalam kabin dimulai ketika para penumpang mulai menaiki pesawat sampai penumpang turun dari pesawat. Kenyamanan para penumpang akan memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan bisnis maskapai penerbangan dalam jangka panjang.
Pemesanan armada pesawat juga sering dijadikan sebagai alat promosi yang efektif, bahwa pembelian pesawat baru akan meningkatkan gengsi perusahaan karena mampu membeli pesawat yang lebih modern dari segi teknologi dan fasilitas yang disediakan jauh lebih baik dari pesawat lama. Tetapi ada satu hal yang harus diperhatikan pembelian pesawat baru tidak efektif sama sekali, ketika jumlah penumpang yang terbang berkurang jumlahnya hal ini disebabkan oleh kenaikan harga tiket yang terlalu tinggi, jumlah kursi yang tersedia yang melebihi permintaan akan menjadi beban operasional perusahaan, karena penumpang jumlahnya berkurang.
Di Asia Tenggara ketika banyak maskapai penerbangan dihadapi dengan naiknya biaya operasional karena bahan bakar yang terus melonjak tinggi, perusahaan-perusahaan terpaksa memberikan diskon dalam jumlah besar dengan harapan para penumpang terus mau memakai jasa penerbangan perusahaan. Di sisi lain harga tiket harus dinaikkan karena naiknya biaya operasional. Jika keadaan ini terjadi terus-menerus akan menjadi beban operasional dan menurunkan keuntungan.
Hal yang terbaik adalah melakukan efisiensi managemen dan membuka rute-rute baru yang menguntungkan dimana hal itu akan meningkatkan jumlah penumpang, karena mencari pasar baru adalah salah satu strategi yang bagus untuk menopang bisnis maskapai penerbangan. Rute-rute baru tersebut harus dijadikan sebagai program marketing, seperti menawarkan tiket pulang-pergi sekaligus diskon harga hotel, penjemputan dari bandara gratis, di ruang tunggu disediakan makanan dan minuman khas daerah destinasi, memberikan informasi yang menarik kepada calon penumpang mengenai daerah wisata yang menarik dan wajib dikunjungi.

Pembukaan rute-rute baru yang memberikan keuntungan maskapai penerbangan dalam jangka panjang jauh lebih rasional ketimbang terus menerus memberikan tiket murah yang akan mengurangi beban operasional perusahaan dan mengurangi keuntungan. Rute-rute baru akan menawarkan pengalaman perjalanan yang baru kepada para penumpang, sehingga mereka dapat bercerita kepada teman dan keluarganya dan itu dalam jangka panjang akan meningkatkan jumlah penumpang maskapai penerbangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: