Inovasi India Septo Indarto (Team Double S)

13 Apr

Inovasi India
Septo Indarto (Team Double S)

Saat ini India dikenal sebagai Negara yang banyak menciptakan prestasi tinggi di dunia ilmu pengetahuan dan dunia teknologi. Kemampuan tersebut didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia India yang mempunyai keahlian dalam pengembangan inovasi teknologi. India saat ini merupakan Negara yang menciptakan bakat-bakat jenius yang mampu bersaing di tingkat dunia, India telah berhasil membuktikan diri kepada dunia internasional bahwa Negara mereka mampu menciptakan sumber daya manusia yang mampu menciptakan perubahan besar dengan cara menciptakan prestasi besar di dunia ilmu pengetahuan dan di dunia teknologi. Ini adalah bukti dari kerja keras pemerintah India yang secara terus menerus mendukung program kebijakan pendidikan untuk menciptakan tenaga ahli untuk mampu bersaing di tingkat dunia.

India saat ini sedang mencatat prestasi besar dalam bidang luar angkasa, Negara ini sedang mengirim pesawat antar planet yang bernama pesawat Mangalyaan, jika sesuai rencana pesawat ini akan mendarat di planet Mars. India akan menjadi Negara Asia pertama yang berhasil mengirimkan pesawat ke planet Mars dan menjadi nomer empat di dunia, hal ini tidak terlepas dari kerja keras Indian Space Research Organisation yang terus melakukan upaya penelitian dan pengembangan tanpa kenal lelah. Pesawat Mangalyaan dikirim ke planet Mars untuk kepentingan penelitian, yaitu untuk mengetahui kenapa planet Mars tidak mampu mendukung kehidupan. Planet Mars adalah planet yang dekat dengan bumi dan dikenal sebagai planet merah.
Hal yang paling membuat kagum adalah biaya yang diperlukan tidak terlalu mahal hanya menghabiskan dana sekitar US$ 100 juta, hal ini dikarenakan penelitian memerlukan sumber daya dana dan sumber daya manusia, tetapi India mampu melakukannya dengan baik. Sumber dana penelitian memang tidak sebanyak yang dimiliki NASA dalam mengerjakan proyek-proyek luar angkasa, tetapi para ilmuwan India mempunyai tantangan yang sangat besar ketika dana yang dimiliki sangat terbatas mempunyai tanggung jawab yang sangat besar dalam mensukseskan program tersebut. Mereka bekerja keras dan terus menciptakan inovasi-inovasi tanpa henti untuk menciptakan teknologi yang canggih tetapi dengan dana yang efisien, anggaran yang kecil berarti harus melaksanakan efisiensi dalam menjalankan proyek-proyek ini. Disinilah tantangannya, semangat kerja keras dan team work yang kuat adalah kuncinya. Para ilmuwan menjawab semua tantangan yang dihadapi, berpikir keras dengan rencana yang matang. Mereka tidak mau menyerah, karena ini menyangkut reputasi mereka sebagai ilmuwan, apalagi proyek ini membawa nama Negara ke tingkat internasional. Mereka mencari banyak cara untuk menciptakan pesawat antar planet dengan biaya yang terjangkau yang telah ditetapkan.
Kerja keras yang dilakukan akhirnya membuahkan hasil yang luar biasa. Dedikasi ilmuwan yang mengerjakan proyek ini sangat luar biasa, mereka bahu membahu satu sama lain untuk mensukseskan proyek ini. Akhirnya India berhasil menjadi Negara kedua setelah China yang berhasil mengirim pesawat ke luar angkasa untuk kepentingan dunia ilmu pengetahuan dan dunia teknologi. Nama India menjadi berkibar dalam dunia astronomi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: