Menjual Produk Septo Indarto (Team Double S)

14 Nov

Menjual Produk
Septo Indarto (Team Double S)

Ketika persaingan semakin ketat maka hal yang dilakukan oleh perusahaan adalah strategi bagaimana menjual produk. Perusahaan akan merancang dan mengimplementasikan mengenai selling product strategy. Itu adalah hal yang harus dilakukan untuk mampu terus berkompetisi dengan para kompetitor. Adalah hal yang penting mampu menjual produk sesuai dengan kualitas yang ditawarkan, penjualan produk adalah hal yang penting. Kemajuan teknologi informasi tentu akan membantu setiap perusahaan dalam mencapai target penjualan. Tetapi adalah hal yang terbaik bagi perusahaan untuk mengajarkan integritas yang baik dengan nilai kejujuran kepada para sales untuk menjual produk-produk perusahaan kepada konsumen. Ini akan menciptakan sebuah kepercayaan jangka panjang dan membangun loyalitas yang baik. Sales yang baik adalah seorang yang mampu menjual produk-produk dengan baik sesuai dengan kualitas barang yang ditawarkan kepada konsumen. Oleh karena itu pendidikan mengenai pengetahuan produk adalah hal yang mutlak kepada para sales. Jika mereka tidak mampu menjual sesuai dengan target, maka perusahaan harus merivisi strategi marketing yang dibuat. Strategi itu adalah menciptakan produk yang berkualitas sesuai dengan keinginan pasar, memberikan pengetahuan yang dibutuhkan kepada para sales, mengajarkan nilai-nilai kejujuran kepada para sales.
Jangan pernah berpikir bahwa konsumen mudah dibohongi saat ini, konsumen saat ini sangat mudah untuk mencari dan menemukan informasi-informasi yang cukup mengenai produk-produk yang akan dibeli, dan mencari perbandingan produk. Sales harus mempunyai karakter yang baik, mampu menjual produk tanpa membohongi. Kualitas produk yang ditawarkan harus baik karena ini akan menjadi sukses kunci pemasaran. Penjualan produk juga ditentukan oleh kualitas produk dan pelayanan penjualan dalam jangka panjang. Ini berkaitan dengan kepercayaan jangka panjang.
Stephen Covey mengatakan untuk meraih kepercayaan ada dua kunci yang harus dipahami yaitu Kompetensi dan Karakter. Kompetensi adalah yang berhubungan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh sesorang. Karakter adalah cara berpikir dan berprilaku yang menjadi sifat ciri khas bagi tiap indovidu untuk hidup dan bekerja sama.
Oleh karena itu nilai kejujuran sangat penting karena akan meningkatkan target penjualan dalam jangka panjang. Sales yang baik adalah sales yang mampu menjual produk-produk tersebut dengan baik dengan informasi mengenai produk dan kualitas produk yang ditawarkan kepada konsumen. Kita saat ini berhadapan dengan konsumen yang pintar. Konsumen yang mengetahui dengan baik mengenai kualitas produk yang baik dan kualitas produk yang buruk.
Seorang sales harus mempunyai keterampilan berkomunikasi yang baik dan menggunakan bahasa yang sederhana yang dapat dipahami oleh konsumen, mampu mempresentasikan produk yang akan dijual tanpa bertele-tele (waktu yang cukup lama), mampu meyakinkan konsumen kenapa mereka harus memiliki produk tersebut tanpa memaksanya. Mereka mengetahui mengenai kebutuhan pelanggan dan menawarkan produk kepada pelanggan mengenai keunggulan produk mereka dan keuntungan menggunakan produk kepada pelanggan karena kualiatas yang ditawarkan sangat baik.
Joe Girard seorang sales yang jujur mampu menjual mobil sebanyak 13.001 sepanjang tahun 1963-1973. Dia adalah seorang sales yang luar biasa, dia menjual produk dengan kejujuran, dia berani berkata jujur mengenai produk yang dia tawarkan dan dia tidak pernah membohongi konsumen, sehingga konsumen sangat setia kepada produk-produk yang dia tawarkan kepada konsumen. Memberikan tinadakan kejujuran adalah hal yang positif bagi sales dan juga konsumen, hal ini akan mempunyai dampak positif juga bagi perusahaan-perusahaan dalam bisnis jangka panjang. Oleh karena itu kejujuran adalah hal yang utama karena akan memberikan kepercayaan yang baik oleh seorang sales kepada konsumen dan itu akan menjadi nilai yang baik bagi karir seorang sales dan juga bisnis jangka panjang perusahaan. Kita menjual produk bukan hanya untuk hari ini dan hari esok, tetapi kita menjual produk untuk lima dan sepuluh tahun mendatang. Ciptakan target yang ingin dicapai dengan menjual produk yang disertai tanggung jawab dan kejujuran. Tanggung jawab berarti kita memberikan yang terbaik kepada konsumen dan kejujuran kita memberikan informasi yang jujur mengenai kualitas dan kegunaan produk yang kita tawarkan kepada konsumen.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: