Riset adalah Investasi Jangka Panjang Septo Indarto (Team Double S)

19 Agu

Riset adalah Investasi Jangka Panjang
Septo Indarto (Team Double S)

Seberapa jauh perusahaan Anda telah melakukan riset yang menciptakan inovasi baru? Seberapa jauh karyawan Anda melakukan inovasi dalam riset? Riset adalah investasi jangka panjang yang membutuhkan dana besar dan SDM yang berkualitas. Riset harus menjadi prioritas utama organisasi perusahaan. Menciptakan sebuah produk baru adalah kewajiban kita untuk meningkatkan kinerja perusahaan saat ini dan di masa mendatang. Sering kita mendengar Riset itu mahal karena membutuhkan biaya yang sangat besar, tetapi hal itu akan mengembalikan nilai investasi perusahaan Anda dimasa mendatang. Tanpa riset yang inovatif perusahaan akan bergerak lamban dan terlena karena berada di wilayah comfort zone.
Perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang teknologi, telah mewajibkan riset untuk menciptakan persaingan dengan kompetitor, perusahaan teknologi berpandangan bahwa menjual produk dengan kualitas baik tidak cukup karena keinginan konsumen akan terus berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Itu tentunya menciptakan budaya kerja keras, displin tinggi dan efisiensi biaya. Perusahaan-perusahaan yang mwajibkan riset sebagai andalan mereka dalam menciptakan inovassi jauh lebih terarah dalam menciptakan rencana jangka panjang.
Samsung dan Apple adalah perusahaan yang mempunyai budaya riset yang sangat bagus, kedua perusahaan ini adalah kompetitor dalam dunia teknologi. Riset dijadikan sebagai andalan perusahaan untuk menciptakan keuntungan jangka panjang dan juga memenangkan persaingan. Riset harus didukung juga oleh promosi karena perusahaan akan menjual produk ke pasar, sehingga konsumen harus mengetahui tentang kualitas produk yang mereka beli, kegunaan produk tersebut dan apakah produk yang mereka beli akan meningkatkan kualitas hidup mereka.
Toyota dan Ford adalah perusahaan yang terus melakukan riset jangka panjang untuk menciptakan mobil-mobil yang ramah lingkungan dimasa depan. Kedua perusahaan ini adalah pelopor penyelamatan lingkungan hidup. Mereka ingin menciptakan mobil yang ramah lingkungan, sehingga mobil-mobil yang diciptakan mengeluarkan emisi 0%. Ketika isu Global Warming menjadi isu global, langkah itu adalah langkah yang tepat untuk memposisikan branding perusahaan menjadi perusahaan yang memproduksi mobil ramah lingkungan dan terus melakukan riset untuk mengembangkan mobil-mobil ramah lingkungan model terbaru. Mobil ramah lingkungan sangat diperlukan oleh konsumen dimasa mendatang, karena mereka para konsumen telah mempunyai kesadaran untuk menyelamatkan lingkungan dari kerusakan. Selama ini polusi kendaraan yang berasal dari gas buang menjadi penyebab meningkatnya karbondioksida yang menyebabkan lapisan ozon terus menipis dari waktu ke waktu. Tentunya peralihan teknologi ini membutuhkan biaya besar, perlu menyiapkan sumber daya manusia, memproduksi mesin-mesin mobil baru yang bersahabat dengan lingkungan dan yang paling penting adalah melakukan edukasi kepada para konsumen mengenai pentingnya memiliki mobil yang ramah lingkungan.
Meningkatkan kualitas riset adalah hal yang penting bagi semua perusahaan, karena hal ini merupakan sebuah nilai yang berharga, tanpa riset perusahaan tidak akan mampu bersaing dalam jangka panjang. Hal ini memang memerlukan proses jangka waktu lama karena berkaitan dengan biaya, sumber daya manusia, dan infrastruktur perusahaan. Jika sebuah perusahaan tidak siap maka harus menyiapkan hal itu untuk kepentingan jangka panjang, jika sebuah perusahaan yang te lah menyiapkan hal itu maka harus terus meningkatkan kinerja riset mereka.

Konsumen selalu membutuhkan produk-produk baru yang lebih baik kualitasnya dari produk sebelumnya, desain yang lebih bagus dan menarik, serta kegunaan dari produk tersebut, tanpa riset sangat mustahil perusahaan mampu menciptakan produk-produk baru yang dibutuhkan oleh konsumen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: