Pentingnya Komunikasi Dalam Perusahaan Dalam Ekosistem Global Septo Indarto (Team Double S)

6 Mar

Pentingnya Komunikasi Dalam Perusahaan Dalam Ekosistem Global
Septo Indarto (Team Double S)

Dalam meningkatkan kapasitas pasar dan juga mencapai pembeli yang lebih luas dalam ekosistem global diperlukan kemampuan komunikasi yang baik dan memahami perilaku konsumen di lain Negara. Tujuannya bukan hanya sebagai pertukaran budaya tetapi juga sebagai sebuah dialog yang membangun diantara perusahaan dan juga konsumen diseluruh dunia. Diperlukan kemampuan public relation yang bagus untuk mempromosikan visi dan misi perusahaan dalam tingkat dunia. Kemampuan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi adalah hal yang penting dan juga harus didukung wawasan internasional untuk memahami berbagai macam persoalan dan bagaimana memecahkan persoalan tersebut.

Dunia saat ini saling terhubung satu sama lain berkat kemajuan teknologi informasi, informasi yang menjadi sebuah standar baru dalam media internet hanya dalam waktu singkat mampu menjangkau jutaan orang diseluruh dunia, mampu dibaca oleh seluruh orang di dunia, mereka membuat analisa dan komentar baik melalui jaringan media sosial maupun forum-forum di internet. Ini adalah sebuah gerakan global berbasis internet karena setiap orang mempunyai visi dan misi yang sama.
Sebagai contoh apa yang dilakukan oleh perusahaan Komputer Apple kepada konsumen mereka di China adalah hal yang tepat. Permintaan maaf disampaikan ketika berita mengenai perusahaan Apple tersebut dinilai arogan dan menerapkan standar ganda oleh media setempat. Tim Cook, CEO Apple mengatakan: Kami telah menyadari bahwa kurangnya komunikasi eksternal yang terjadi selama proses pemasaran tingkat global, membuat kami berpikir sombong dan tidak merespon kepada konsumen mengenai saran dan kritik konsumen, kami memohon maaf atas keprihatinan dan kesalahpamaham yang muncul kepada konsumen.
Menurut media setempat yang ditulis oleh People’s Daily bahwa konsumen di China membayar sekitar 80 Dollar Amerika untuk back cover baru, padahal disejumlah Negara seperti di Korea Selatan, Amerika dan Inggris, Apple memberikan back cover baru secara gratis.
Apple akan segera merevisi beberapa kebijakan garansi dan hak milik. Dia telah mengakui bahwa akan mempelajari pengoperasian dan sistem komunikasi di China.
Permintaan maaf tersebut sangat penting untuk menjaga hubungan yang baik antara konsumen dan perusahaan. Konsumen adalah partner perusahaan. Perusahaan harus memberikan pelayanan yang baik dengan menjual produk yang bagus karena konsumen telah membayarkan sejumlah uang. Ini adalah sebuah langkah yang tepat, ketika sebuah perusahaan mengakui telah melakukan kesalahan dan kekeliruan dalam sebuah kebijakan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: