Kenapa Pelanggan itu Raja Septo Indarto (Team Double S)

17 Jan

Kenapa Pelanggan itu Raja
Septo Indarto (Team Double S)

Kenapa pelanggan itu Raja? Dalam dunia sales hal itu merupakan kata-kata yang sering kita dengar. Pelanggan adalah segalanya. Pelanggan itu Raja, karena mereka yang membeli produk kita, membuat produk kita disukai, membuat produk kita semakin dikenal. Ketika produk-produk yang kita jual semakin laku dan brandingnya dikenal dimana-mana maka kita sebagai pihak yang menjual harus fokus kepada peningkatan kualitas barang dan kualitas pelayanan. Menciptakan produk yang berkuaitas berarti akan meningkatkan jumlah penjualan produk saat ini dan dimasa yang akan datang. Hal yang lain adalah akan menciptakan loyalitas pelanggan untuk terus membeli produk-produk yang kita tawarkan kepada mereka. Ini adalah salah satu inti dari ilmu penjualan.
Sering sekali perusahaan-perusahaan hanya berfokus kepada target penjualan, bahwa setiap produk yang akan dijual harus sesuai dengan target yang diciptakan, kalau tidak maka akan menciptakan kerugian. Maka yang akan dituntut dengan keras adalah bagian Marketing dan bagian Sales untuk bekerja habis-habisan, bahkan bekerja di bawah tekanan, yang penting produk-produk laku terjual. Perusahaan lupa untuk meningkatkan pelayanan penjualan dan meningkatkan kualitas produk. Kualitas produk yang baik akan menciptakan kepuasan konsumen dalam merasakan dan memakai produk yang telah dibeli.
Loyalitas Pelanggan adalah kunci bagaimana kita akan mampu menjual produk-produk yang kita akan tawarkan dan hal ini adalah sumber kunci dari variasi dalam proses marketing. Hal yang percuma jika kita telah mengeluarkan biaya yang besar untuk promosi produk-produk yang kita jual tetapi tidak ada kualitas pelayanan dalam penjualan dan tidak ada peningkatan kualitas dalam produk-produk yang kita jual. Kita harus juga lebih banyak mengenal mengenai pelanggan kita, apakah mereka merasa puas menggunakan produk-produk kita dan apa keinginan mereka mengenai produk-produk yang akan mereka beli dimasa mendatang. Hal yang terpenting adalah selalu menyesuaikan dengan keadaan pasar, karena selera konsumen akan terus berubah dari waktu ke waktu dan itu membutuhkan waktu juga bagi setiap perusahaan untuk menyesuaikan keinginan-keinginan konsumen.
Note: Yang Anda harus lakukan adalah melakukan survey secara teratur mengenai keinginan konsumen sehingga Anda dapat memenuhinya.
Kita selalu berada dalam persaingan yang ketat, setiap kompetitor akan berusahan untuk mengalahkan kita, oleh karena itu kita harus melakukan banyak hal untuk mempertahankan pelanggan untuk tetap setia. Kuncinya adalah inovasi produk yang belum pernah dilakukan oleh para kompetitor.
Pelanggan saat ini sangat pintar dan mengetahui kualitas-kualitas produk yang ingin mereka beli. Oleh karena itu memberikan informasi yang jujur sangat penting, bahkan saat ini beberapa perusahaan memberikan informasi kepada pelanggan mengenai proses produksinya dari sebuah produk sehingga para pelanggan diberi kebebasan untuk memilih produk-produk yang berkualitas. Hal ini memang membutuhkan sebuah keberanian, tetapi hal sangat penting untuk mengetahui loyalitas pelanggan untuk membeli produk-produk yang kita tawarkan kepada mereka. Kita akan mengetahui apakah produk-produk yang kita jual mempunyai kualitas yang bagus atau tidak, apakah para pelanggan menyukai produk kita atau tidak, apakah mereka berniat untuk membeli produk-produk kita di masa mendatang atau tidak.
Saat ini kunci pemasaran dan kunci penjualan bukan hanya sekedar promosi secara besar-besaran, tetapi bagaimana perusahaan mampu menciptakan produk-produk baru yang diinginkan oleh konsumen.
Menurut Learning Internasional sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1989 mengenai loyalitas pelanggan adalah sangat penting mengenai kualitas pelayanan bagi penjual, ada empat faktor yang dapat meningkatkan penjualan:
1. Semangat kerjasama atau partnership
2. Keahlian mencari pelanggan.
3. Keterampilan dalam memecahkan masalah
4. Kemampuan memuaskan kebutuhan pelanggan sebelum dan sesudah masa penjualan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: