Pariwisata Perlu DiDukung Penuh Oleh Pemerintah Septo Indarto (Team Double S)

24 Jul

Pariwisata Perlu DiDukung Penuh Oleh Pemerintah
Septo Indarto (Team Double S)

Sektor Pariwisata perlu didukung penuh oleh pemerintah. Sektor ini bisa mendukung perekonomian masyarakat lokal dan perekonomian nasional. Tetapi hal yang harus diperhatikan adalah pembangunan infrastruktur yang menopang dunia pariwisata. Ini adalah keharusan, karena kita akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi semua orang yang akan berkunjung ke tempat kita. Pembangunan hotel yang berwawasan lingkungan, pembagunan jalan yang memadai, pasokan energi listrik, pentingnya memberikan perlindungan keamanan kepada para wisatawan dan juga asuransi perjalanan, pembangunan bandar udara yang bisa menampung semua jenis pesawat, semua itu harus diperhatikan.

Dunia Pariwisata menonjolkan branding sebuah Negara, oleh karena itu pelayanan yang diberikan harus menyeluruh karena ini menyangkut image sebuah Negara. Aspek lain yang harus dilihat adalah aspek promosi, ini sangat penting sekali untuk memperkenalkan daerah kita kepada turis lokal dan turis internasional. Kita bisa memberikan informasi menarik tentang daerah-daerah yang bisa dikunjungi, harga tiket yang ditawarkan, transportasi yang bisa di sewa, harga hotel untuk menginap di deah tersebut, makanan khas daerah yang diolah dengan standar gizi yang cukup, serta website yang mudah diakses dengan tampilan yang menarik disertai informasi yang memadai mengenai tempat-tempat yang wajib dikunjungi.
Dari tahun ke tahun sektor pariwisata selalu meningkat, kebutuhan orang untuk pergi wisata selalu meningkat. Saat ini kebutuhan untuk wisata digunakan untuk mencari tempat yang unik untuk dikunjungi, untuk melakukan petualangan dan juga belajar hal-hal baru. Sejumlah agen pariwisata selalu menawarkan paket-paket wisata dengan harga yang menarik yang ditawarkan kepada turis untuk menarik minat mereka untuk berkunjung.
Pemerintah juga harus mendukung promosi pariwisata ke dunia internasional dan mendukung kegiatan-kegiatan tersebut. Karena hal yang mustahil, sektor pariwisata akan berkembang tanpa adanya dukungan pemerintah sebagai pelaku pembuat kebijakan.

Pembangunan sumber daya manusia dalam sektor pariwisata adalah hal yang penting, kita harus menyiapkan hal itu, kemampuan bahasa asing harus baik, pengelolaan managemen tempat pariwisata harus professional, harga yang ditawarkan harus kompetitif, akses transportasi harus mudah, penyediaan informasi harus memadai baik informasi online yang terkoneksi dengan jaringan internet maupun informasi yang dibuat dalam cetakan brosur. Semua itu harus diwujudkan.
Tenaga kerja di sektor pariwisata harus diberikan pendidikan yang baik sesuai dengan standar internasional. Para tenaga kerja disektor pariwisata juga harus bekerja dengan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada turis, karena ini menyangkut pelayanan yang bisa memberikan nilai tambah kepada turis. Jika turis merasa puas maka mereka akan berkunjung kembali ke daerah kita di lain waktu dan bisa mengajak teman atau keluarga ke daerah kita, ini adalah langkah yang bagus bisa meningkatkan pendapatan daerah.
Saat ini banyak Negara-negara di dunia menawarkan program-program paket wisata yang menarik, ada yang menawarkan paket wisata alam, paket wisata kesehatan, paket wisata teknologi. Para turis mempunyai pilihan yang beragam untuk dikunjungi sesuai dengan keinginan mereka. Tetapi hal yang penting dalam dunia pariwisata yang akan selalu dinilai dengan cermat oleh setiap turis adalah pelayanan dan pembangunan infrastruktur. Itu semua harus menjadi perhatian yang serius oleh kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: