Dunia Perlu Cara Berpikir Baru-The Global Paradox (2) Septo Indarto (Team Double S)

29 Agu

Dunia Perlu Cara Berpikir Baru-The Global Paradox (2)
Septo Indarto (Team Double S)

Globalisasi menciptakan cara pandang baru bagi semua segi kehidupan, perubahan yang begitu cepat terjadi diseluruh dunia. Perubahan dunia yang terjadi sejak era tahun 1990-an, dimana waktu itu globalisasi mulai menciptakan pengaruh yang sangat kuat melanda diseluruh dunia, TV jaringan berita CNN menjadi salah satu pelopor perubahan-perubahan yang terjadi. Kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi lebih lemah karena masuknya informasi dari luar negeri dapat membahayakan keamanan nasional sebuah Negara. Runtuhnya tembok Berlin yang menjadi saksi berakhirnya perang dingin di era 1990-an, masih diingat sampai saat ini, karena masyarakat menginginkan perubahan dan kemerdekaan. Perjuangan politik rakyat yang berhasil menjatuhkan sebuah rezim yang berkuasa menjadi perhatian besar diseluruh dunia, dimana warga Jerman Timur dengan semangat kebebasan menginginkan merdeka dari ancaman politik dari pemerintahnnya sendiri, rakyat Jerman menginginkan perubahan dalam kehidupan mereka.
Saat ini hal itu terjadi lagi di Eropa, bahwa kestabilan politik di Eropa menjadi ujian kembali, Eropa yang disebut sebagai daerah lahirnya demokrasi modern saat ini terus mendapatkan cobaan dari dalam mempertahankan integritas wilayah Negara-negara Eropa.
Wilayah Catalonia yang merupakan bagian dari Spanyol terus menuntut refendum untuk kemerdekaan Catalonia. Masyarakat Catalonia menginginkan kemerdekaan dan menjadi Negara yang berdaulat penuh. Ini tentunya menguras energi politik para pemimpin di Spanyol. Catalonia telah diberikan hak otonomi khusus pada tahun 2006 oleh parlemen, tetapi hal itu tidak memuaskan bagi penduduk Catalonia yang memang ingin memisahkan diri dari Spanyol, dan membangun sistem politik dan sistem ekonomi yang sesuai dengan aspirasi perjuangan mereka.

Ukraina yang merupakan Negara blok Timur di era perang dingin, terus mengalami krisis politik dan krisis keamanan, daerah yang bergolak itu adalah Ukraina Timur yang menginginkan kemerdekaan dan lebih memilih untuk bergabung dengan Rusia. Aktivis pro Rusia terus melakukan perlawanan bersenjata di tiga kota yaitu Kharkiv, Luhansk dan Donetsk. Ukraina terus mengalami krisis politik yang menyebabkan wilayah mereka di wilayah timur terus mengalami pergolakan dan terus menerus dicari jalan damai untuk menciptakan solusi yang tepat.

Pengaruh Rusia yang semakin kuat saat ini berhasil menciptakan perimbangan kekuatan pengaruh di Eropa. Kepemimpinan Vladimir Putin terus menguat dan strategi politiknya dalam memperjuangkan kepentingan nasional Rusia berjalan dengan lancar, walaupun Rusia mendapatkan embargo dari Amerika dan Uni Eropa, hal itu tidak berpengaruh besar bagi perekonomian Rusia. Di sisi lain Rusia adalah produsen gas yang menjual dan menyuplai kebutuhan gas ke beberapa Negara di Eropa.
Dalam sepuluh tahun terakhir pengaruh Rusia semakin terasa di dunia internasional, kebijakan politik luar negeri mereka banyak yang sukses dan diakui oleh banyak Negara di dunia. Rusia juga sukses membangun perekonomian mereka, walauapun sednag di landa krisis, ekonomi kapitalis yang dijalankan secara bertahap mulai memperlihatkan hasil walaupun menumbukan banyak para mafia baru di Rusia, investor-investor Rusia banyak yang menanamkan modal mereka di luar negeri dan juga perusahaan-perusahaan Rusia banyak yang aktif menjual produk-produk mereka, khususnya produk teknologi ke timur tengah dan juga Asia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: