Menjadi Presiden Septo Indarto (Team Double S)

15 Apr

Menjadi Presiden
Septo Indarto (Team Double S)

Ketika sistem demokrasi sudah berjalan dengan baik maka membuka ruang kepada setiap orang untuk maju menjadi presiden. Sistem demokrasi membuka ruang kepada siapapun yang siap untuk menjadi pemimpin. Rakyat adalah subjek utama dalam menjalankan proses demokrasi, rakyat yang menentukan kemana arah Negara akan berjalan. Visi dan misi seorang pemimpin yang siap untuk menjadi presiden akan diuji melalui pengalaman kerja mereka di masa lalu. Kemampuan komunikasi yang baik dengan para pendengar bagi pendukung dan non pendukung sangat penting. Rakyat ingin mengetahui dengan lengkap latar belakang calon presiden. Apakah kandidat presiden ini pernah mempunyai prestasi yang bagus atau prestasi yang buruk, ini sangat penting sekali untuk membuktikan kapabilitas seorang kandidat.

Dalam Negara yang telah mapan dan stabil, integritas moral dari seorang presiden sangat penting. Karena presiden adalah pemimpin mereka yang dapat memberikan arahan dalam menciptakan kebijakan-kebijakan Negara dalam menjalankan kepentingan nasional. Jika intergritas moral sangat jelek maka sudah dapat dilihat bahwa dia tidak mampu menjadi seorang pemimpin untuk memimpin sebuah Negara, karena memimpin untuk memperkaya kekayaan pribadi dan memperjuangkan kepentingan kelompoknya. Semua kebijakan Negara yang dijalankan bukan untuk kemajuan bangsa tetapi untuk menciptakan kekuasaan yang lebih besar, ini akan semakin fatal. Negara-negara yang telah mapan dalam kehidupan demokrasi mempunyai rakyat yang sangat peduli dalam hal integritas moral. Karena ini menyangkut kepentingan nasional jangka panjang bukan hanya sebagai aksi politik yang tidak memberikan kontribusi yang positif untuk kejayaan Negara.
Menjadi presiden harus siap menghadapi banyak tantangan dan persoalan yang dihadapi dalam memimpin sebuah Negara. Ini menyangkut masalah Leadership dalam sebuah organisasi Negara. Negara yang kuat karena mempunyai pemimpin yang kuat dan Negara yang lemah karena mempunyai pemimpin yang lemah. Negara yang lemah akan menjadi incaran Negara lain, incaran itu bisa berupa penjajahan secara langsung, penjajahan ekonomi dan penjajahan informasi semuanya untuk kepentingan politik dan ekonomi yang digabunng menjadi sebuah kepentingan nasional. Negara kuat mempunyai pemimpin yang kuat dan didukung oleh rakyatnya, mempunyai sumber daya manusia yang mampu untuk membangun sebuah Negara, mempunyai pengaruh besar dalam panggung global dan dikenal oleh penduduk dunia.
Menjadi Presiden saat ini harus mempunyai integritas pribadi yang kuat, mempunyai program-program jangka panjang yang tepat, melihat peluang bagaimana meningkatkan kinerja ekonomi yang memberikan pengaruh positif kepada dunia bisnis dan aktivitas perdagangan. Kemampuan untuk mampu berbicara mengenai hal-hal yang mendetail dan komunikasi yang baik sangat diperlukan, karena seorang presiden bukan hanya kepala Negara atau kepala pemerintahan tetapi dia adalah seorang Public Relation bagi Negara yang harus mampu memperkenalkan negaranya ke dunia internasional. Memberikan pengaruh yang positif kepada rakyatnya.
Ketika kepemimpinan dalam pemerintahan tidak berjalan efektif maka dia harus mengambil tindakan yang cepat dan tepat dalam Change Management. Change Management diperlukan untuk mengadakan perubahan di segala sektor. Change Management harus diterapkan disemua departemen karena ini menyangkut mengenai kinerja pemerintahan. Birokrasi adalah staff yang membantu penyelenggaran Negara berjalan dengan baik. Para birokrat harus mampu melayani rakyat dengan baik dan pelayanan yang prima.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: