Mengapa Bangsa Jepang Makmur Septo Indarto (Team Double S)

25 Nov

Dewasa ini banyak perusahaan-perusahaan Jepang yang melakukan investasi di luar negeri bahkan perusahaan-perusahaan itu berhasil memperluas jaringan pemasarannya ke seluruh dunia, dan produk-produk tersebut berhasil di jual ke seluruh dunia. Hal ini dipengaruhi oleh empat musim yang ada di Jepang, karena selama ribuan tahun bangsa Jepang telah terbiasa mengatasi musim dinging dan musim panas, dan hal tersebut yang menyebabkan bangsa Jepang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan yang berbeda ketika mereka hidup di Negara-negara yang mempunyai iklim yang berbeda-beda. Sebagai contoh: Orang yang tinggal dan dari selatan Jepang yaitu Kysuhu dan Kagoshima. Adalah orang yang kuat dan tahan terhadap musim panas, sehingga tidak terlalu sulit jika melakukan perjalanan di Negara-negara tropis. Sementara itu orang-orang yang berasal dari Utara yaitu dari Hokkaido tidak mempunyai masalah jika mereka melakukan perjalanan di Negara-negara beriklim dingin. Jepang mempunyai berbagai musim, sehingga rakyatnya mampu menyesuaikan diri dengan iklim dimana mereka hidup.
Disamping mempunyai keunggulan dibidang teknologi, Jepang mempunyai sistem pendidikan yang cukup baik, walaupun terkadang di nilai terlalu ketat dan kaku, pendidikan di Jepang telah menghasilkan sumber daya manusia di dalam berbagai macam disipilin ilmu, bahkan sekarang banyak mahasiwa-mahasiswa asing yang belajar di Jepang, khususnya dalam mempelajari teknologi Jepang.
Kota-kota Metropolitan di Jepang banyak yang telah menjadi kota Metropolitan yang terkenal diseluruh dunia, khususnya kota Tokyo. Kota Tokyo bukan hanya dikenal sebagai ibu kota saja, tetapi juga sebagai kota informasi yang dapat memberikan informasi-informasi di segala bidang yang kemudian disebarkan ke seluruh Jepang. Sehingga masyarakat Jepang selalu mendapatkan informasi terbaru tentang peristiwa-peristiwa yang sedang berlangsung.
Jepang merupakan pasar yang besar bagi produk-produk Negara berkembang. Negara-negara berkembang seperti Indonesia dapat memasarkan produk-produknya seperti produk tekstil dan produk playwood. Khusus produk tekstil, Jepang adalah pasar yang besar. Walaupn Jepang saat ini merupakan Negara penghasil tekstil tetapi pemerintah Jepang memperbolehkan mengimport tekstil untuk mencukupi permintaan domestic yang cukup besar.
Masyarakat Jepang selalu menyukai produk-produk yang sedang tren di pasaran. Apakah itu mode pakaian, mobil atau video games. Banyak perusahaan-perusahaan Jepang yang melakuakn riset mengenai keinginan konsumen mengenai sebuah produk. Jika riset yang dijalankan oleh perusahaan tersebut berhasil maka diharapkan produk yang diciptakan dari hasil riset tersebut dapat booming ketika di jual ke pasara maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan produk tersebut. Keuntungan dari penjualan produk akan dipakai untuk membiayai investasi dan keperluan riset terhadap produk baru yang akan dikembangkan oleh perusahaan tersebut. Sehingga wajar jika produk-produk buatan Jepang yang dijual di pasar domestik Jepang maupun di luar negeri selalu berganti model tiap tahunnya yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: