Memahami Budaya Dalam Dunia Marketing Septo Indarto (Team Double S)

18 Jan

Memahami Budaya Dalam Dunia Marketing
Septo Indarto (Team Double S)

Memahami budaya suatu Negara adalah hal yang penting dalam dunia marketing. Kebudayaan menyangkut banyak hal mulai dari cara berkomunikasi, menyangkut adat istiadat, menyangkut cara berpikir, tata cara berpakaian. Dalam dunia marketing hal itu harus dipelajari, karena tujuannya adalah untuk berinteraksi dengan konsumen dan berkomunikasi dengan konsumen. Perusahaan-perusahaan besar di dunia yang mempunyai pasar di Negara lain akan terus mempelajari budaya lokal dengan tujuan masyarakat setempat mengetahui tentang branding dan produk yang dijual. Pengetahuan mengenai kebudayaan setempat adalah hal yang mutlak karena tujuannya untuk membangun relasi yang lebih besar. Bukan hanya memperkenalkan branding dan menawarkan produk saja.
Dalam dunia marketing sangat penting untuk memberikan pelatihan mengenai kebudayaan lokal kepada para marketer dan juga tenaga penjual. Ini adalah hal yang utama yang harus dilakukan oleh perusahaan.
Program pelatihan meliputi:
1. Strategi penjualan produk.
2. Memahami budaya setempat
3. Mempelajari bahasa lokal
4. Bagaimana memperkenalkan profil perusahaan kepada konsumen di Negara bersangkutan.
Pelatihan sangat penting untuk memahami kebudayaan lokal. Oleh karena itu peran seorang manager sangat penting untuk ikut terlibat langung dalam memberi masukan kepada tim HRD untuk melakukan pelatihan kepada para marketer dan juga tenaga penjual untuk belajar memahami budaya lokal. Karena hal yang terpenting dalam melakukan pelatihan ini adalah semua peserta tidak gugup lagi dalam terjun ke lapangan dan informasi-informasi yang diberikan dari pelatihan dapat digunakan sebaik mungkin di tambah studi kasus yang akan terjadi di lapangan dan bagaimana menghadapi masalah-masalah yang terjadi dan juga bagaimana menciptakan solusinya.
Sangat penting sekali untuk mencari informasi-informasi yang relevan mengenai perkembangan masyarakat lokal. Kehidupan manusia adalah sangat dinamis dan itu sangat penting sekali untuk mempelajari hal-hal yang baru yang harus dipelajari dan dikembangkan.
Hal yang terpenting adalah memberikan pelatihan untuk merekrut para trainer dari berbagai latar belakang dan meminta mereka untuk membuat modul-modul pelatihan yang sesuai dengan kenyataan di lapangan. Karena tujuan untuk memahami budaya lokal adalah para marketer dan tenaga penjual mempunyai pengetahuan yang baik mengenai produk dan juga target konsumen. Mempunyai pengetahuan mengenai produk saja tidak cukup dan tidak akan menjamin kesuksesan oleh karena itu memahami konsumen adalah hal yang sangat penting.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: