Demokrasi adalah Implementasi (Septo Indarto Team Double S)

10 Jun

Demokrasi adalah Implementasi
(Septo Indarto Team Double S)

Saat ini hampir banyak Negara-negara diseluruh dunia yang menggunakan sistem demokrasi sebagai sistem politik yang dijalankannya untuk mengakomodasi kepentingan rakyat dalam menjalankan sistem pemerintahan dengan transparan. Demokrasi adalah sistem dari rakyat dan oleh rakyat, maka rakyat yang mempunyai kekuasaan untuk memilih dan menentukan pemimpin yang layak sebagai pemimpin mereka untuk memerintah yang disertai legalitas, rakyat memberikan mandate kepada seorang pemimpin untuk membentuk sebuah pemerintahan dan juga menjalankannya sesuai dengan aturan main politik.
Tapi hal yang terpenting dari sistem demokrasi adalah implementasi. Rakyat akan melihat apakah pemimpin mampu menjalankan mandat sesuai dengan keinginan yang diinginkan oleh rakyat. Rakyat menginginkan aksi yang nyata yang menyentuh kehidupan mereka, apakah program-program yang tertuang dalam kebijakan mampu menciptakan kemakmuran, keadilan, dan kemajuan. Para pemimpin harus tahu apa yang harus dikerjakannya, bukan hanya berbicara mengenai ide-ide saja dalam sebuah tulisan dan pidato, ide-ide harus mampu diimplementasikan dalam sebuah cara kerja yang manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang. Demokrasi adalah mengenai kepemimpinan, demokrasi mempunyai kontrak sosial antara pemimpin dan rakyat, demokrasi menciptakan partisipasi masyarakat luas dalam berperan di dunia politik secara langsung dan nyata. Demokrasi memberikan ruang yang jelas dan nyata bagi setiap orang untuk terlibat, memberikan sumbangan berupa ide-ide pemikiran yang sifatnya membangun. Ini penting sekali karena menyangkut kepentingan masyarakat luas. Menyangkut bagaimana demokrasi dapat dijalankan dengan baik dan para pemimpin mampu menciptakan model kepemimpinan yang transparan dan menciptakan kemakmuran bagi masyarakatnya. Demokrasi berbicara mengenai kepemimpinan, kepemimpinan yang kuat dan mampu menjalankan semua program yang diciptakan untuk kemajuan kehidupan masyarakat.
Demokrasi membutuhkan partisipasi masyarakat luas dan demokrasi harus berjalan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Masyarakat dengan kesadaran politik yang tinggi akan senang masuk menjadi kelompok yang aktif dalam menjankan aturan main demokrasi. Masyarakat sering kali membetuk komunitas relawan sebagai tanda aktif mereka dalam mendukung seorang pemimpin yang benar-benar mereka percaya untuk menjadi pemimpin mereka. Kelompok relawan dibentuk ketika masa kampanye, tujuannya sangat jelas sebagai kelompok yang mendukung seorang pemimpin untuk mampu dan siap berkompetisi dalam pemilihan umum, apakah pemilihan umum untuk anggota legislatif, pemilihan presiden, pemilihan wali kota, pemilihan gurbernur dsb.
Sistem demokrasi juga harus menyangkut kepentingan kesetaraan bagi siapa saja untuk maju sebagai pemimpin dan mampu menjadi pemimpin yang baik, memberikan kebijakan yang tepat bagi arah pembangunan, mampu menciptakan masyarakat yang kreatif dan aktif dalam pembangunan, pemimpin mempunyai visi dan misi yang mampu mengakomodasi para pemilihnya untuk menjadi pemimpin yang mampu menjalankan program-programnya dan masyarakat menjadi pengawas untuk memantau dan mengkontrol apakah setiap kebijakan yang dibuat mampu dijalankan dengan baik dan benar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: