Peningkatan Produktivitas Sebagai Penerapan Strategi BIsnis untuk Bertempur Septo Indarto (Team Double S)

16 Apr

Peningkatan Produktivitas Sebagai Penerapan Strategi BIsnis
untuk Bertempur
Septo Indarto (Team Double S)
K
etika kompetisi sudah memasuki tahap persaingan yang sangat keras, maka hal yang harus dilakukan adalah segera melakukan perubahan yang besar dalam organisasi perusahaan. Kompetisi bermata dua:
1. Kesempatan besar untuk menjadi lebih besar, artinya organisasi perusahaan bisa menjadi lebih besar karena memenangkan pertempuran bisnis dengan perusahaan lain, hal ini dikarenakan peningkatan produktivitas meningkat, khususnya peningkatan sumber daya manusia sebagai asset utama.
2. Kompetisi menjadi ancaman besar, ketika organisasi perusahaan mengalami penurunan produktivitas dan tidak tahu bagaimana menghadapi persaingan dengan competitor. Dari hari ke hari menjadi lebih buruk dan produktivitas menjadi terus menurun.

Organisasi perusahaan harus mampu melihat situasi yang berkembang saat ini, perkembangan harus dilihat setiap saat, ketika terjadi penurunan produktivitas kerja maka top management harus jeli melihat situasi itu dan tidak boleh dibiarkan terjadi dalam waktu yang lama, jika dibiarkan dalam jangka waktu lama maka organisasi perusahaan dalam tanda bahaya dan akan menuju kebangkrutan. Jika produktivitas kinerja secara keseluruhan mulai melambat maka harus segera dicarikan solusi untuk segera menyelesaikannya, tidak boleh dalam waktu yang lama, tetapi jika itu terus terjadi, maka top management harus menyewa konsultan dari pihak eksternal untuk mengevaluasi semua kinerja departemen.
Perusahaan Konsultan harus mampu memberikan penilaian yang jujur dan harus mempetakan mengenai:
1. Kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga hal ini bisa dioptimalkan kinerjanya.
2. Kekuarangan yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga hal ini bisa dikoreksi dan diperbaiki dan terus mencari solusi sebagai alternative yang tepat untuk meningkatkan kinerja.
Perusahaan konsultan harus bekerja dengan cepat. Tidak boleh menunggu waktu yang lama, ketika akar permasalahan telah ditemukan.
Saat ini perkembangan teknologi informasi mendukung perubahan yang cepat, kita harus terus mampu beradatapsi dan menggunakannya dalam meningaktkan produktivitas. Perkembangan teknologi perangkat lunak (Software) banyak membantu kinerja kita, apalagi saat ini banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, sehingga kita dapat bekerja lebih cepat, lebih efisien dan lebih akurat.
Kinerja organisasi harus terus konsisten, jika terjadi penurunan maka harus segera dicari solusi yang tepat untuk bagaimana menyelesaikan semua permasalahan yang terjadi dan jika terjadi peningkatan maka harus dicari untuk terus mengoptimalkan kinerja tersebut.
Saat ini keunggulan kompetitif sebuah organisasi perusahaan lebih mudah untuk dikaji dan kita bisa menarik pelajaran dari langkah-langkah penerapan managemen di perusahaan mereka, bagaimana perusahaan mengelola operasional, bagaimana perusahaan mengelola keuangan, bagaimana penerapan kepemimpinan di masing-masing departemen. Hal itu semua akan mempengaruhi kinerja operasional organisasi perusahaan.
Selanjutnya adalah menciptakan perencanaan jangka pendek dan perencanaan jangka panjang, hal ini adalah penting sekali untuk menilai dan mengevaluasi kinerja organisasi perusahaan. Perencanaan akan menciptakan strategi yang tepat untuk mampu berkompetisi dengan competitor. Perubahan-perubahan yang dilakukan harus mampu menciptakan perubahan positif yang memberikan pengaruh besar kepada organisasi perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: