Kepemimpinan dan Era Demokrasi Septo Indarto (Team Double S)

31 Okt

Kebebasan untuk Rakyat
Dalam kehidpan berdemokrasi banyak kajian yang mempelajari dan menyimpulkan mengenai peranan aktif dari masyarakat luas (baca: Rakyat). Rakyat adalah aktor utama dalam demokrasi. Para pemikir Barat-Eropa pada abad ke 18 telah menekankan pentingnya kedaulatan rakyat dalam kehidupan bernegara.
Buku The Spirit of the Laws adalah salah satu buku karya Montesquieu yang sering dibahas oleh para pemikir politik yang tertarik membahas tentang hukum tata negara dan kehidupan rakyat. Buku ini membahas mengenai:
1. Filosofis
2. Historis
3. Polemik
Tujuan filosofisnya adalah menetapkan struktur hukum serta menggolongkan semua ragam peraturan dan tata cara sosial sedemikian rupa untuk mengungkapkan tempatnya masing-masing didalam setiap masyarakat yang ada. Contoh-contoh historis yang dibahas tidak saja menerangkan bagaimana hukum yang berlaku dalam suatu masyarakat pada suatu waktu memiliki sifatnya yang khas. Tetapi juga menunjukkan peranannya di dalam hakikat benda-benda. Ini adalah salah satu ungkapan yang digemari oleh dirinya dan menjadi lambang dari seluruh situasi sosial dan fisik, dimana hukum memainkan peranan yang dinamis. Dalam suatu kondisi hukum menentukan kemungkinan-kemungkinan dan batas-batas perundang-undangan yang efektif.
Sejarah menyediakan bahan-bahan yang dapat dipakai seseorang untuk menyusun suatu ilmu pengetahuan yang empiris tentang hukum manusia yang akan menjadi sama dengan salah satu ilmu pengetahuan. Pada akhirnya doktrin tersebut menjadi sangat praktis, dia bertekad untuk mengingatkan kepada masyarakat sebangsanya akan bahaya Depotisme (Bentuk Pemerintahan yang mengacu kepada kezaliman, menteror rakyat, berkuasa penuh), dia mendorong liberalisasi dan humanisasi hukum pada setiap kesemptan yang ada.
Polemik adalah bahwa politik yang menimbulkan ketakutan tetap menjadi musuh utama umat manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: