Membangun Industri yang Unggul Memerlukan Pekerja Inovator Septo Indarto (Team Double S)

12 Nov

Membangun Industri yang Unggul Memerlukan Pekerja Inovator
Septo Indarto (Team Double S)

Setiap negara diseluruh dunia akan membangun industri yang unggul untuk membangun perekonomian nasionalnya. Saat ini industri menjadi fokus utama bagi setiap negara sebagai andalan pembangunan ekonomi dan juga untuk ekspor. Negara-negara diseluruh dunia membuat rencana jangka panjang untuk mempersiapkan industrinya untuk membangun dan menciptakan daya saing dalam sistem ekonomi internasional. Ini membutuhkan waktu tetapi juga memerlukan persiapan yuang matang. Negara harus menciptakan produk-produk unggulan yang mampu dijual ke pasar internasional. Produk membutuhkan:
1. Kualitas yang bagus
2. Design yang menarik
3. Kemudahan pemakaian
4. Harga jual yang terjangkau
5. Pelayanan Konsumen
6. Informasi mengenai produk tersebut
7. Kemudahan mendapatkan service perbaikan ketika barang tersebut rusak dalam masa waktu garansi dan setelah masa waktu garansi telah selesai.
Kemampuan penelitian sangat dibutuhkan, pengembangan penelitian akan membuka wawasan baru mengenai bidang-bidang yang akan dikembangkan untuk menjadi bidang unggulan yang siap bersaing di pasar dunia. Penguasaan teknologi industri sangat dibutuhkan dan pembuatan kebijakan yang tepat sangat dibutuhkan untuk menciptakan produk-produk unggulan dalam jangka panjang. Universitas harus didorong terus untuk melakukan banyak penelitian, pihak industri dapat memberikan dukungan dana dan pemerintah dapat memberikan dukungan dana dan juga peraturan-peraturan yang mendukung pembangunan industri.
Menyiapkan sumber daya manusia yang unggul merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa ditunda pelaksanaannya. Pemerintah harus menciptakan pusat-pusat penelitian, peraturan-peraturan yang mendukung pengembangan penelitian untuk mengembangkan teknologi industri, persiapan perlindungan hak paten, menyiapkan dana yang cukup untuk penelitian, memberikan gaji dan bonus yang cukup bagi para ilmuwan.
Pengembangan penelitian untuk mengembangkan teknologi industri juga harus mampu menyerap tenaga kerja terdidik, karena hanya mereka yang mampu mengelolanya, tenaga kerja terdidik mampu menciptakan terobosan-terobosan baru dalam mengembangkan teknologi industri, pemerintah harus menyiapkan penjualan ke pasar dengan peraturan-peraturan yang mendukung. Pengembangan teknologi industri membutuhkan biaya besar dan memerlukan modal besar untuk pengembangannya, sehingga produk-produk yang dihasilkan harus dijual ke pasaran. Harga yang ditawarkan harus mampu di beli oleh masyarakat luas.
Pemerintah juga harus jeli melihat perkembangan pasar internasional dan memberikan informasi yang cukup kepada universitas dan juga pihak industri untuk menciptakan produk-produk yang harus dikembangkan untuk dibuat menjadi sebuah produk dengan kualitas tinggi dan mampu dijual ke pasar internasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: