Mindset Seorang Pemimpin Septo Indarto (Team Double S)

28 Nov

Mindset Seorang Pemimpin
Septo Indarto (Team Double S)

Anda sering bertanya seperti apa sih pemimpin yang baik itu? Apakah dia seorang yang mempunyai jabatan yang tinggi, mempunyai harta kekayaan yang banyak dan juga punya usaha atau perusahaan lebih dari satu. Banyak sekali orang-orang menggambarkan seorang pemimpin itu dari tingkat jabatan dan jumlah kekayaan yang dimiliki, jika kedua hal tersebut sudah dipenuhi itu berarti bahwa seorang individu akan dianggap sebagai seorang pemimpin, karena jabatan dan jumlah kekayaan maka semua orang akan hormat kepada dirinya. Menjadi pemimpin adalah hal yang berat. Dia harus mempunyai visi dan misi bagaimana menciptakan pengaruh yang besar untuk mencapai kesuksesan, dia harus berani mengambil risiko dalam bertindak, dia harus mampu melihat masa depan sebagai sebuah kesempatan besar untuk menjadi sebuah keberhasilan. Ini membutuhkan proses waktu yang akan membuat dirinya menjadi lebih kuat dari waktu sebelumnya. Tidak ada pemimpin yang lahir dalam waktu singkat atau dengan kata lain pemimpin yang instan. Pemimpin yang instan akan hanya menghancurkan karena tidak tahu apa yang harus dilakukan dan sering kali salah perhitungan dalam menganalisa semua masalah, memberikan arahan yang salah kepada anak buah, ragu-ragu dalam mengambil risiko untuk bertindak. Mereka merasa yakin bahwa jabatan yang didukung oleh uang banyak adalah jawaban, itu semua adalah mindset yang salah, bahkan akan berakibat fatal. Pemimpin instan akan muncul dalam waktu yang salah dan akan bertindak yang salah juga. Pemimpin memerlukan sebuah pembelajaran yang penting bagi dirinya untuk menjadi seorang pemimpin dari kenyataan di lapangan dan juga dari pelatihan-pelatihan mengenai kepemimpinan.
Seorang pemimpin tidak boleh merasa takut gagal dalam bertindak, kegagalan dapat menciptakan sebuah evaluasi apa yang telah dilakukan, kesalahan yang dilakukan yang berakibat kegagalan adalah hal yang manusiawi, bukankah manusia itu sering berbuat salah, tetapi hal yang dilakukan adalah cepat mengevaluasi kesalahan tersebut dan memperbaikinya segera mungkin. Artinya memperbaiki kesalahan secepatnya adalah hal yang baik. Hal yang terpenting dari diri seorang pemimpin adalah pengaruh, karena pengaruh adalah kunci kepemimpinan. Jika Anda mempunyai pengaruh yang kuat maka Anda dapat mengatur anak buah Anda untuk bekerja dan menjalankan organisasi menurut kehendak Anda. Tetapi Anda tetap harus memberikan ruang kepada anak buah Anda untuk berbicara untuk menciptakan komunikasi, ide-ide yang datang dari anak buah merupakan sebuah subjek yang harus dibahas, dan kemudian dipertimbangkan apakah cocok ide-ide tersebut dijalankan atau tidak.
Bagaimana belajar menjadi pemimpin? Itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh setiap orang. Menjadi pemimpin adalah bagaimana diri Anda mampu menjadi pemimpin yang baik bagi diri Anda terlebih dahulu sebelum Anda mampu mengatur orang lain. Anda harus yakin bahwa Anda mampu menjadi seorang pemimpin dan belajar untuk mengatasi berbagai kesulitan yang Anda hadapi. Ini menyangkut kualitas diri Anda saat ini dan dimasa yang akan datang. Anda bisa belajar dari para pemimpin besar bagaimana diri mereka berhasil menjadi pemimpin yang baik untuk semua orang. Menjadi pemimpin yang baik untuk semua orang bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, ini membutuhkan keberanian bertindak secara positif artinya Anda melakukan aksi untuk berbuat bagi banyak orang, sehingga aksi Anda tidak sia-sia.
Inti menjadi pemimpin adalah bagaimana Anda dapat melayani orang-orang disekitar Anda dengan baik dan memberikan pengaruh positif kepada lingkungan Anda dan Anda dapat meningkatkan kualitas diri Anda dan kualitas diri bawahan Anda. Orang akan mengikuti diri Anda, karena mereka telah melihat kualitas diri Anda dan kemampuan Anda bekerja dan beraksi memberikan manfaat yang positif bagi lingkungan Anda. Tetapi ada yang harus diingat bahwa kepemimpinan adalah sebuah proses belajar yang tidak pernah berhenti dan akan terus berkembang. Bagaimana dengan diri Anda? Hal yang terpenting adalah kita tidak boleh merasa bosan untuk selalu belajar menjadi seorang pemimpin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: