Demografi Penduduk Septo Indarto (Team Double S)

28 Agu

Demografi Penduduk
Septo Indarto (Team Double S)

Membahas mengenai demografi penduduk adalah hal yang menarik untuk dibahas, karena ini bukan saja berkaitan dengan tingakt kelahiran di suatu Negara tetapi bisa dilihat sejauh mana Negara bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan kemakmuran. Demografi penduduk bisa bermata dua:
1. Bisa dilihat sebagai hal yang positif, jika pemerintah mampu meningkatkan kualitas sumber daya sebagai kekuatan bangsa dalam menghadapi persaingan dengan bangsa lain di dunia.
2. Bisa dilihat sebagai hal yang negatif, jika pemerintah tidak mampu mengelola sumber daya manusia, ledakan penduduk menjadi ancaman Negara dan menyebabkan kemiskinan yang semakin parah, karena sumber daya manusia tidak mendapatkan pengelolaan yang baik sehingga mutu kualitasnya sangat rendah.
Puncak bonus demografi Indonesia akan terjadi 2028-2031. Penduduk usia muda akan menjadi aktor penting bagi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Waktu yang tersisa untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas tidak lama dan hanya 14 tahun. 14 tahun bukan waktu yang lama, karena kita harus menyiapkan semuanya secara matang tidak bisa setengah-setengah saja. Indonesia mempunyai generasi muda yang cerdas dan kreatif, banyak dari mereka yang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dengan terjun ke industriu kreatif. Hal ini yang harus menjadi perhatian besar pemerintah. Pemerintah harus menyiapkan blue print dengan kebijakan yang mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. Selain di dukung kekayaan sumber daya alam, kualitas sumber daya manusia akan menentukan langkah Negara Indonesia dalam bersaing dengan Negara-negara lain di dunia, jika pemerintah bisa mengambil keuntungan ini dengan menciptakan kebijakan-kebijakan yang mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia maka Indonesia dapat melompat menjadi Negara maju. Hal ini didukung PDB kita sangat tinggi dari tahun ke tahun.
Indonesia membutuhkan pendidikan yang berbasis riset, sehingga setiap siswa dapat melakukan riset untuk menciptakan hal-hal baru yang membawa nilai baru bagi perkembangan ekonomi. NIlai baru itu bisa berupa penemuan-penemuan baru yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat, sehingga menciptakan nilai ekonomi yang mampu di jual kepada pasar. Dan itu akan menciptakan lapangan kerja yang mampu merekrut banyak orang, sehingga akan menciptakan kualitas hidup layak karena orang mempunyai pekerjaan.
Demografi penduduk haris dilihat sebagai hal yang positif dan berkah yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi dimasa mendatang. Ini tentunya membutuhkan kerja keras dan kita tidak bisa mengharapkan kinerja instan yang inginnya serba cepat. Peningkatan kualitas sumber daya manusia membutuhkan waktu dan proses yang panjang, tetapi hal itu harus kita lalui. Kita harus mampu menciptakan kebijakan-kebijakan yang tepat dan terus mengevaluasi setiap kebijakan yang telah dijalankan, kita harus melihat kelebihan dan kekurangan, sehingga kita tetap mampu menciptakan kebijakan-kebijakan baru yang lebih berkualitas dan menciptakan dampak positif bagi kemajuan generasi muda Indonesia.
Indonesia menghasilkan 5 juta angkatan kerja baru setiap tahun dan membutuhkan 25 juta kesempatan kerja baru untuk menampung 5 juta angkatan kerja baru tersebut setiap tahun. Sementara itu disisi lain, jumlah lapangan kerja sangat terbatas untuk menampung angkatan kerja tersebut. Industri Kreatif adalah salah satu solusi untuk menciptakan lapangan kerja yang mampu menampung angkatan kerja yang akan terus bertambah setiap tahun. Pemerintah harus berani memberikan modal, pajak yang yang rendah, dan perlindungan hukum bagi industri-industri pemula dalam industri kreatif. Ini bukan hanya sekedar impian belaka, tetapi ini adalah sumber kekuatan ekonomi Indonesia dimasa mendatang, industri kreatif akan memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dimasa mendatang. Ini adalah peluang kita untuk menjadi bangsa yang besar dan bangsa yang mempunyai generasi muda yang kreatif. Ini adalah waktu yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: