Apakah Kita Siap Bersaing di Dalam AFTA Septo Indarto (Team Double S)

3 Des

Apakah Kita Siap Bersaing di Dalam AFTA
Septo Indarto (Team Double S)

Perdagangan bebas ASEAN adalah sebuah kesempatan yang luas untuk memasarkan produk-produk Indonesia untuk menjad pemain penting dalam percaturan perdagangan di kawasan Asia Tenggara. ASEAN saat ini adalah kawasan yang mempunyai pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan pasar yang dinamis. Negara-negara besar seperti Amerika, China dan Rusia melihat potensi pasar ASEAN khususnya dalam AFTA sebagai peluang yang besar untuk investasi jangka panjang. Ini adalah sebuah kesempatan yang besar untuk melihat sebuah peluang yang besar. Jangan kesempatan emas ini disia-siakan. Indonesia sebagai salah satu negara pendiri ASEAN mempunyai kesempatan besar untuk menjadi pemain utama di kawasan ini.
Pemerintah Indonesia harus mulai memikirkan produk-produk unggulan yang mampu untuk bersaing, khususnya produk-produk manufaktur Indonesia. Indonesia harus memanfaatkan kesempatan ini karena sangat terbuka Indonesia dapat menguasai pasar ASEAN (AFTA). Singapura yang menjadi tempat wisata, investasi, dan perdagangan dunia harus dimanfaatkan oleh Indonesia. Singapura telah berpengalaman menjadi negara yang mampu menjadi transit perdagangan dunia. Singapura mempunyai keahlian dan kemampuan untuk memperomosikan barang dan jasa dalam level internasional, Indonesia harus melihat peluang itu, bagi Indonesia itu adalah kesempatan yang luar biasa besar dan akan mampu meningkatkan ekspor Indonesia ke seluruh dunia. Jika produk-produk kita sudah menguasai Singapura maka mampu menguasai dunia, saat ini orang masih melihat Singapura sebagai pusat bisnis internasional.
Sudah saatnya Indonesia meningkatkan kemampuan bidang managemen mutu produk, sehingga produk-produk kita mampu di jual ke seluruh dunia, khususnya produk-produk manufaktur seperti yang dilakukan oleh Korea Selatan dan China. Indonesia juga harus mampu meningkatkan infrastrukur pembangunan teknoogi komunikasi, khususnya kecepatan jaringan internet sehingga akan memudahkan para pelaku usaha untuk memasarkan produk-produk mereka melalui jaringan internet dengan cepat. Karena Indonesia saat ini harus mengembangkan e-commerce sehingga adapat menciptakan pasar yang lebih luas. Jika akses internet sudah sangat cepat dan stabil maka orang dapat dengan mudah untuk melakukan pencarian situs e-commerce dari Indonesia, mencari tahu informasi mengenai produk-produk yang akan dijual dan orang akan membelinya dengan proses yang singkat karena jaringan internet mempunyai kecepatan yang tinggi.
Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sangat tinggi saat ini (2013) pengguna internet telah mencapai lebih dari 75 juta pengguna, para netizen (mereka warga negara yang akrab dengan teknologi internet) mengakses internet menggunakan komputer, Tablet PC, smartphone. Angka itu dari tahun ke tahun akan semakin besar jumlahnya. Saat ini kita memasuki era Ide. Era Ide adalah dimana ide-ide inovatif diaplikasikan kedalam penciptaaan produk-produk yang kreatif yang dibutuhkan oleh banyak orang. Indonesia tidak kekurangan orang-orag yang mempunyai ide-ide yang kreatif, khususnya geberasi muda yang hidup di era teknologi, bahkan banyak generasi muda Indonesia yang sukses dalam mengembangkan produk-produk kreatif dan karyanya dikenal di banyak negara. Saat ini banyak generasi muda Indonesia yang berabi menciptakan lapangan kerja sendiri karena mereka tidak lagi bergantung kepada selembar ijazah untuk melamar ke perusahaan-perusahaan, mereka sangat percaya diri untuk menjadi pelaku usaha dan memasarkan sendiri produk-produk mereka, melalui jaringan internet.
Pemerintah Indonesia harus mendukung bagaimana caranya supaya produk-produk Indonesia lebih dikenal di luar negeri. Kita harus berkompetisi dengan produk-produk dari Korea Selatan, China dan Jepang. Produk-produk yang diciptakan oleh generasi muda Indonesia cukup inovatif, seperti aplikasi-aplikasi video games untuk smartphone, penjualan tiket murah untuk pemesanan tiket pesaqwat dan menawarkan hotel-hotel berbinyang dengan diskon khusus.
Perlu lebih di pacu pendidikan tentang wirausaha di seluruh Indonesia. Kita membutuhkan lebih dari sepuluh juta pengusaha untuk menciptakan lapangan kerja di seluruh Indonesia dan pemerintah juga perlu membuat aturan-aturan yang tidak kaku dalam mengembangkan usaha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: