Visi harus Berkembang Septo Indarto (Team Double S)

15 Apr

Visi harus Berkembang
Septo Indarto (Team Double S)

Ketika seorang individu berjuang keras dalam mencapai tujuan hidupnya, sering kali menghadapi banyak tantangan, tantangan itu begitu berat untuk dihadapi dan dicarikan solusi. Kadang-kadang hal itu membuat rasa frustasi dan membuat perjuangan hidup menjadi goyang, hal itu wajar, dimana kehidupan terus berjalan banyak hal yang kita tidak tahu dan kita harus belajar untuk menerima keadaan tersebut. Rasa sakit dan rasa melelahkan adalah hal yang wajar. Kita seakan terasa berat untuk melangkah, apalagi jika kita menciptakan banyak rencana dan rencana itu banyak yang gagal dan sama sekali tidak mampu dijalankan. Pada akhirnya tantangan semakin berat untuk di hadapi, berbagai macam ujian hidup harus dihadapi tanpa bisa mendapatkan solusinya. Orang-orang disekeliling kita mengatakan bahwa kita adalah individu yang telah gagal dan mereka sering kali mentertawakan diri kita dan mencemoh gagasan kita sebagai orang yang bermimpi besar tanpa hasil akhirnya yang ada adalah hinaan dari orang-orang disekeliling kita.

Tetapi lingkungan adalah tempat belajar yang sangat kaya, kita harus mulai membuka pikiran kita, bahwa kita harus lebih banyak belajar dari lingkungan kita hidup. Lingkungan adalah laboratorium yang luar biasa besar dan luas dan kita tidak pernah habis untuk mempelajarinya. Kita harus terus memandang masa depan dengan penuh kepastian. Oleh karena itu Visi kita harus berkembang dan mempelajari hal-hal baru, ketika tantangan ada di depan mata kita, sesungguhnya memberikan banyak pelajaran yang dapat kita ambil, karena tantangan membuka peluang-peluang baru untuk diri kita dalam melangkah ke masa depan. Visi harus terus dikembangkan setiap saat. Kita harus melihat dunia dengan cara pandang yang lebih luas.
Orang-orang sukses di dunia selalu belajar dari kegagalan hidup, karena ketika mereka memulai langkah mereka, mereka berjalan terus dan harus belajar, sementara tantangan terus tumbuh yang menyebabkan mereka harus jatuh dan bangun untuk dapat terus bertahan, tetapi ada satu titik ketika mereka telah banyak belajar dan pikiran semakin matang maka mereka melangkah tanpa ada keraguan dan siap menghadapi banyak tantangan. Mereka telah berhasil menciptakan kekuatan kepemimpinan diri dalam diri mereka. Mereka menjadi pejuang bagi diri mereka, gagal atau berhasil adalah urusan Tuhan YME. Tetapi Tuhan YME terus memberikan ujian-ujian kepada mereka dan memberikan pandangan-pandangan baru mengenai dinamika kehidupan yang berjalan di atas planet bumi. Tuhan sedang memberikan materi-materi baru mengenai kehidupan yang mempunyai dimensi yang begitu luas. Tantangan adalah hal yang biasa, tetapi proses yang laur biasa adalah bagaimana menaklukan setiap tantangan itu sendiri.

Nelson Mandela harus berjuang bagaimana membebaskan politik diskriminasi yang terjadi di negaranya Afrika Selatan dan beliau bersedia di penjara selama 27 tahun, dia merasa terzalimi, dia dihukum berat karena mencoba memberontak dan mendobrak sistem politik diskriminasi. Tetapi didalam penajara selama 27 tahun dia mukai belajar, bahwa banyak hal yang harus dipelajari mengenai kehidupan ini, penjara tidak menghalangi dirinya untuk terus mengembangkan visi perjuangannya untuk memperoleh keseteraan politik antara penduduk kulit hitam dan penduduk kulit putih. Dia terus berjuang dan terus belajar. Dia mengasah jiwanya untuk lebih memahami rasa kemanusiaan dalam kehidupan yang serba kejam. Bahwa rasa kemanusiaan dalah hal yang penting ketika kita sudah terzalimi oleh orang lain. Berjuang tidak boleh berhenti, ketika kita berhenti maka kita pun berhenti belajar, maka hidup yang kita jalani akan menjadi sia-sia. Nelson Mandela terus belajar dan menjadi pemimpin yang matang dalam proses berpikir dan bertindak. Dunia melihatnya, dunia belajar dari dirinya mengenai perjuangan tanpa kekerasan. Hati dan pikirannya telah matang, tidak boleh ada rasa dendam antara kawan dan musuh. Semua adalah makhluk Tuhan YME. Bahwa dalam hidup ini kita harus terus mengembangkan visi kita untuk melihat dunia yang lebih luas dan lingkungan telah memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi semua orang. Visi adalah bagaimana kita memandang hidup kita dan bagaimana kita berjuang untuk mewujudkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: