Kenapa Setiap Orang Menyebut Anda Seorang Pemimpin (7) Septo Indarto (Team Double S)

11 Agu

Kenapa Setiap Orang Menyebut Anda Seorang Pemimpin (7)
Septo Indarto (Team Double S)

Setiap individu atau setiap kelompok mengnginkan mempunyai pemimpin yang tegas dan berani bertindak, bukan pemimpin yang penuh perhitungan tetapi ragu-ragu dalam bertindak. Terlambat bertindak akan menyebabkan rusaknya organisasi, organisasi akan berjalan tanpa arah tanpa jiwa, seolah berjalan sebagai autopilot, tentunya kita bisa melihat hal itu sebagai hal yang berbahaya. Ada hal yang harus Anda lihat dalam diri Anda, ketika banyak orang mempercayakan diri mereka dipimpin oleh diri Anda, apakah Anda siap menjadi pemimpin mereka? Apakah Anda siap menghadapi tantangan baru? Apakah Anda berani bertindak dalam keadaan yang mendesak. Jika tidak berarti Anda harus mundur dan mengatakan saya adalah bukan orang yang tepat untuk menjadi pemimpin Anda, Anda bisa memilih pemimpin baru dan bukan diri saya. Sikap itu lebih baik daripada Anda hanya haus jabatan tetapi Anda tidak mampu berbuat apa-apa dengan kata lain Anda tidak mempunyai program kerja, Anda tidak mampu menciptakan budaya kerja yang penuh inovasi dalam situasi yang penuh dengan tekanan. Hal yang terbaik adalah lebih baik Anda mundur saat ini dari jabatan Anda. Itu lebih terlihat Anda adalah seorang individu-sejati. Dibandingkan Anda terus dikritik tanpa bisa memperbaiki kelemahan-kelemahan Anda. Lebih baik mundur.

Dalam dunia yang penuh dengan tekanan dan dunia yang sangat keras ini, dibutuhkan keberanian dalam bertindak. Presiden Kennedy dan Presiden Reagan adalah contoh ideal dalam menghadapi situasi-situasi baru yang tidak menguntungkan bagi diri mereka ketika menjadi pemimpin. Presiden Kennedy tahu apa yang akan dihadapinya. Ketika perang dingin dimulai dia meminta Uni Soviet untuk tidak macam-macam untuk menempatkan hulu ledak nuklir di Kuba. Jika tidak Amerika dengan tegas akan menyerang semua kapal yang membawa hulu ledak nuklir itu semua. Presiden Kennedy selalu mengatakan bahwa kami tidak takut menghadapi semua ancaman yang menjadi ancaman serius kepada Negara kami-Amerika. Jika ada musuh yang berani mengancam maka itu adalah tindakan kejahatan. Presiden Kennedy berani bertindak dengan penuh perhitungan.

Presiden Reagan mendesak para pemimpin Uni Soviet untuk lebih terbuka terhadap perubahan politik dunia dan harus berani menyesuaikan keadaan. Presiden Reagan mengajak para pemipin Uni Soviet untuk duduk bersama dalam diplomasi damai untuk melucuti hulu ledak nuklir untuk menghindari perang bintang. Perang Dingin yang telah berlangsung selama 30 tahun harus dihentikan, jika mendekati kenyataan akan menyebabkan Perang Dunia Ketiga yang lebih gila, lebih kejam, lebih menghancurkan dari Perang Dunia Pertama dan Perang Dunia Kedua. Dialog adalah hal yang penting karena dengan dialog kita mengajak pihak lawan untuk berbicara, kita dapat mengetahui apa yang ada di dalam pikiran dan hati mereka, kita akan mengetahui kelemahan dan kekuatan lawan. Oleh karena itu kita bisa mengirim diplomat-diplomat handal.
Dalam situasi apapun pemimpin harus melihat rintangan-rintangan yang dihadapi dan dengan cepat pula harus mampu menemukan solusi yang tepat. Tanpa itu semua adalah hal yang mustahil setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik, jika tidak, maka masalah lain akan terus muncul dan akan sangat sulit untuk diselesaikan.
Para pemimpin juga memerlukan penasihat-penasihat yang handal untuk memberikan masukan, para penasihat itu harus berani mengkritik dan memberikan masukan kepada pemimpin mengenai langkah-langkah yang benar dan langkah-langkah yang salah telah diambil. Para pemimpin harus berpikir secara independen dan melihat setiap masalah secara obyektif. Jika tidak maka sama saja menjebak seorang pemimpin untuk mengambil langkah-langkah yang keliru. Karena merasa takut akan dipecat jika memberikan opini yang sifatnya mengkritik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: