Berbicara Mengenai Prospek Bisnis kepada Investor Septo Indarto (Team Double S)

24 Jan

Berbicara Mengenai Prospek Bisnis kepada Investor
Septo Indarto (Team Double S)

Sering kali setiap pemimpin organisasi perusahaan menggunakan bahasa yang sangat teknis ketika berbicara mengenai prospek bisnis kepada investor atau dengan kata lain bahasa yang sulit untuk dimengerti atau menjelimet. Semua hal dijelaskan dengan bahasa yang cukup bagus dengan tujuan satu yaitu menarik minat investor untuk mau menanamkan modalnya di perusahaan kita. Kita sebagai pemimpin perusahaan sebelumnya melakukan pembahasan mengenai informasi-informasi wajib yang harus disampaikan yang berisi prospek bisnis jangka panjang dan juga prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh perusahaan. Bahasa dibuat dengan menggunakan kalimat-kalimat yang indah dan sangat teknis untuk membuktikkan bahwa perusahaan kita memang sangat hebat dan luar biasa dalam menjalankan bisnisnya. Itu harus dibuktikkan oleh para top managemen ketika memberikan presentasi yang lamanya sekitar satu jam kepada calon investor. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah semua calon investor memahami apa yang Anda jelaskan kepada mereka? Sekalipun Anda mempunyai gaya berbicara sebagai seorang public speaker yang luar biasa dan dapat membangkitkan motivasi. Jawabannya belum tentu.
Yang Anda harus tekankan adalah bahwa calon investor adalah orang yang mempunyai uang yang ingin menanamkan uangnya di perusahaan kita, tidak semua mengetahui mengenai ilmu managemen bisnis, yang mereka pikirkan adalah satu bagaimana uang mereka dapat berkembang biak ketika menanamkan uangnya diperusahaan Anda. Mereka tidak perlu bahasa teknis yang sangat susah untuk dimengerti hanya karena Anda adalah orang yang profesional dan ingin menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang sangat berkelas di pekerjaan Anda. Sesungguhnya mereka tidak membutuhkan hal itu. Yang mereka butuhkan adalah bahasa sederhana yang mereka pahami, penjelesan angka-angka pertumbuhan bisnis yang mudah dipahami, prospek bisnis jangka panjang perusahaan Anda. Intinya adalah: Uang mereka dapat kembali dalam jumlah besar dari uang modal awal yang ditanamkan.
Anda harus mampu memberikan presentasi kepada calon investor dengan bahasa umum yang dapat menjelaskan kinerja perusahaan Anda termasuk mengenai keuntungan dan kerugian. Presentasi harus berisi informasi-informasi yang terbuka mengenai kondisi perusahaan Anda saat ini. Tidak ada yang ditutupi, mengenai permasalahan yang sedang terjadi dan bagaimana tim managemen sekarang atau saat ini sedang mencarikan solusi terhadap masalah-masalah yang yang sedang dihadapi. Ini penting sekali sebagai sebuah penilaian yang akan dilakukan oleh para investor, apakah perusahaan Anda sehat atau tidak.
Perusahaan wajib memberikan informasi yang terbuka dan jujur kepada calon investor karena ini menyangkut mengenai tingkat kepercayaan dalam hubungan bisnis dan secara langsung berhubungan dengan uang yang merupakan nilai untuk sebuah investasi yang akan digunakan untuk pengembangan bisnis saat ini dan juga di masa yang akan datang. Informasi harus berisi informasi yang benar dan jika calon investor memberikan sebuah pertanyaan kepada pemimpin perusahaan mengenai keadaan perusahaan, masalah-masalah yang dihadapi perusahaan, prospek bisnis jangka panjang dan prospek bisnis jangka panjang maka jawabannya harus transparan (terbuka).
Di setiap negara harus ada sebuah peraturan yang menjelaskan mengenai transparansi sebuah perusahaan, tujuannya untuk menciptakan keterbukaan sehingga kita bisa merasakan sebuah proses bisnis yang sehat yang dapat menguntungkan semua pihak tanpa satu pun pihak yang dirugikan. Membuat sebuah peraturan mengenai transparansi mengenai proses bisnis memang memerlukan waktu, itu adalah tanggung jawab pemerintah, tujuannya semua proses bisnis yang dijalankan tidak merugikan semua pihak. Ini adalah faktor yang sangat penting untuk menciptakan iklim bisnis yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: