Hubungan Kairo-Moskow Tahun 2013 Septo Indarto (Team Double S)

1 Des

Hubungan Kairo-Moskow Tahun 2013
Septo Indarto (Team Double S)

Rusia terus melakukan diplomasi internasional diseluruh dunia dan terus menciptakan pengaruh yang besar. Pengaruh Rusia saat ini di kawasan Timur Tengah terus membesar dan mempunyai peranan yang sangat penting sebagai kekuatan penyeimbang baru untuk melawan dominasi barat yang dipimpin oleh Amerika. Rusia terus melakukan diplomasi mulai dari konflik di Mesir hingga konflik di Rusia. Saat ini adalah era kompetisi Amerika-Rusia untuk memperebutkan pengaruh. Dalam konflik Suriah sangat terlihat pengaruh Rusia yang sangat kuat dan dapat mempertahankan rezim pemerintah yang berkuasa Bassar Al Assad dari serangan untuk tujuan kudeta para pemberontak.
Rusia adalah Negara yang pintar dalam memahami perubahan politik, sosial-budaya, ekonomi yang terjadi di Timur Tengah. Revolusi Arab Spring (Musim Semi) telah menyebabkan perubahan yang radikal, Rusia terus melakukan diplomasi proaktif termasuk ke Mesir. Rusia disambut dengan tangan terbuka oleh Mesir, ketika Mesir merasa Amerika sudah terlalu jauh untuk ikut campur masalah politik dalam negeri Mesir. Rusia menjadi sahabat baru tanpa sikap menggurui dan ingin campur tangan. Rusia ingin menyatakan bahwa mereka datang bukan sebagai Negara penakluk tetapi sebagai partner untuk membangun bersama dalam keadaan yang berubah dengan cepat. Rusia ingin menjadi partner yang nyata dalam perubahan geografi politik yang terjadi di Timur Tengah termasuk Mesir.
Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov dan Menteri Pertahanan Sergey Shoygu datang ke Kairo dengan membawa dukungan penuh kepada kestabilan politik Mesir, mereka datang untuk mencegah pengaruh Barat yang sudah terlalu luas. Rusia menawarkan untuk membangun reactor nuklir, menjual rudal, menciptakan kerjasama dalam bidang ilmu pengetahuan, energi dan industri. Rusia datang dengan membawa harapan yang baru untuk Mesir.
Arab Saudi dan Uni Emirat Arab memberikan bantuan kepada Mesir untuk membeli senjata dari Rusia. Arab Saudi memberikan bantuan dana sebesar 5 miliar Dollar dan Uni Emirat Arab memberikan bantuan dana sebesar 6 miliar Dollar. Mesir melihat Rusia sebagai Negara partner dalam mengisi keseimbangan baru dalam memainkan peran diplomasi internasional di kawasan Timur Tengah. Mesir berharap dengan peran Rusia yang lebih luas juga akan memperkuat posisi Mesir untuk dapat mengambil keputusan politik dalam negeri dan menentukan sendiri tanpa ada ikut campur kekuatan luar negeri yang dipimpin oleh Blok Barat dalam mencampuri urusan dalam negeri Mesir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: