Foreign Policy and National Interest Septo Indarto (Note)

22 Nov

Foreign Policy and National Interest
Septo Indarto (Note)
Menurut KJ Holsti dalam bukunya yang berjudul International Politics Works for Analysis: Aksi suatu bangsa kepada bangsa lain/lingkungan ada diluar bangsa tersebut tanpa melihat reaksi atau tanggapan yang diberikan bangsa lain/lingkungan tertentu, artinya dilihat dari sebuah bangsa yang membuat keputusan.
Pendapat ini berbeda yang dikemukakan oleh HJ Margentho dalam bukunya Politics among Nations: The Struggle for power and peace: Selain opini dalam negeri suatu negara, opini publik negara lain mempunyai juga pengaruh dalam kebijakan suatu negara.
Perbedaan antara Holsti dan Margentho adalah Margentho adalah seorang realis, negara adalah aktor nasional, artinya selalu memaksimalkan kepentingan nasionalnya maka suatu negara harus memperhatikan opini penduduk negara lain dengan negara tersebut dalam menyusun foreign policy. Bagaimanapun Foreign Policy suatu negara akan mempengaruhin sikap negara lain dengan negara tersebut. Baik buruknya hubungan dengan negara lain dengan negara tersebut akan mempengaruhi kelancaran dalam upaya memaksimalkan kepentingan nasionalnya.
P. Chandra dalam bukunya yang berjudul International Politics, 1979. Menyatakan bahwa Foregin Policy adalah salah satu instrumen untuk meningkatkan kepentingan nasional. Menurut Chandra dalam standar Foreign Policy ada dua elemen:
1. Tujuan Nasional yang harus dicapai.
2. Perangkat/cara-cara yang digunakan suatu negara untuk mencapai tujuan tersebut.
Interaksi antara kedua unsur tersebut adalah merupakan subyek dari kepandaian seseorang sebagai negarawan. Namun dengan demikian kita tidak dapat meramalkan foreign policy suatu negara akan berhasil/sukses hanya dengan melihat segi-segi motivasi yang ada pada negarawan. Karena motivasi yang dimiliki negarawan hanya data psikologis yang kadang-kadang menyesatkan dan berubah-rubah dari emosi negarawan tersebut. Oleh karena itu maka dapat kita katakan kualitas forein policy dan kualitas motivasi seoarng negarawan terdapat hubungan yang tidak pasti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: