Menolak Ideologi Kekerasan Septo Indarto (Team Double S)

9 Agu

Menolak Ideologi Kekerasan
Septo Indarto (Team Double S)

Ideologi kekerasan atau ideologi radikalisme saat ini sedang menjadi pembicaraan hangat diseluruh dunia. Ideologi radikalisme merupakan ancaman masyarakat dunia saat ini, kita hidup dalam dunia yang penuh dengan ancaman teror yang menyebabkan kita sulit untuk mendapatkan kehidupan normal yang aman dan tentram. Kita semua dilanda rasa takut tanpa kita mengetahui kenapa kita harus merasakannya. Ideologi Radikalisme berkembang pesat setelah peristiwa 9/11 2001 yang meruntuhkan gedung WTC, Amerika adalah korban yang paling merasakan pahitnya serangan teror, sebagai Negara adidaya seolah-olah Amerika tidak mampu berbuat banyak, Amerika dibuat menjadi Negara yang lemah karena serangan terror, padahal di era 1990an Amerika adalah Negara paling berjaya dalam kancah politik dan keamanan internasional karena mampu menaklukkan Uni Soviet dan menjadikan Negara Uni Soviet bubar. Runtuhnya tembok Berlin menjadi saksi kemenangan Amerika dan Blok Barat dalam menghadapi kehancuran kekuatan Blok Timur kemudian memecah Negara-negara pecahan Uni Soviet untuk bergabung kepada Blok Barat.
Sebenarnya ideologi radikalisme telah berkembang selama ribuan tahun. Ideologi ini muncul karena ada rasa tidak puas terhadap kondisi yang ada, dikatakan ideologi ini lahir karena adanya kondisi anti kemampanan. Negara yang tidak mempunyai pemerintahan yang kuat adalah target utama dari penyebaran ideologi kekerasan atau ideologi radikalisme. Negara-negara Afrika adalah Negara-negara yang sering mengalami kekerasan karena terjadinya konflik perang saudara yang telah berlangsung cukup lama hal ini disebabkan konflik politik yang ingin menjadi penguasa tunggal untuk menguasai sebuah Negara, yang menjadi korban adalah masyarakat sipil.
Saat ini paham tersebut banyak menyebar ke seluruh dunia tujuannya untuk memperjuangkan kepentingan individu atau kelompok tertentu. Peran Interpol dalam mencegah ideologi radikalisme berkembang sangat penting sekali, karena jika dibiarkan berkembang akan menyebabkan kekacauan dalam masyarakat. Ini akan menciptakan teror baru dalam lingkungan dan menyebabkan setiap oraPeng akan merasa takut. Peran pemerintah sangat penting untuk mencegah kelompok-kelompok yang dinilai sangat membahayakan, pihak intelejen harus aktif mengikuti perkembangan lingkungan jika tidak maka ideologi ini akan tumbuh pesat di masyarakat dan akan terus mencari anggota-anggota baru.
Masyarakat dan aparat keamanan harus bekerja sam aktif dalam tukar-menukar informasi jika melihat dan mendengar ada kelompok yang mulai tumbuh dan berkembang ditengah masayarkat dan mulai menyebabrkan ancaman teror. Ini sangat berbahaya sekali.
Pemerintah juga harus mampu menyediakan lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran. Karena sebagian besar yang direkrut adalah orang-orang yang tidak mempunyai pekerjaan dan yang merekrut adalah orang-orang yang mempunyai tingakt intelektual tinggi. Mereka dengan berani menawarkan program-program mereka dengan cara mencuci otak supaya orang-orang yang direkrut bergabung dan kemudian berjuang untuk organisasi yang merekrutnya. Tujuan dari organisasi yang radikal adalah bagaimana tujuan mereka dapat tercapai untuk mempejuangkan kepentingan kelompok. Sementara orang-orang pada level bawah organisasi akan dijadikan korban karena mereka telah dicuci otaknya dan yang akan mendapatkan kekuasaan adalah orang-orang yang berada di level tinggi organisasi.
Pemerintah dan masyarakat harus bekerjasama untuk membasmi kelompok-kelompok yang memiliki ideologi radikalisme, karena ini merupakan ancaman nasional yang menjadi ancaman serius bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: