Era 1980 dan Era 1990 Septo Indarto

7 Agu

Era 1980 dan Era 1990
Septo Indarto

Era 1980 dan Era 1990 merupakan era dimana proses globalisasi mulai melanda diseluruh dunia. Era keterbukaan informasi mulai terjadi di sejumlah Negara. Pada era tersebut televisi dan radio merupakan media utama yang dijadikan sebagai sumber informasi. Era 1980 dan Era 1990 juga dicatat sebagai puncak dari perang dingin antara Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika dan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet. Kedua blok tersebut tidak ada yang mau kalah satu sama lain untuk memperluas jaringan mereka diseluruh dunia. Era 1980 dimana Presiden Amerika Ronald Reagan terus mengkampanyekan paham demokrasi ke seluruh dunia melalui kebijakan politik luar negeri yang didukung media televise dan media radio. Uni Soviet dibawah pimpinan M. Gorbachev terus menyuarakan perubahan diseluruh dunia melalui kebijakan Glasnot dan Perestoika. Baik Reagan dan Gorbachev adalah ikon pemimpin Era 1980 dan Era 1990.

Era 1980 dan Era 1990, dunia teknologi mulai berkembang dan menyebar ke seluruh dunia. Penemuan Walkman sebagai alat pemutar music portable yang bisa dibawa ke mana saja telah mengguncang dunia. Dalam waktu singkat demam Walkman telah menyebar ke seluruh dunia. Sony menjadi ikon global untuk branding inovasi dari produk-produk elektroniknya. Sony terus meluncurkan produk-poduk baru, yaitu video Betamax dan TV Trinitron dan kamera video genggam Handycam. Sony menjadi merek elektronik yang Berjaya asal Jepang. Branding Sony yang mendunia, menjadi gaya hidup di era 1980 dan era 1990. Produk-produk Sony banyak yang laris di pasar dunia.
Amerika memproduksi film Rocky sang petinju legendaris dan juga film action Rambo yang berhasil merajai film-film box office diseluruh dunia. Amerika juga mulai memproduksi film Terminator yang menggunakan teknologi komputer grafis yang berhasil menyedot jumlah penonton dalam jumlah besar. Film-film itu diekspor ke seluruh dunia dan menjadi budaya pop yang mendunia. Ekspor film menjadi salah satu pemasukan yang besar bagi industri Amerika yang menciptakan pertumbuhan ekonomi dan juga lapangan kerja bagi para pekerja seni.
Era 1990, berita besar muncul yaitu runtuhnya tembok Berlin yang membatsi antara Berlin Barat dan Berlin Timur sebagai simbol perang dingin. Runtuhnya tembok Berlin menjadi sejarah penting bagi runtuhnya kekuasaan blok timur di benua Eropa. Kemenangan Amerika dan sekutunya terus memperkuat peran Amerika untuk menyebarkan paham demokrasi sebagai ideologi yang wajib dilaksanakan di semua Negara. Amerika dan Sekutunya tidak segan memberikan sanksi yang keras bagi Negara-negara di dunia yang menolak paham demokrasi untuk diterapkan.

Era 1990 ketika Irak menginvasi Kuwait menjadi salah satu berita politik terhangat, dan ketika Amerika membentuk pasukan multinasional untuk mengusir Irak karena dinilai melanggar perbatasan dengan menyerang Kuwait menjadi salah satu berita internasional paling menarik untuk diikuti dan menjadikan televise berita CNN lebih dikenal oleh masyarakat internasional. CNN menjadi peliput berita politik, ekonomi, budaya, perdagangan yang menempatkan banyak wartawan mereka diseluruh dunia.
Era 1990 presiden Amerika Serikat Ronald Reagan dan koleganya M. Gorbachev terus berupaya mencari titik temu untuk membahas perdamaian dengan cara mengurangi senjata nuklir yang dapat mengakibatkan perang bintang. Dunia yang terbelah menjadi dua kubu mulai dipersatukan lagi untuk menghindari perang nyata akibat perbedaan ideologi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: