Industri Kreatif dan Pariwisata Septo Indarto (Team Double S)

21 Des

Di India, Ananya Bhattacharya berhasil membangun industri kreatif yang melibatkan warga sekitarnya untuk meningkatkan kemakmuran mereka dari industri pariwisata. Dia dikenal sebagai Social Entrepreneur, dia berhasil memberikan contoh bagaimana memelihara budaya dan mempunyai peranan penting bagi perkembangan perekonomian di beberapa daerah di India. Pada tahun 2000, dia bekerjasama dengan masyarakat terpinggirkan untuk menggalakan ekonomi kreatif. Dia mulai mengembangkan industri kreatif bersama masyarakat. Sejumlah warisan budaya seperti alat tiup, nyanyian dan alat tiup dipelihara dan dikembangkan untuk dijadikan ekonomi kreatif yang mempunyai nilai lebih.
Dia ingin mengembangkan bahwa budaya bisa memberikan kontribusi penting bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat yang dikemas dalam industri kreatif. Komunitas ini mampu menjangkau hingga 5.000 seniman rakyat. Komunitas ini bernama Banglanak.com. Pada tahun 2005 pendapatan masyarakat dalam komunitas ini mendapatkan USD 10 perbulan , kemudian meningkat menjadi USD 250 perbulan pada tahun 2013. Ada pertumbuhan dalam kegiatan ekonomi kreatif dan pertumbuhan berjalan secara bertahap sehingga masyarakat dapat merasakannya tanpa meninggalkan warisan budaya yang telah ada sejak ribuan tahun. Saat ini komunitas tersebut banyak aktif di berbagai pameran diseluruh dunia untuk mendatangkan para wisatawan untuk berkunjung ke India.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: