Membangun Kerja Sama Tim (Bagian II) Septo Indarto (Team Double S)

13 Des

Membangun Kerja Sama Tim (Bagian II)
Septo Indarto (Team Double S)

Membangun kerja sama tim memerlukan waktu dan proses yang lama, karena setiap pemimpin harus mengentahui dulu apa visi dan misi yang akan dicapai dalam jangka pendek dan jangka panjang. Seorang pemimpin harus mengenal baik tiap-tiap karakter dari anak buahnya dan hal itu harus dilakukan. Kapabilitas tiap orang baik kelebihan dan kekurangan harus benar-benar harus diketahui karena dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan anak buah maka hal itu akan membuat seorang pemimpin dapat bekerja dengan baik dan mampu memberikan ruang kepada anak buahnya untuk berkarya dan bekerja lebih keras lagi. Orang-orang yang mempunyai kelebihan dalam suatu bidang dapat membantu teman-temannya yang mempunyai kekurangan dalam satu bidang, sehingga satu sama lain saling mendukung.
Memahami pentinya team work memang harus dipelajari dan dipahami oleh setiap pemimpin tujuannya adalah supaya organisasi perusahaan dapat berjalan dengan baik dan menyelesaikan setiap masalah yang timbul. Sehingga kinerja tim akan selalu kompak. Mempertahankan kekompakan adalah hal yang tidak mudah, karena dalam setiap pekerjaan yang sedang dikerjakan ada kalanya seorang individu dalam team work bekerja dalam kondisi yang tidak mood (tidak bersemangat), ini tugas seorang pemimpin untuk mengatasinya dengan pendekatan pribadi, seperti mencoba untuk mengetahui masalah seperti apa yang sedang dialami oleh anak buahnya dan kemudian memberikan solusinya. Mempertahankan kosistensi kinerja team work memang bukan pekerjaan yang mudah karena ini menyangkut karakter tiap individu tetapi ada satu hal yang harus diperhatikan bahwa pendekatan pribadi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi anak buah adalah salah satu cara yang tepat untuk memberikaan solusi dan membangun kepercayaan diri mereka. Kita harus selalu siap untuk mendampingi mereka dalam bekerja dan menghadapi setiap masalah yang muncul, ini adalah tugas seorang pemimpin untuk bekerja lebih maksimal lagi dalam menciptakan kinerja tim yang lebih baik dari waktu ke waktu.
Sir Alex Ferguson, mantan Manager Tim Setan Merah (The Red Devils) julukan untuk tim sepak bola Manchester United, dia memerlukan waktu selama empat tahun untuk membangun kerja sama tim dalam tim Manchester United, memilih orang-orang yang berbakat untuk direkrut menjadi pemain Manchester United, para pemain di diberikan motivasi sebagai pemain yang bermental juara. Para pemain muda yang berasal dari Manchester United School yang dikenal sebagai Manchester United School Boys direkrut untuk menjadi pemain-pemain tangguh yang siap bersaing untuk menang di Liga Primer Inggris. Kelebihan Sir Alex Ferguson adalah mampu melihat kelebihan setiap pemain dan mengembangkan potensi mereka tanpa batas dengan latihan yang keras. Dari tahun 1994-2013, Manchester United adalah tim terbaik yang selalu juara. Baik di liga Inggris maupun di liga Eropa dan liga internasional.
Pemimpin harus mengetahui tiap karakter orang yang tergabung dalam organisasi perusahaan, mempunyai cara bagaimana membangun mental mereka menjadi orang yang menyukai tantangan, membangun pola pikir mereka untuk menjadi orang yang selalu haus akan ilmu pengetahuan untuk selalu belajar tanpa henti dan menyadari bahwa setiap detik adalah waktu yang sangat berharga untuk mengembangkan kinerja mereka.
Hal yang terpenting adalah bagaiman para pemimpin selalu aktif untuk bertindak untuk menjaga konsistensi kinerja anak buah dalam kerja sama tim, para pemimpin harus bersikap pro aktif melalukan komunikasi aktif dua arah dan selalu memberikan perhatian yang lebih kepada anak buah. Meningkatkan kualitas komunikasi, serta selalu berdiskusi kepada anggota tim, apa yang mereka pahami dan apa yang mereka tidak pahami. Ini sangat bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana tim telah bekerja. Kemajuan-kemajuan yang telah dicapai. Para pemimpin yang bekerja lebih keras dan lebih aktif berkomunikasi akan menciptakan tim yang lebih kuat karena semuanya menyatu sebagai team work.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: