Investasi Di Bidang Sumber Daya Manusia Septo Indarto (Team Double S)

14 Agu

Investasi Di Bidang Sumber Daya Manusia
Septo Indarto (Team Double S)

Investasi di bidang sumber daya manusia sangat penting. Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menyadari hal ini. Peningkatan kualitas diharapkan memberikan pengaruh yang positif kepada kinerja karyawan. Ketika dunia memasuki era industri pada abad ke 18, modal keuangan dan modal intelektual sangat penting, keduanya merupakan kekuatan yang luar biasa dalam menjalankan roda organisasi perusahaan dan juga menjadikan posisi organisasi perusahaan meningkat dan dapat memenangkan persaingan. Perusahaan-perusahaan abad 21 harus mempunyai fokus yang lebih kepada pengembangan kinerja karyawan. Disini peran departemen HRD sangat penting. Departemen HRD mempunyai tugas yang penting bagaimana mengembangkan para karyawan perusahaan untuk memiliki kompetensi yang baik dalam pekerjaannya, ini dibutuhkan kerja keras dan penilaian yang berkelanjutan.
Tugas Departemen HRD adalah:
1. Meningkatkan kualitas kinerja karyawan.
2. Merekrut pegawai yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
3. Memberikan pelatihan kepada karyawan.
4. Memberikan penilaian kepada karyawan.
5. Melihat perkembangan-perkembangan baru yang berkaitan dengan HRD dan mampu mengaplikasikannya kedalam lingkungan kerja organisasi perusahaan.
Departemen HRD mempunyai posisi yang vital bagaimana mengembangkan organisasi perusahaan dan menciptakan budaya kerja dengan disiplin tinggi, tepat waktu, efisien. Tugas HRD bukan hanya semata-mata hanya mengurus absen karyawan, menghitung gaji, mengurus asuransi dll.
Organisasi perusahaan akan terus berkembang sesuai dengan jalannya waktu, organisasi bersifat dinamis, jika organisasi perusahaan berjalan statis maka ada kesalahan kebijakan yang diterapkan dan itu harus segera dicari sumber masalahnya untuk segera diselesaikan.
Departemen HRD juga harus memberikan perhatian yang seimbang kepada semua departemen, menganalisa kinerja mereka, membangun dialog mengenai apa yang dibutuhkan oleh departemen-departemen yang lain. Setiap departemen membutuhkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerjanya. Contohnya: Jika Departemen Marketing mengalami penurunan penjualan selama tiga bulan berturut-turut, maka dibutuhkan pelatihan mengenai Marketing, maka departemen HRD harus segera merespon permintaan tersebut. Departemen HRD harus segera mengadakan pelatihan mengenai Marketing, tujuannya untuk meng-up grade pengetahuan karyawan mengenai materi-materi baru yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman.
Departemen HRD juga harus rutin untuk mengukur kinerja organisasi. Tujuannya untuk mengetahui kemajuan-kemajuan yang telah dicapai. Jika kemajuan yang telah dicapai terlaksana maka hal itu akan terlihat dan dirasakan oleh semua staff di lingkungan tempat bekerja. Departemen HRD harus berani melakukan penilaian yang independen, artinya mampu memberikan penilaian yang menyeluruh mengenai kemajuan-kemajuan dan kemunduran-kemunduran yang telah dicapai oleh semua departemen.
Jika Departemen HRD dapat melakukan tugasnya dengan baik, maka kemajuan-kemajuan dapat dirasakan oleh perusahaan. Karena deapartemen HRD merupakan departemen yang sangat vital posisinya, departemen HRD adalah jiwa dan ruhnya perusahaan untuk mampu berkembang dengan baik kearah yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: