Industri Kreatif dan Pariwisata Septo Indarto (Team Double S)

21 Des

Industri Kreatif dan Pariwisata
Septo Indarto (Team Double S)

Perkembangan industri kreatif akan terus berkembang, pola pemasaran pun terus berkembang dengan mengembangkan metode-metode baru. Tetapi ada satu hal yang harus kita perhatikan dengan jeli, bahwa industri kreatif dapat mendukung pertumbuhan pariwisata, saat ini semua Negara terus mengembangkan industri kreatif mereka untuk meningkatkan pertumbuhan industri pariwisata, masyarakat dilinatkan dalam program tersebut sehingga menjadi pemain dan dapat menciptakan lapanngan kerja yang pada akhirnya akan menciptakan kemakmuran bagi penduduk setempat dan meningakatkan penerimaan devisa untuk Negara. Sebagian besar pelaku industri kreatif berada diantara umur 15-40 tahun, mereka adalah kelompok muda yang kreatif dan mempunyai ide-ide yang brilian untuk dikembangkan menjadi sebuah konsep. Konsep tersebut harus dijadikan sebagai aksi nyata dengan menciptakan barang dan jasa yang dapat dijual kepada konsumen dan mendapat kesan yang positif sehingga dapat dikembangkan lagi menjadi barang dan jasa yang lebih baik kualitasnya dan dikembangkan lagi menjadi yang lebih berkualitas.
Indonesia sebagai Negara terbesar di Asia Tenggara mempunyai potensi yang besar dalam mengembangkan industri kreatif karena mempunyai generasi muda yang produktif dan memiliki jiwa inovasi, hal ini harus segera dikembangkan, karena mereka adalah kelompok yang sadar akan kemajuan teknologi, kelompok muda Indonesia adalah kelompok yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan selalu mengikuti perkembangan zaman, khususnya mengikuti perkembangan teknologi informasi, mereka bukan saja mampu menyesuaikan diri tetapi juga mampu memberikan nilai lebih dengan menciptakan program-program aplikasi pendukung untuk komputer, PC Tablet dan juga smartphone, bahkan mereka bisa mengembangkan banyak bisnis yang mempunyai nilai lebih. Ini harus segera diperhatikan.
Riset David McClelland, jumlah total wirausaha di Indonesia hanya berjumlah tidak lebih dari 1,2 % dari penduduk Indonesia yang berjumlah 245 juta. Hal ini memberikan gambaran bahwa masih sangat sedikit orang Indonesia yang berprofesi sebagai pengusaha dan masih sedikit diantara mereka yang terjun dalam industri kreatif. Indonesia adalah Negara dengan potensi yang luar biasa untuk dikembangkan industri kreatifnya. Dukungan modal dari lembaga keuangan dan pembangunan infrastruktur adalah hal yang mutlak yang harus segera dilakukan. Pemerintah Indonesia tidak boleh terlambat dalam mengembangkan industri kreatif, karena banyak sekali yang bisa dikembangkan di Indonesia. Indonesia dikenal bukan hanya sebagai Negara dengan sumber daya alam yang melimpah tetapi mempunyai penduduk dengan demografi yang produktif terbanyak saat ini, ini adalah peluang yang harus dikembangkan tidak boleh disia-siakan. Indonesia harus cepat bergerak dalam mengembangkan potensi industri kreatifnya. Pmerintah Indonesia harus melihat bahwa besarnya nilai dari industri kreatif sangat besar dan pertumbuhannya akan terus tinggi, Inodnesia mempunyai semua kekuatan itu yang terletak kepada generasi muda. Industri kreatif akan terus tumbuh dan berkembang diseluruh dunia, hal ini diperkirakan akan terus berkembang dengan pertumbuhan sebesar 5% pertahun pada tahun 2000 dari nilai sebesar USD 2,2 triliun akan menjadi USD 6,1 triliun pada tahun 2020. Ini adalah potensi yang sangat besar sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: