Strategi Militer dalam Managemen Bisnis Septo Indarto (Team Double S)

31 Mar

Strategi Militer dalam Managemen Bisnis
Septo Indarto (Team Double S)

Saat ini ketika kita mempelajari managemen bisnis, banyak sekali strategi militer yang diterapkan. Hal ini tidak terlepas dari persaingan antar organisasi perusahaan untuk memenangkan persaingan. Kerja sama tim kerja yang kuat dan mengarahkan fokus pada satu tujuan yang jelas diterapkan dibanyak organisasi perusahaan saat ini adalah salah satu bagian dari strategi militer. Militer yang kuat adalah mempunyai pasukan yang kuat dan mempunyai fokus tujuan bersama yang jelas dalam memenangi banyak pertempuran di medan perang. Para manager saat ini terus memberikan motivasi dan arahan kerja yang jelas, organisasi perusahaan membuat SOP sebagai petunjuk bagaimana cara organisasi perusahaan berjalan. Tujuannya operasional berjalan dengan organisasi yang rapi. Dalam organisasi militer, SOP digunakan bagaimana perintah dari atasan berjalan dengan benar dan tepat sampai ke bawahan untuk berjalan sesuai prosedur yang telah ditetapkan, tidak ada kesalahan apa pun, sebuah kesalahan yang dijalankan dalam organisasi militer adalah bahaya dan akan membuat perintah dijalankan sangat tidak efisien.

Dalam business mapping organisasi perusahaan tujuannya adalah bagaimana melihat kemampuan organisasi perusahaan berjalan disegala sektor, hal ini penting sekali untuk mengetahui dengan jelas kemampuan sumber daya manusia perusahaan, kemampuan keuangan perusahaan, kemampuan promosi perusahaan, kemampuan beradatapsi dengan perubahan-perubahaan baru. Intinya adalah daya tahan perusahaan dalam menjalankan roda operasionalnya. Di dalam military mapping, sebuah kesatuan pasukan harus siap bertempur semua kelebihan dan kekuarangan harus dipetakan dengan jelas. Ini bertujuan untuk menciptakan kesatuan militer yang kuat. Militer yang kuat adalah mempunyai data yang lengkap secara keseluruhan.
Melihat peluang pasar adalah salah satu kunci sukses dari kegiatan marketing perusahaan, perusahaan akan melihat dengan jeli sejauh mana produk barang atau produk jasa yang ditawarkan akan dibeli dan dipakai oleh konsumen. Tujuannya adalah untuk memproduksi produk barang atau produk jasa yang berkualitas baik. Dalam organisasi militer melihat daerah-daerah baru sangat penting untuk mempelajari medan baru yang digunakan untuk meningkatkan kualitas prajurit Sejauh mana prajurit dengan cepat beradatapsi dengan lingkungan baru dan siap bertempur sewaktu-waktu jika dibutuhkan dengan persiapan yang matang.
Perluasan pasar adalah hal yang penting, banyak sekali saat ini perusahaan-perusahaan di dunia yang melakukan ekspansi bisnis. Perusahaan-perusahaan China dan Korea Selatan adalah Negara yang paling aktif melakukan penanaman modal di luar negeri, tujuannya adalah memperluas pasar dan memenangkan persaingan pasar di suatu Negara dan di tingkat global. Hal ini juga berkaitan erat dengan Leadership yaitu perebutan pengaruh yang besar. Dalam organisasi militer ekspansi wilayah adalah hal yang wajib dalam memperluas daerah kekuasaan, tujuannya adalah mencari daerah baru sebagai sumber-sumber baru untuk digunakan sebagai daerah yang dapat membangun kekuasaan baru, prajurit yang tangguh dan professional adalah prajurit yang dibutuhkan dan siap untuk bertempur. Menaklukan Negara tetangga sering kali terjadi oleh Negara yang mempunyai kemampuan militer yang lebih kuat dan lebih professional. Sering kali kebijakan politik ekspansi harus dijalankan untuk kepentingan tujuan nasional sebuah bangsa, tujuannya untuk memperluas wilayah kekuasaan dan melihat kemampuan militer dalam bertempur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: