Usaha kecil Menengah Perlu Terus Dikembangkan Septo Indarto (Team Double S)

17 Des

Usaha kecil Menengah Perlu Terus Dikembangkan
Septo Indarto (Team Double S)

Usaha kecil menengah terus berkembang di Indonesia dari tahun ke tahun, usaha ini tidak terlalu membutuhkan modal yang terlalu besar. Usaha ini akan terus berkembang karena saat ini banyak sekali orang-orang yang ingin terjun ke dalam bisnis UKM, pertama hal ini didasari karena memang ingin fokus menjalankan sebuah usaha yang kedua ada yang ingin mempunyai sebuah usaha sebagai pekerjaan sampingan yang dapat menambah penghasilan. Tetapi yang harus kita perhatikan adalah bahwa potensi UKM sangat besar dan mampu menciptakan lapangan kerja dalam jumlah besar. Diharapkan dari bisnis UKM ini bisa menjadi usaha yang lebih besar dengan adanya penambahan modal, pendidikan managemen, membuka lapangan kerja baru, sehingga UKM akan lebih bergerak dengan dinamis dan semakin besar dari tahun ke tahun.
Menurut data BPS tahun 2012 jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 245,19 juta jiwa dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,3 % per tahun. Indonesia adalah salah satu Negara yang pertumbuhan ekonominya cukup tinggi di era krisis ekonomi global. Usaha UKM banyak menyelamatkan kondisi perekonomian Indonesia, sehingga Negara Indonesia mempunyai daya tahan untuk bertahan dari krisis ekonomi dunia bahkan ekonomi masih terus tumbuh dari tahun ke tahun. Banyak Negara-negara di seluruh dunia yang melihat potensi ekonomi Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai Negara tujuan investasi dunia untuk tujuan bisnis. Hal yang lain yang diperhatikan adalah Indonesia mempunyai pertumbuhan kelas menengah besar yang cukup banyak dan mempunyai potensi daya beli yang besar untuk membeli barang-barang yang berkualitas.
UKM adalah salah satu usaha bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Saat ini banyak orang Indonesia yang terjun ke dalam bisnis UKM karena mereka jeli melihat potensi daya beli masyarakat. Hal yang pertama harus ditawarkan adalah kualitas barang yang baik dan juga di jual dengan harga yang terjangkau. Jika kedua faktor diatas telah dijalankan maka tidak sulit untuk memasarkan usaha UKM di Indonesia apapun jenis usahanya. Kelas menengah di Indonesia saat ini berjumlah 74-75 juta dan mereka menginnginkan taraf hidup yang lebih baik karena income yang didapat mampu mereka pergunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka saat ini. Indonesia adalah pasar yang besar dan cepat berkembang. Para pelaku UKM juga sudah mulai menerapkan strategi bisnis modern, mereka banyak memasarkan produk-produk mereka melalui jaringan internet, terus melakukan inovasi produk, memperluas jaringan pemasaran. Bahkan mereka banyak yang melakukan ekspansi bisnis ke luar kota untuk membesarkan bisnisnya seperti membuka toko di luar kota atau menjual waralaba ke pemodal yang menginginkan sebuah bisnis tanpa repot untuk mengaturnya.
Saat ini pertumbuhan usaha UKM dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi. Kita membutuhkan banyak sekali para pelaku UKM karena mereka akan menjadi pemain yang penting dimasa mendatang sebagai pelaku ekonomi penting yang akan memberi kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ekonomi Indonesia akan berkembang pesat di masa mendatang, oleh karena itu pemerintah harus menyediakan program kebijakan yang mendukung pertumbuhan bisnis UKM. Pembangunan infrastruktur adalah salah satu jalan yang baik untuk memudahkan jalur pendistribusian barang ke semua daerah dan juga pembangunan infrastruktur teknologi yang akan mendukung pertumbuhan bisnis UKM. Saat ini pertumbuhan bisnis UKM lebih banyak berkembang di kota-kota besar Indonesia, sudah saatnya bisnis UKM juga berkembang di kota-kota kecil dan di desa-desa di Indonesia.
Jumlah UKM yang akan semakin besar dari tahun ke tahun akan menjadi sebuah kekuatan ekonomi yang luar biasa, pemerintah harus segera menyadari bahwa UKM akan banyak membuka lapangan kerja dan akan membantu program pemerintah untuk mengurangi pengagguran. UKM harus dibina, dibantu, dibesarkan. Karena dimasa mendatang UKM akan lebih banyak menyerap jumlah tenaga kerja produktif di Indonesia. Ini adalah kesempatan yang besar dan mempunyai potensi ekonomi yang luar biasa. Saatnya kita menyadari potensi kita dan kita harus yakin bahwa ini kesempatan besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: