Kenapa Setiap Orang Menyebut Anda Sebagai Seorang Pemimpin (4) Septo Indarto (Team Double S)

4 Jun

Kenapa Setiap Orang Menyebut Anda Sebagai Seorang Pemimpin (4)
Septo Indarto (Team Double S)

Dalam dunia modern, kepemimpinan adalah salah satu faktor yang menarik untuk dikaji, kepemimpinan terus berkembang dan disesuaikan dengan perkembangan jaman. Kepemimpinan terbentuk dari berbagai macam kondisi yang sedang dihadapi atau proses yang dijalankan. Kepemimpinan selalu menemukan gaya dan cara-cara baru dalam membentuk gaya kepemimpinan itu sendiri, ini membutuhkan kajian, kajian yang harus diteliti dan disertai contoh-contoh baru yang relevan, hal yang sudah pasti adalah kepemimpinan berkaitan dengan pengaruh, banyaknya pengikut dan kesetiaan pengikut. Kepemimpinan akan terus berkembang dan akan terus tumbuh.

Tahun 1981, Jack Welch adalah contoh penting mengenai kepemimpinan yang ambisius dan penuh inovasi dalam menjalankan roda organisasi perusahaan hal ini berdampak sangat positif bagi kemajuan General Electric. Perusahaan General Electric seperti menemukan rah baru dan gaya baru untuk terus tumbuh dan berkembang serta melakukan inovasi-inovasi baru untuk menjual produk-produknya kepada konsumen. Tahun 1981 GE adalah perusahaan yang paling dihormati di Amerika Serikat, laba penjualan sangat tinggi, strategi marketing sangat sukses, GE berhasil menjadi pemenang ketika competitor mereka dari perusahaan-perusahaan Jepang terus mencoba memasuki pasar Amerika, GE menjadi ikon dunia karena Jack Welch menginginkan lebih dari hanya sebuah perusahaan, GE dijadikan ikon, maka cara yang tepat adalah keluar dari zona nyaman dan terus menuntut para pegawainya untuk bekerja lebih dan terus mengembangkan inovasi-inovasi baru. Jack Welch mengajarkan bukan hanya cara berbisnis, tetapi bertarung dalam dunia bisnis, GE harus berkembang pesat untuk meninggalkan para pesaingnya. Ambisi positif dari Jack Welch adalah dia adalah pemimpin yang mempunyai komitmen pribadi yang besar untuk kemajuan GE saat ini dan dimasa mendatang, dia melakukan segala cara yang diperlukan untuk mencapai GE menjadi perusahaan paling top dan paling inovatif dimuka bumi, Jack Welch sadar ini membutuhkan waktu dan perjuangan yang besar tidak hanya sekedar ambisi yang ditulis diatas kertas, tetapi harus ada perubahan dalam organisasi perusahaan dan dia melakukan sesuai dengan apa yang dia inginkan.

GE adalah perusahaan yang sukses dan dapat mencapai potensi tertinggi hal ini bisa dikaji dan dipelajari mulai dari pertumbuhan laba, perbaikan kualitas produk, pelayanan kepada konsumen, pengembangan karyawan sebagai ujung tombak bisnis perusahaan. GE terus berjalan dan tidak boleh berhenti, dibawah Jack Welch perusahaan ini terus melakukan banyak pembenahan secara terus menerus dan tidak pernah berhenti untuk melakukan inovasi.
Ada satu hal yang dapat kita pelajari dari suksesnya GE dalam mencapai kejayaannya untuk terus tumbuh dan berkembang: Jack Welch terus melakukan inovasi tanpa henti, ini yang menyebabkan GE unggul dari para pesainnya sementara para pesaingnya merasakan statsu quo untuk terus mempertahankan zona nyaman dari waktu ke waktu. Para pesaing GE banyak yang melakukan langkah yang lambat dalam melakukan inovasi-inovasi produk baru sehingga hal ini akan menyebabkan mereka sulit berkembang dan tidak mampu bersaing dengan GE. Jack Welch memberikan pelajaran bahwa ketika Anda mulai menduduki sebuah jabatan di perusahaan maka Anda harus mempunayi ambisi yang positif, kearah mana perusahaan akan dibawa, memberikan perhatian lebih kepada pengembangan sumber daya manusia sebagai asset berharga perusahaan. Jack Welch memimpin GE dan mengarahkan perusahaan ini dalam transformasi, meninggalkan zona nyaman menuju zona baru, perubahaan budaya kerja dilakukan dengan tujuan untuk mencapai potensi tertinggi perusahaan. Ini membutuhkan kerja keras dan ini membutuhkan analisa yang tajam yang didukung oleh visi dan misi dari seorang pemimpin.

Kepemimpinan selalu melibatkan banyak pihak untuk terlibat. Kepemimpinan membutuhkan seorang pemimpin yang tegas dan serius dalam bekerja. Sejak era dimasa lampau khususnya dalam sejarah kepemimpinan, para pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang mampu memobilisasi rakyatnya untuk menciptakan perubahan dan meningkatkan kualitas hidup mereka, dari segi materi dan segi spiritual. Kepemimpinan yang efektif harus menciptakan perubahan yang besar membawa dampak positif bagi kehidupan sehari-hari. Hal itu membutuhkan komitmen yang kuat dari diri seorang pemimpin.

Kepemimpinan merupakan hal yang mendasar dan dalam dunia korporasi sering difokuskan bagaimana meningaktkan kinerja perusahaan. Para pemimpin sering dilihat bagaimana cara mereka memimpin sebuah organisasi, keberhasilan ditentukan seperti:
1. Menciptakan produk-produk baru.
2. Mendengarkan keluhan konsumen.
3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
4. Meningkatkan penjualan.
5. Memimpin transformasi perusahaan.
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kepemimpinan dikaitkan dengan:
1. Kemampuan mengatur pemerintahan.
2. Menciptakan kestabilan politik dan keamanan.
3. Menciptakan pertumbuhan ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
4. Menciptakan lapangan pekerjaan.
5. Penegakan hukum.
Dilihat dari segi yang berbeda yaitu kepemimpinan korporasi dan kepemipinan berbangsa dan bernegara tetap mempunyai satu tujuan, yaitu bagaimana menciptakan keadaan yang lebih baik dan bagaimana meningaktkan kinerja organisasi untuk mampu dan terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.
Para pemimpin sangat penting untuk memperkenalkan pengendalian kualitas kepada mutu kinerja karena ini berkaitan dengan proses peningkatan kualitas secara konsisten.
Richard Teerlink ketika mengambil kepemimpinan Harley-Davidson pada tahun 1989 telah membentuk tim solid untuk menghidupkan produk Harley yang hampir tidak berfungsi dan pernah menjadi legenda dimasa lampau. Hal ini berkaitan mengenai komitmen dan kemauan tinggi.
Tim melakukan berbagai langkah, seperti:
A. Pengendara Harley menuntut kinerja tinggi maka hal yang harus dilakukan adalah memperkenalkan program mutu tingkat dunia.
B. Pengendara menginginkan mistik kebebasan Easy Rider, maka tim memperkenalkan HOGs (Harley Owner Groups) dengan cabang di seluruh wilayah dan terus menerus memonitor jumlah permintaan konsumen. Tim harus mendapatkan ide produk baru dan ide pemasaran yang segar.
C. Keberhasilan untuk menyesuaikan antara perilaku karyawan dan kebutuhan konsumen. Richard Teerlink memasukan seluruh 5000 karyawannya dalam sebuah program kompensasi insentif dan memberikan penghargaan untuk ide dan usaha memperbaiki mutu dari produk-produk Harley.
Richard Teerlink berhasil mengubah gaya kerja karyawan Harley, semua karyawan Harley dapat berkonsentrasi kepada pembuatan dan pemasaran produk bermutu tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: