Pasar Pariwisata ASEAN Septo Indarto (Team Double S)

6 Mar

Pasar Pariwisata ASEAN
Septo Indarto (Team Double S)

Pasar pariwisata ASEAN akan terus tumbuh dari tahun ke tahun, hal ini dikarenakan saat ini semua Negara di Asia Tenggara yang tergabung dalam wadah organisasi ASEAN terus memacu industri pariwisatanya untuk menjangkau pasar ASEAN dan pasar dunia. Saat ini kawasan ASEAN adalah kawasan yang paling stabil tingkat pertumbuhan ekonominya dan memiliki jumlah kelas menengah yang besar, sehingga itu merupakan kesempatan yang bagus untuk mengembangkan potensi pariwisata. Tiga Negara top tujuan pariwisata ASEAN, yaitu Indonesia, Thailand dan Singapura saat ini banyak menawarkan paket wisata yang sangat atraktif dalam memikat para wisatawan untuk berkunjung ke Negara-negara itu. Indonesia menawarkan Bali sebagai pusat tujuan wisata yang wajib untuk dikunjungi, Thailand menawarkan keindahan Phuket, Singapura menawarkan surga belanja dan pelayanan jasa.
Malaysia juga terus memacu pertumbuhan industri pariwisata, Malaysia terus membangun infrastruktur untuk menarik wisatawan dari Negara –negara ASEAN dan juga dunia internasional untuk mengunjungi Negara tersebut.
Industri pariwisata menawarkan banyak hal dan pengalaman yang luar biasa untuk dirasakan. Industri pariwisata akan menjadi industri yang mampu mendorong ekonomi lokal untuk berkembang dan menaikkan taraf hidup masyarakat lokal.
Negara-negara ASEAN mempunyai potensi yang bagus dalam mengembangkan industri pariwisata karena mempunyai banyak keunikan budaya. Promosi daerah tempat wisata dan juga kekayaan kuliner adalah hal yang menarik untuk dirasakan oleh para turis yang ingin menghabiskan waktu untuk berlibur dan mencari suasana yang baru.
Indonesia sebagai Negara terbesar dikawasan Asia Tenggara mempunyai potensi paling besar dalam mengembangkan industri pariwisata, memiliki ribuan pulau yang indah dan alam yang luar biasa eksotik, hal ini harus dimanfaatkan dengan benar untuk mengembangkan industri pariwisata. Pembangunan sumber daya manusia untuk dididik menjadi tenaga ahli dalam industri pariwisata adalah sebuah keharusan yang tidak bisa di tunda-tunda lagi. Potensi Indonesia adalah yang terbesar sudah saatnya infrastruktur disetiap daerah dibangun untuk menopang industri pariwisata. Karena ini adalah kesempatan yang luar biasa besar dalam mengembangkan industri ini. Pendidikan pariwisata perlu dilakukan oleh pemerintah bahwa setiap daerah mempunyai kekayaan alam, kekayaan budaya, kekayaan kuliner. Sehingga itu menjadi kekuatan yang dapat kita jual ke dunia internasional.
Perusahaan maskapai penerbangan Citilink adalah salah satu contoh perusahaan yang berhasil melihat potensi besar dalam pasar pariwisata ASEAN dengan membuka rute penerbangan internasional yaitu rute Surabaya-Johor Baru dan Surabaya-Kuala Lumpur. Pembukaan rute tersebut adalah ekspansi bisnis Citilink dalam memperkuat pasar di ASEAN dan melihat kesempatan yang luas bagi pengembangan bisnis perusahaan itu dalam mengantisipasi pasar bebas ASEAN. Citilink diharapkan dengan pembukaan rute baru ini bisa menjadi pemain utama regional dikawasan ASEAN. Pembukaan rute baru tersebut dapat mempromosikan kota Surabaya sebagai kota tujuan bisnis dan juga kota tujuan pariwisata dan mengakomodasi para tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Malaysia. Untuk tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Malaysia, maskapai Citilink memberikan pelayanan khusus dari pelayanan, sehingga akan memberikan kemudahan bagi tenaga kerja Indonesia yang memakai jasa penerbangan Citilink, rute ini juga akan mempermudah tenaga kerja Indonesia yang ingin pulang ke kampong halamannya dengan menggunakan penerbangan Citilink.
Penumpang ke Johor Baru ke Indonesia didominasi oleh para tenaga kerja Indonesia yaitu sekitar 60-70% sisanya oleh para pelajar Indonesia yang menuntut ilmu dan juga masyarakat yang berlibur ke Johor Baru untuk wisata. Saat Johor Baru adalah tempat tujuan wisata yang dikembangkan oleh pemerintah Malaysia dan daerah ini berkembang sangat pesat dan mempunyai taman bermain yaitu Legoland, Sanrio Hello kitty Town dan tempat wisata belanja Johor Premium Outles (JPO) yang menjula fshion branded.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: